Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Buka Bisnis Rumah Makan Padang Sederhana dan Biaya Franchisenya

Restoran Sederhana yang dijadikan waralaba berada di bawah naungan manajemen PT. Sederhana Citra Mandiri.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  14:31 WIB
Cara Buka Bisnis Rumah Makan Padang Sederhana dan Biaya Franchisenya
Rendang - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang membutuhkan makan, jadi tidak heran jika usaha bisnis makanan selalu tidak ada habisnya dan punya segmen pasar yang sangat luas.

Hal ini membuat bisnis rumah makan Padang sangatlah potensial, mengingat nasi Padang sudah menjadi pilihan andalan untuk makan siang bagi banyak orang.

Namun, untuk merintis sekaligus membangun merek rumah makan sendiri, tentu perlu usaha yang besar agar bisa dikenal secara luas oleh publik.
Sehingga, bisnis dengan model franchise, bisa menjadi alternatif supaya Anda tidak perlu repot memikirkan strategi pemasaran.

Adapun, salah satu franchise rumah makan Padang yang sudah sangat terkenal di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan untuk jadi mitra adalah Restoran Sederhana.

Apakah, Anda tertarik untuk mencoba memulai usaha ini? Berikut ulasan seputar biaya hingga sistem kemitraan yang ditawarkan oleh restoran ini.

Peluang Usaha yang Menjanjikan dari Restoran Sederhana

Restoran yang didirikan oleh Bustaman pertama kali di Benhil, Jakarta Pusat telah ada sejak 1972.

Logo restoran yang dapat dengan mudah dikenali dengan singkatan SA ini memang dikenal punya rasa masakan khas Minang yang otentik.

Sebagai informasi, Restoran Sederhana yang dijadikan waralaba berada di bawah naungan manajemen PT. Sederhana Citra Mandiri.

Melansir dari laman situs resminya, Restoran Sederhana kini telah memiliki lebih dari 100 cabang yang tersebar sampai ke Malaysia. Artinya, permintaan pasar atas restoran ini sangatlah tinggi.

Bahkan, berdasarkan laporan dari lembaga riset Roy Morgan disebutkan bahwa restoran ini paling diminati masyarakat Indonesia mengalahkan deretan restoran waralaba internasional.

Biaya Franchise Restoran Sederhana

Berdasarkan beberapa sumber yang Bisnis telusuri per Juli 2022, perkiraan modal yang diperlukan untuk bermitra dengan RM Padang Sederhana ini mencapai Rp1 miliar dengan franchise fee mencapai Rp95 juta.

Bisa dikatakan, modal ini terbilang cukup besar, namun hal ini sepadan dengan potensi keuntungan yang akan didapatkan lewat pemasaran yang berjejaring dari lebih dari seratus jaringan restoran yang tersebar diseluruh kota-kota besar di Indonesia.

Sistem Kemitraan Restoran Sederhana

Dalam membuka sistem kemitraan, Restoran Sederhana ini menjalankan sistem franchise dengan cara investor yang memberikan modal dan pihak PT Sederhana Citra Mandiri (SCM) yang melakukan manajemen.

Sedangkan urusan keuangan sifatnya independen dan ada otoritas sendiri, termasuk dalam pembelian bahan baku makanan.

Nantinya, PT Sederhana Citra Mandiri akan bertugas untuk menyuplai tenaga kerja, seperti juru masak yang terlatih.

Terkait perhitungan pembagian hasil antara PT Sederhana Citra Mandiri dengan investor akan dilakukan saat kontrak kerjasama dilakukan.

Tak hanya itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kembali lokasi usaha yang akan digunakan. Anda perlu memilih lokasi yang strategis, sebab pihak SCM juga akan melihat lokasi baru, di mana restoran tersebut akan dibangun oleh calon investornya. Apakah terletak di perkantoran atau perumahan dan bagaimana calon konsumennya?

Apabila, kurang sesuai dengan kriteria, ada kemungkinan PT SCM akan meninjau kembali proposal Anda. Hal ini dilakukan untuk para pebisnis mendapatkan keuntungan maksimal ketika memutuskan bermitra dengan Restoran Sederhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

franchise restoran rumah makan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top