Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mencari Cuan dari Peluang Bisnis Jersey

Pertandingan BRI Liga 1 bisa menggerakkan perekonomian nasional khususnya industri sepak bola nasional, termasuk UMKM di industri turunannya, seperti konveksi jersey sepak bola.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  13:04 WIB
Penjualan jersey R1 Sport mengalami peningkatan saat BRI Liga 1 dan laga liga internasional. - istimewa
Penjualan jersey R1 Sport mengalami peningkatan saat BRI Liga 1 dan laga liga internasional. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sepakbola menjadi olahraga yang disukai banyak orang. Penggemar sepakbola juga biasanya mencari jersey klub kesayangannya.

Maykel Rasi kini sudah menjadi owner kaos jersey dengan brand R1 Sport. Sebelum membuka bisnis pribadi, Maykel awalnya ikut orang kerja menjadi operator mesin bordir. Pekerjaan utamanya adalah membordir logo-logo apparel untuk jersey ready stok.

Lantas, untuk memperluas pasar, tempat Maykel bekerja melakukan penjualan secara online. Lambat laun, segmen jersey bordir beralih ke jersey print. Melihat potensi bisnis tersebut, Maykel memutuskan untuk berhenti bekerja dan memproduksi jersey pribadi.

"Akhirnya saya mencoba menjadi maklon jersey printing sendiri. Saya mempunyai alat produksi sendiri," ungkapnya kepada Bisnis, Senin (21/3/2022).

Dia mengungkapkan bahan jersey  diperoleh melalui supplier/pabrikan kain untuk sublimasi. Pemilik brand jersey R1 Sport melakukan penjualan melalui media sosial, tetapi agar penjualan semakin meningkat maka dia juga melakukan endorsement pemain top Liga Indonesia.

Maykel menuturkan bahwa pertandingan BRI Liga 1 dan liga internasional juga memberikan dampak dan peningkatan penjualan jersey. Namun, pada awal pandemi Covid-19 peningkatan penjualan jersey naik terbatas, karena pertandingan sepakbola sempat dilarang pemerintah di masa itu.

"Pertandingan BRI Liga 1 dan liga-liga internasional tentunya ada memberikan dampak pada bisnis jersey," ungkapnya.

Adapun harga jersey premium grade senilai Rp130.000 per jersey, tetapi untuk jersey custom printing senilai Rp95.000 per jersey. Namun, dia juga memberikan promo-promo untuk setiap pembelian 12 jersey, dengan gratis 1 jersey.

bri liga 1, bisnis konveksi jersey

BRI Liga 1

Untuk meningkatkan geliat ekonomi khususnya di kelompok pelaku UMKM, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) memberikan dukungan secara langsung untuk perhelatan BRI Liga 1. Perseroan berharap agar event sepak bola ini bisa menggerakan ekonomi nasional.

Direktur Utama BRI Sunarso menuturkan perseroan berusaha untuk menciptakan peningkatan nilai dari segala aspek, baik secara ekonomi maupun sosial. Caranya menjadi Title Sponsor Liga 1, dia mengaku perusahaan BUMN selalu berusaha memberikan makna bagi masyarakat Indonesia.

"BRI Liga 1 bisa menggerakkan perekonomian nasional khususnya industri sepak bola nasional, termasuk UMKM di industri turunannya, seperti usaha konveksi jersey sepak bola, penjual souvenir dan pernak-pernik tim sepak bola, industri sepatu bola dan lainnya akan kembali bergeliat," seperti dikutip dari siaran pers.

Sunarso menambahkan alasan menjadi Title Sponsor Liga 1 karena selaras dengan strategi perseroan yang tengah melakukan Transformasi Digital. Pihaknya menjelaskan bahwa BRI sejak tahun 2016 mulai melakukan transformasi digital yang tujuan utamanya adalah untuk melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya semurah mungkin.

Harapannya, melalui BRI Liga 1 juga akan menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk mengkomunikasikan layanan dan produk BRI, khususnya BRImo yang merupakan Super Apps digital banking BRI.

“Sebagai bank yang fokus terhadap UMKM, BRI juga melanjutkan momentum positif kebangkitan perekonomian nasional. Kami juga optimistis saat UMKM bergerak maka hal tersebut menjadi awal kebangkitan ekonomi nasional,” jelas Sunarso.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri belanja online peluang usaha pakaian tips bisnis Baju
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top