Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 18 Ide Bisnis Menguntungkan untuk Mahasiswa Tambah Penghasilan

Mahasiswa perguruan tinggi yang cenderung atletis dapat mengontrak sekolah yang ada di wilayah sekitar untuk membantu melatih.
Ilustrasi e-commerce/CC0
Ilustrasi e-commerce/CC0

Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan hingga Layanan Transkripsi

10. Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan

Jika Anda menyukai binatang, tawarkan layanan Anda kepada pemilik hewan peliharaan setempat, awasi anjing dan kucing mereka di rumah mereka saat mereka bepergian.

Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Bisnis online dengan modal yang kecil sangat memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan keuntungan. Berikut adalah beberapa peluang untuk dipertimbangkan jika Anda ingin memulai bisnis online.

11. Mengembangkan Kursus Online

Kursus online umumnya menyediakan video, audio, dan/atau keahlian tertulis tentang topik tertentu. Anda dapat mengajar kursus dalam sesi langsung, atau menawarkan sebuah konten ramah lingkungan yang dibeli dan dapat diputar sewaktu-waktu oleh para pelanggan.

12. Platform Media Sosial

Dengan beberapa keahlian teknologi, Anda dapat mengelola media sosial untuk sebuah kelompok. Anda dapat membebankan biaya kepada orang-orang untuk menggunakan halaman media sosial atau hanya mendapatkan uang melalui iklan.

13. Desain Web

Bisnis yang kelima ini cocok untuk mahasiswa dengan jurusan seperti ilmu komputer, sistem informasi, atau informatika. Manfaatkanlah ilmu Anda untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada teman-teman yang sedang mengerjakan skripsi. Anda juga dapat menjadi freelancer khusus untuk membangun website. Bergabunglah dengan situs seperti fiverr untuk mendapatkan proyek.

14. Jual Online

Bisnis online shop dapat dilakukan tanpa modal sedikit pun. Caranya yaitu dengan menjadi dropshipper. Anda tak perlu membeli barang, namun hanya berperan sebagai perantara. Carilah toko online yang menjual barang dengan harga murah. Jual kembali barang tersebut di toko Anda sendiri dengan sedikit menaikkan harganya.

Target pasar bisnis online shop ini tidak hanya teman kampus tapi juga masyarakat umum. Agar lebih mudah laku, pilihlah barang dagangan yang banyak dicari orang.

15. Pengembang Aplikasi

Untuk mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (IT), ada bisnis online yang sangat cocok dijalankan. Jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari, yaitu programmer web. Tawarkan aplikasi yang sudah Anda buat kepada yang membutuhkan atau Anda bisa melakukan Kerjasama berdasarkan kontrak dengan mengembangkan suatu aplikasi yang diminta klien.

16. Riset Pasar

Menawarkan layanan penelitian kepada perusahaan dengan imbalan biaya. Ini mungkin melibatkan menyelesaikan survei, focus group discussion, atau menggunakan studi.

17. Layanan Terjemahan

Ada banyak karya ilmiah atau literatur yang harus diterjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia serta sebaliknya. Sayangnya, tak semua orang memiliki kompetensi yang cukup untuk melakukannya.

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, manfaatkanlah kesempatan untuk menjadi penerjemah. Dengan begitu menjadi penerjemah bisa dikatakan sebagai peluang usaha jasa tanpa modal yang cukup bagus. Anda bisa menawarkan jasa kepada orang-orang terdekat atau melalui situs freelancer.

Untuk menambah relasi, bergabunglah dengan grup penerjemah yang bisa Anda temui di media sosial seperti facebook atau telegram. Di grup tersebut Anda bisa berbagi pengalaman, berbagi tips, dan yang terpenting yaitu berbagi pekerjaan.

18. Layanan Transkripsi

Anda juga dapat mentransfer konten audio atau video ke bentuk tertulis. Layanan ini sering digunakan pada rapat atau untuk file seperti podcast.

Apa Ide Bisnis Terbaik untuk Mahasiswa?

Jika ada pertanyaan, ide bisnis apa yang paling baik? Jawabannya tentu bervariasi, sebab keberhasilan sebuah bisnis tentu berdasarkan keterampilan dan tujuan masing-masing mahasiswa. Namun, beberapa opsi yang bisa menyenangkan dan menguntungkan tentunya tanpa modal besar, antara lain desain web, mengelola platform media sosial, membimbing siswa yang lebih muda, dan menjalankan layanan menulis.

Apa Jenis Bisnis yang Paling Menguntungkan Bagi Mahasiswa?

Profitabilitas ide bisnis siswa dapat sangat bervariasi berdasarkan pasar, rencana bisnis, dan biaya awal. Namun, bisnis online cenderung murah untuk memulai, dan dengan demikian bisa sangat menguntungkan, hal ini termasuk pemasaran digital, desain grafis, dan menjadi Youtuber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper