Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Tingkatkan Soft Skill? Simak 12 Cara Efektif Ini

Hal pertama yang bisa mengembangkan atau meningkatkan soft skill yang Anda miliki dalam dunia pekerjaan adalah dengan bersikap terbuka terhadap umpan balik atau
Keahlian atau soft skill dalam dunia kerja/disnakertransntbprov
Keahlian atau soft skill dalam dunia kerja/disnakertransntbprov

Terima Feedback hingga Mendengarkan secara Aktif

1. Terima Feedback

Hal pertama yang bisa mengembangkan atau meningkatkan soft skill yang Anda miliki dalam dunia pekerjaan adalah dengan bersikap terbuka terhadap umpan balik atau feedback dari rekan kerja.

Dengan Anda bersikap terbuka saat mendapatkan feedback, maka secara tidak langsung Anda mampu mengelola respons terhadap kritik.

Biasanya feedback berupa manajemen waktu, keterampilan berkomunikasi, bekerja dalam tim hingga leadership.

Kemudian, apabila suatu saat Anda menerima feedback, jangan lupa untuk berterima kasih lalu cobalah untuk mengembangkan diri sesuai dengan saran yang diberikan.

2. Sering Berkomunikasi

Komunikasi yang efektif merupakan soft skill yang berguna bagi semua orang di tempat kerja. Meskipun Anda mungkin memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak memerlukan bantuan orang lain di kantor Anda, ambillah kesempatan yang Anda miliki untuk menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda.

Sering-seringlah berkomunikasi untuk mengembangkan soft skill komunikasi. Ini termasuk dalam melakukan komunikasi tatap muka, presentasi atau bahkan sekadar membalas atau mengirim email.

Dengan Anda mempelajari segala bentuk komunikasi, kemungkinan besar Anda dapat terbiasa menyusun kata-kata, mempelajari bahasa tubuh dan nada bahkan mengenal karakteristrik lawan bicara sehingga Anda bisa menemukan gaya komunikasi terbaik.

3. Bangun Hubungan Positif

Membangun hubungan positif dengan kerabat atau teman akan bisa membuat soft skill Anda meningkat. Hal ini sangat mudah dilakukan, di mana Anda dapat berinteraksi melalui obrolan yang relevan, misalnya seputar hobi, minat atau keluarga.

Mungkin beberapa kali juga berusaha untuk menghabiskan waktu di luar kantor agar bisa mengenal rekan kerja secara lebih dalam untuk mengetahui kepribadian mereka.

4. Lakukan Kerja Tim

Ketika Anda bekerja secara tim, maka itu bisa memberikan penilaian apakah Anda mampu berkolaborasi dengan orang lain atau tidak. Dengan merasa antusias saat melakukan kerja tim, maka itu artinya Anda membuka diri untuk mempelajari ilmu rekan kerja Anda sambil meningkatkan keterampilan Anda sendiri.

Usahakan selama kerja tim berlangsung, setiap anggota kelompok menyumbangkan ide atau keterampilan dalam kelompok.

5. Keluar dari Zona Nyaman

Penting untuk melangkah dari zona nyaman, apabila Anda ingin meningkatkan kemampuan baru. Misalnya, dengan berani mengambil tanggung jawab baru atau menjadi ketua dalam sebuah kelompok.

Untuk meningkatkan keterampilan public speaking, Anda bisa menawarkan diri untuk melakukan presentasi.

Selain itu, penting untuk menempatkan diri, apalagi ketika Anda memang ingin menunjukannya kepada atasan, agar mereka dapat menilai betapa seriusnya Anda ketika mengerjakan suatu pekerjaan atau hal yang baru.

Pastinya, dengan kita memasuki zona tidak nyaman, maka tercipta rasa tertekan (pressure) yang hasilnya membuat kita belajar sesuatu.

6. Terbuka atas Perubahan

Sudah menjadil hal umum, apabila tempat kerja mengalami perubahan, mulai dari staf kantor hingga prosedur tempat kerja. Salah satu cara guna meningkatkan soft skill Anda adalah adalah dengan beradaptasi.

Kemampuan beradaptasi ini merupakan soft skill yang penting untuk dimiliki sehingga Anda dapat menemukan solusi alternatif untuk setiap masalah di tempat kerja yang mungkin muncul.

7. Mendengarkan secara Aktif

Mendengarkan menjadi salah satu dari banyak soft skill yang jarang dibahas. Adapun, ketika Anda mendengarkan, perlu dipahami bahwa Anda mendengar untuk untuk memahami, bukan hanya untuk memberikan tanggapan. Menjadi pendengar kadang terkesan jauh lebih sulit dibanding jadi pembicara ulung sekalipun.

Kemampuan untuk mendengarkan secara aktif dapat meningkatkan hubungan pribadi melalui pengurangan konflik, memperkuat kerjasama, dan mendorong pemahaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper