Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Tren Setelah Pandemi yang Mesti Diketahui Sebelum Memulai Usaha

Berikut beberapa tren yang perlu Anda ketahui yang dapat Anda pertimbangkan untuk bisnis atau ide bisnis Anda.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  15:20 WIB
Ilustrasi NFT - istimewa
Ilustrasi NFT - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Semenjak pandemi, maka dunia semakin berubah. Hal ini dapat menjadi kesempatan Anda untuk memanfaatkan tren, yakni untuk berwirausaha di era pasca pandemi.

Jika sebelumnya para pengusaha berfokus dalam ketahanan di masa pandemi, kini tren dan peluang krisis seperti digitalisasi dan kerja jarak jauh mulai semakin diterapkan. Dengan semakin jeli dalam melihat tren, maka Anda juga akan semakin cepat untuk melihat peluang.

Untuk itu, dilansir dari Entrepreneur (29/11/21), berikut beberapa tren yang perlu Anda ketahui yang dapat Anda pertimbangkan untuk bisnis atau ide bisnis Anda.

1. Beralih dari jarak jauh ke hybrid

Masih ada beberapa yang takut meninggalkan rumah, namun di lain sisi terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan di luar. Selain itu, jarak jauh juga mengajarkan mengenai efektivitas kerja dan aksesibilitas global.

Mereka yang menang di tahun depan adalah mereka yang belajar dalam menavigasi dan menyesuaikan usaha mereka dalam dunia hybrid, dengan memanfaatkan yang terbaik dari online dan offline.

2. Pemulihan ekonomi

Pengusaha yang tahu bagaimana menawarkan nilai kepada masyarakat yang membutuhkan pemulihan akan menciptakan peluang bisnis yang besar. Hal ini karena mengingat tahun depan tren yang akan terjadi adalah pemulihan ekonomi.

Tren ini melihat dari banyaknya orang yang terdampak dikarenakan pandemi dan mengalami kemiskinan. Untuk itu, maka jika Anda dapat menawarkan pemulihan dan peluang bisnis, hal ini menjadi potensi yang besar.

3. Keberlanjutan dan krisis iklim

Konsumen semakin mengetahui bahwa dirinya memiliki peran dalam dampak yang mereka hasilkan untuk planet ini. Untuk itu, ereka akan memberi penghargaan kepada perusahaan yang menawarkan produk dan layanan yang tidak hanya mengurangi dampaknya, tetapi juga membantu memerangi krisis ini.

4. NFT, Metaverse, Cryptocurrency dan teknologi baru

Pandemi mendorong akselerasi teknologi yang belum pernah terjadi sebelumnya. NFT, Metaverse, Cryptocurrency dan teknologi baru juga menjadi hal yang tren di baru-baru ini.

Untuk itu, jika Anda tidak memikirkan bagaimana startup Anda dapat memanfaatkan teknologi ini ke depan, dunia kemungkinan besar akan melewati Anda.

5. Bekerja tidak akan pernah kembali sama

Bekerja dari rumah seringkali menunjukan sebuah efektivitas. Kebutuhan untuk memiliki kantor besar telah ditinggalkan, serta kebutuhan untuk mempekerjakan orang-orang yang tinggal di kota tempat perusahaan secara fisik. Hal ini menjadi risiko jika Anda berpikir untuk memaksa tim Anda untuk kembali ke kantor Anda.

6. Kesejahteraan sebagai prioritas kerja

Perubahan di tempat kerja tidak hanya berkisar pada pekerjaan jarak jauh, namun juga terdapat aspek lainnya. Salah satunya adalah atrisi, kelelahan, kecemasan, dan bahkan ketakutan.

Jika dilihat lebih lanjut, banyak tim Anda yang menderita dalam dua tahun terakhir, dari kehilangan keluarga, dampak keuangan, dan stres serta kecemasan yang menyertai hidup.

Perusahaan yang tidak menempatkan kesehatan di garis depan strategi bakat mereka akan bertemu dengan masalah dalam mempertahankan, merekrut dan memberdayakan orang-orang terbaik untuk menciptakan tim yang luar biasa.

7. Inflasi

Meksiko saat ini memiliki tingkat inflasi yang belum pernah terlihat selama bertahun-tahun. Hal ini akan memiliki efek yang sangat besar pada semua aktivitas kehidupan kita dan usaha kita.

Rencanakan arus Anda dengan baik, perbarui anggaran dan biaya persediaan Anda, pikirkan strategi gaji Anda, dan perbarui harga Anda untuk menghadapi perubahan ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top