Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Memanen Untung dari Bisnis Fillet Lele

Ari berkeinginan menciptakan produk berbahan dasar lele yakni fillet lele. Modal awalnya saat merintis bisnis fillet lele hanya Rp500 ribu.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  23:43 WIB
Filet ikan lele dalam kemasan yang siap dikonsumsi. - istimewa
Filet ikan lele dalam kemasan yang siap dikonsumsi. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Inovasi dan menjadi bagian penting dalam membangun bisnis. Setiap produk yang dihasilkan pelaku UMKM harus memiliki ciri khas yang selalu bisa diingat.

Ari Sulandari, 43 tahun, memulai bisnis fillet lele sejak 2019. Menurutnya, lauk lele menjadi makanan kesukaan di Jakarta, sebab warung pecel lele yang berjajar di pinggir jalan tidak pernah sepi.

Lantas, Ari berkeinginan menciptakan produk berbahan dasar ikan lele yakni fillet lele. Modal awalnya saat merintis bisnis fillet lele hanya Rp500 ribu. Saat memulai bisnis, dia mengemas produk di dalam plastik kaca putih dan memasarkan kepada tetangga.

Melihat bisnis yang berpotensi berkembang, Ari juga mendapatkan pelatihan dari BRI tentang cara mengemas, menentukan label produk, branding dan strategi marketing. Usai mendapatkan pelatihan, dia langsung mengaplikasikan di produk fillet lelenya.

"Saat pelatihan BRI berlangsung, ada perwakilan BRI yang menanyakan kesulitan yang saya hadapi dan saya sampaikan bahwa membutuhkan alat untuk membuat ikan filet lele lebih krispi," ungkapnya kepada Bisnis, Kamis (24/3/2022)

Ari menuturkan, pada saat yang  bersamaan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) memberikan bantuan seperti vacuum makanan dan alat-alat masak agar ikan fillet yang  digoreng tidak mengandung banyak minyak dan lebih krispi. Kini produk yang dijualnya semakin diminati dan bisa lebih awet, meskipun tanpa pengawet.

Adapun, harga fillet lele yakni Rp15.000 per kemasan. Setiap bulan, Ari bisa menjadi hingga 200 kemasan, maka total omzet yang dikantongi bisa mencapai Rp3 juta.

Menjelang Ramadan, Ari optimistis bahwa penjualan fillet lele bisa naik 2 kali lipat. Sebab, pada saat sahur, orang yang berpuasa akan menyediakan makanan yang cepat saji yang  bergizi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta bri peluang usaha ikan lele
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top