Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tertarik Buka Franchise Krispy Kreme? Segini Biaya dan Cara Daftarnya

Lantas seperti syarat, biaya hingga fasilitas yang diberikan oleh Krispy Kreme? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 01 Agustus 2022  |  14:41 WIB
Tertarik Buka Franchise Krispy Kreme? Segini Biaya dan Cara Daftarnya
Krispy Kreme - krispykreme

Bisnis.com, JAKARTA - Donat Krispy Kreme sangat digemari di seluruh dunia. Merek legendaris ini pun telah menjadi standar kelezatan donat hingga saat ini.

Sehingga, tak mengherankan apabila banyak pebisnis mulai melirik bisnis franchise luar negeri dengan harapan mengembangkannya di tanah air.

Hal ini karena, bisnis yang dijalankan telah memiliki standarisasi untuk produk dan sistem secara jelas. Selain itu, mereknya telah dikenal masyarakat luas. Sehingga, para pebisnis bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat.

Lantas seperti syarat, biaya franchise hingga fasilitas yang diberikan oleh Krispy Kreme? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Tentang Krispy Kreme

Krispy Kreme adalah toko donat asal Amerika Serikat. Berdiri sejak tahun 1937. Pendirinya adalah Vernon Carver Rudolf, yang kala itu membawa resep rahasia donat ragi dari koki Prancis yang berada di New Orleans, Amerika Serikat.
Rudolf mendirikan tokonya di Winston Salem, North Carolina dengan konsep wholesale bakery dan membuat glazed doughnut di sana. Semula memang dia menjual donat dengan sistem grosiran, namun akhirnya Rudolf juga menjual donatnya secara ecer.

Ekspansi terjadi pada 1950-an, termasuk toko yang pertama kali mereka buka di Savannah, Georgia. Pada 1960-an, Krispy Kreme dikenal di seluruh wilayah Tenggara Amerika Serikat, dan mulai berkembang ke daerah lain.

Pada tahun 1976, Krispy Kreme Doughnut Corporation menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Beatrice Foods of Chicago, Illinois. Markas besar Krispy Kreme tetap berada di Winston-Salem. Kemudian, tahun 1982, Sekelompok franchisee membeli kembali perusahaan itu dari Beatrice Foods.

Dilanjutkan, pada bulan Mei 2016, JAB Beech, sebuah perusahaan investasi asal Jerman, mengumumkan pihaknya melakukan penawaran untuk membeli perusahaan tersebut sebesar $ 1,35 miliar selama dua bulan berikutnya yang akan membuat perusahaan tersebut dimiliki secara pribadi.

Transaksi ditutup pada 27 Juli 2016. Pada bulan Desember 2017, Krispy Kreme memindahkan operasi perusahaannya ke Charlotte, NC; sementara kota Winston-Salem akan tetap menjadi Markas Besar mereka dan mempertahankan kantor disana menjadi Krispy Kreme Support Center.

Krispy Kreme di Indonesia

Eksistensi Krispy Kreme pun merambah ke Indonesia. Di tahun 2006, perusahaan yang terkenal dengan menu donat gulanya itu membuka gerai pertama di Pondok Indah Mall 2.

Melansir dari situs resminya, disebutkan bahwa PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI), lewat anak usahanya yakni PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) menjadi pemegang lisensi resmi franchise Krispy Kreme di Indonesia. Adapun, gerai yang pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2006 berada di di Pondok Indah Mall 2. Hingga kini, Krispy Kreme telah mencapai 35 gerai.

Sebelumnya, pada 2019 lalu, Krispy Kreme mendirian flagship store pertama yang terletak di kawasan Harapan Indah, Bekasi, di mana flagship store ini mengadaptasi konsep factory store tersebut juga jadi yang pertama ada di dunia.

Flagship store Krispy Kreme ini menyediakan teknologi Smart Kiosk, yang mana pelanggan bisa memilih sendiri jenis donat atau kopi yang diinginkan. Lewat flagship store, pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan donat Krispy Kreme lewat Doughnuts Theater.

Sebagai informasi, Flagship store adalah sebuah toko yang tidak benar-benar menjual produk, tetapi sebenarnya lebih kepada ruang pameran atau seperti sebuah laboratorium.

Franchise Krispy Kreme

Mengingat sejak masuk di Indonesia, Krispy Kreme telah dimiliki sepenuhnya oleh PT Mitra Adiperkasa, menjadikan PT ini sebagai pengusa tunggal atau selaku pemegang lisensi franchise di Indonesia. Sehingga, untuk saat ini, belum ada informasi terkait syarat yang berlaku untuk menjalin kerjasama dengan brand donat populer tersebut.

Namun, apabila Anda masih tertarik dengan peluang franchise yang tersedia, maka Anda dapat membukanya bisnis tersebut luar negeri dengan menghubungi Krispy Kreme Donut Corporation.

Syarat dan Biaya Franchise Krispy Kreme

Dikutip dari Entrepreneur, Krispy Kreme terus mencari individu yang bergairah dan berpengalaman untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk biaya, Krispy Kreme membutuhkan biaya franchise awal sebesar US$12.500 hingga US$25.000 atau sekitar Rp178 juta hingga Rp371 juta. Lalu, investasi awal sekitar US$275.000 hingga US$1 juta yang berkisar Rp4 miliar hingga Rp14 miliar. Calon mitra pun harus memiliki syarat uang tunai minimum sebesar US$300.000 hingga US$3 juta atau sekitar Rp4 miliar hingga Rp44 miliar.

Selain biaya awal, ada royalti dan biaya iklan yang sedang berlangsung yang masing-masing dikenakan sebesar 4,5% dan 1,5% dengan ketentuan perjanjian selama 15 tahun.

Fasilitas Franchise Krispy Kreme

Masih melansir dari Entrepreneur, bahwa pemilik franchise Krispy Kreme dapat menerima pembiayaan internal untuk membantu biaya peralatan, ditambah akses ke sumber pihak ketiga untuk menyediakan pembiayaan untuk biaya awal, inventaris, dan peralatan.

Krispy Kreme juga menyediakan 65 hari pelatihan di tempat kerja, 15 hari pelatihan di kelas, dukungan online, rapat, konvensi, dan bantuan dengan prosedur keselamatan dan keamanan. Kepemilikan orang yang tidak hadir tidak diizinkan.

Alur Proses Menjadi Mitra Krispy Kreme

Proses memulai franchise ini cukup mirip dengan kebanyakan franchise yang ada. Cukup isi aplikasi, mereka akan menghubungi Anda untuk langkah selanjutnya. dan seperti franchise lainnya, tidak ada jaminan penerimaan.

Nantinya, para calon mitra dapat mengharapkan konfirmasi pengajuan, dan jika semuanya berjalan dari sana, pemeriksaan latar belakang dan keuangan akan dimulai. Calon mitra harus memenuhi kualifikasi tertentu untuk menjadi pewaralaba Krispy Kreme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

franchise peluang bisnis donat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top