Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tangkap Peluang Lebih Luas, Merek Asal Jogja CRSL Gengs Rambah Bisnis IP

Merek lokal asal Yogyakarta yang diberi nama CRSL Gengs fokus kini mulai merambah bisnis ke industri intellectual property/IP.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  14:40 WIB
Tangkap Peluang Lebih Luas, Merek Asal Jogja CRSL Gengs Rambah Bisnis IP
Merek lokal asal Yogyakarta CRSL Gengs. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Berbagai inovasi terus dilakukan oleh sejumlah brand dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh CRSL Gengs.

Merek lokal asal Yogyakarta yang selama ini fokus menjual merchandise dengan karakter hewan, kini mulai merambah bisnis ke industri IP (intellectual property).

Dengan melebarkan sayap ke industri karya intelektual kreatif, hal ini bisa menjadi peluang bagi CRSL untuk menjangkau konsumen lebih luas di samping lini bisnis merchandise atau apparel.

Jejak CRSL berawal sejak 2013 yang didirikan oleh Mohamad Hidayat Rifai dengan mitranya Mira Annisa. Mereka memulai bisnis penjualan topi dan boneka dengan bentuk karakter hewan yang sangat diminati pada masa itu.

Seiring dengan perkembangan bisnisnya yang makin penuh persaingan dan tantangan, Dayat dan Mira berinovasi dengan merilis produk apparel yang semula bernama Carousel (sekarang CRSL).

CRSL sendiri memiliki ciri khas lima karakter binatang yaitu Popo (panda), Choco (beruang), Pigko (babi), Chilo (kucing), dan Odin (dinosaurus). Kelima karakter ini dipilih berdasarkan perimintaan tertinggi customer pada saat itu. Kini bisnis mereka pun mulai melebar sebagai IP (intellectual property) sehingga kemudian menghiasi produk-produk apparel CRSL.

"CRSL ini memiliki visi untuk menghidupkan kelima karakter hewan tersebut sehingga tidak cukup pada produk apparel dan konser saja," ujarnya.

Salah satu hal menarik lainnya adalah cara CRSL yang menghadirkan karakternya melalui media komik yang diunggah secara berkala di media sosial Instagram (@crsl.store & @crsl.gengs).

Dengan media komik CRSL melakukan eksplorasi lebih terhadap setiap karakteristik para kelima karakternya yang familiar disebut dengan CRSL Gengs.

"CRSL membawa kelima karakternya pada komik situasi kehidupan sehari-hari yang ternyata mampu membawa customer dan audiens merasa terepresentasikan dan berinteraksi dengan CRSL di platform sosial media layaknya kelima tersebut nyata adanya," ucapnya.

Dengan kuatnya brand image dan identitas yang dimiliki, CRSL sejauh ini sudah berkolaborasi dengan persona dan jenama kenamaan lain seperti Sosro, FAMILIAS, Setsu, dan Gozeal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur brand kewirausahaan
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top