Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumbang 17 Persen Harta ke Yayasan Amal, Bill Gates Masih Orang Terkaya ke-4 Dunia

Bill Gates tercatat masih menjadi orang terkaya yang berada di urutan ke-4, dengan kekayaan yang mencapai US$113 miliar.
Co-chair Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates menjadi pembicara saat Bloomberg New Economy Forum di Beijing, China, Kamis (21/11/2019). Bloomberg/Takaaki Iwabu
Co-chair Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates menjadi pembicara saat Bloomberg New Economy Forum di Beijing, China, Kamis (21/11/2019). Bloomberg/Takaaki Iwabu

Bisnis.com, JAKARTA – Bill Gates tercatat masih menjadi orang terkaya yang berada di urutan ke-4, dengan kekayaan yang mencapai US$113 miliar, meskipun telah menyumbang sebagian kekayaannya ke yayasan amal.

Bulan ini, Gates berencana menyumbang US$20 miliar atau sekitar Rp301,7 triliun ke yayasan amal. Sumbangan tersebut diberikan agar yayasannya dapat menghabiskan US$9 miliar atau sekitar Rp135,8 triliun pertahun untuk kegiatan amal hingga 2026.

"Saya sangat bangga dengan peran yayasan dalam membantu memecahkan masalah besar seperti mencegah pandemi, mengurangi kematian anak, memberantas penyakit, meningkatkan ketahanan pangan serta adaptasi iklim, mencapai kesetaraan gender, dan meningkatkan hasil pendidikan," cuit Gates lewat akun Twitternya, @BillGates, pada Rabu (13/7/2022).

Menurut Forbes, walau sudah menyatakan akan menyumbang 17 persen kekayaan pada bulan ini, Gates akan terus memberi sumbangan hingga hampir seluruh harta kekayaannya.

Dia bahkan menyatakan akan hilang dari daftar orang terkaya di dunia. "Saya akan turun dan akhirnya hilang dari daftar orang terkaya di dunia," tegasnya.

Bagi Gates, dia punya kewajiban untuk mengembalikan kepunyaannya ke masyarakat. Dia yakin kontribusinya dapat mengurangi penderitaan dan meningkatkan kehidupan banyak orang.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index pada Senin (18/7/2022), pria bernama lengkap William Henry Gates III menjadi orang terkaya nomor 4 di dunia dengan total kekayaan bersih senilai US$113 miliar. Jika menggunakan kurs senilai Rp14.969, maka kekayaan bersih yang dimiliki pembuat perangkat lunak Microsoft itu adalah sebesar Rp1.691 triliun.

Kekayaan milik Bill Gates terpantau naik US$644 juta. Namun, sepanjang tahun berjalan atau year-to-date (ytd), kekayaan bersih Bill Gates mengalami pengurangan sebesar US$24,8 miliar.

Adapun di posisi pertama ditempati oleh bos Tesla, yaitu Elon Musk dengan total kekayaan bersih mencapai US$219 miliar. Mengekor di belakangnya, yakni pengusaha Jeff Bezos yang mempunyai total kekayaan bersih sebesar US$137 miliar.

Tak mau ketinggalan, Bernard Arnault berada di posisi ketiga orang terkaya menurut Bloomberg, dengan kekayaan bersih mencapai US$128 miliar. Selanjutnya, di posisi kelima diisi oleh konglomerat multinasional pemilik Adani Group, Gautam Adani dengan kekayaan bernilai US$109 miliar.

Bill Gates dan istrinya, Melinda mendirikan The Gates Foundation pada 2000. Dengan bantuan yayasannya, mereka berharap setiap orang dapat memiliki kesempatan untuk hidup sehat dan produktif. Apalagi, menurut Gates, krisis besar di abad ini menuntut setiap orang berbuat lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper