Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Cara Mengatur Strategi Pertumbuhan Bisnis

Berikut merupakan tiga cara yang efektif untuk memetakan tujuan pertumbuhan dan benar-benar mencapainya.
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam bisnis, pertumbuhan harus menjadi prioritas utama dalam lima hingga sepuluh tahun pertama bisnis.

Hal ini dikarenakan pertumbuhan ini dapat mendorong pertumbuhan laba dan membuat Anda bersaing dengan bisnis serupa di industri Anda.

Namun perlu diketahui bahwa dalam pertumbuhan tidak hanya terjadi dengan bekerja keras, namun juga memerlukan rencana strategis.

Untuk itu dilansir dari Entrepreneur, berikut merupakan tiga cara yang efektif untuk memetakan tujuan pertumbuhan dan benar-benar mencapainya.

1. Tentukan apa arti pertumbuhan bisnis bagi Anda

Sebelum Anda dapat memetakan strategi untuk pertumbuhan, Anda perlu memutuskan definisi pribadi Anda tentang pertumbuhan.

Namun, tidak ada salahnya untuk mengambil inspirasi dari kompetitor yang berkinerja tinggi. Periksa tujuan pertumbuhan bisnis lain di industri Anda, dan pertimbangkan seberapa baik mereka mungkin tumpang tindih dengan bisnis Anda.

Namun, perlu dicatat bahwa sekadar menggeser sasaran pertumbuhan salah satu pesaing Anda tidak akan berhasil dengan baik untuk Anda.

Anda perlu menyesuaikannya untuk menjadikannya tujuan yang realistis bagi perusahaan Anda.

Untuk itu, dalam menentukan sasaran pertumbuhan yang harus Anda pilih tergantung pada perusahaan Anda dan jenis kesuksesan apa yang paling dihargai.

Beberapa yang umum adalah mendapatkan klien dan pelanggan, visibilitas, liputan media atau peningkatan penjualan.

2. Sejajarkan strategi Anda dengan tujuan bisnis Anda

Luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan dan memantapkan kembali bagaimana Anda mendefinisikan kesuksesan untuk bisnis Anda.

Hal ini seperti metrik apa yang penting bagi Anda dan tujuan yang Anda ingin capai dalam waktu tertentu. Contohnya dapat mencakup profitabilitas, jumlah klien, jumlah pelanggan tetap, metrik media sosial, atau tolok ukur apa pun yang Anda rasa merupakan indikator pekerjaan yang dilakukan dengan baik.

Kemudian, setelah beberapa waktu berlalu sejak strategi pertumbuhan Anda ditetapkan, evaluasi bagaimana hal ini mengukur tujuan bisnis yang Anda uraikan.

3. Andalkan tim Anda dan libatkan mereka

Tim Anda adalah alat paling efektif yang Anda miliki, untuk membantu Anda mencapai tujuan pertumbuhan bisnis Anda.

Buat tim Anda sangat terlibat dalam keputusan Anda, dan sering-seringlah melakukan kontak di awal proses sehingga dapat memberikan Anda umpan balik dan wawasan.

Hal ini membantu untuk memberikan wawasan mengenai tugas sehari-hari yang dapat membantu atau menghambat kemajuan, dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Bukan hanya itu, bahkan juga lebih baik jika Anda menetapkan tujuan bersama dengan tim Anda.

Tim Anda, mitra bisnis Anda, dan jaringan Anda adalah sumber daya berharga yang Anda miliki untuk membantu Anda mengembangkan dan menskalakan bisnis Anda.

Mintalah masukan dan saran mereka sebelum membuat keputusan pemasaran atau strategis baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper