Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 7 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Circle Seorang Pengusaha

Meskipun sering disepelekan, circle pertemanan yang salah atau buruk juga akan memengaruhi kualitas hidup.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  22:36 WIB
Ini 7 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Circle Seorang Pengusaha
Entrepreneur muda sedang rapat - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda pasti pernah mendengar sebuah kutipan serupa seperti milik Jim Rohn yang membahas, bahwa seseorang yang banyak menghabiskan waktu bersama-sama, tentu akan membangun sebuah lingkungan yang bisa mempengaruhi banyak hal dalam hidup individu, terkait pertumbuhan bahkan kesehjateraan kita.

Oleh sebab itu, Anda perlu selektif dalam memilih circle pertemanan yang ada. Meskipun sering disepelekan, circle pertemanan yang salah atau buruk juga akan memengaruhi kualitas hidup. Bahkan, sudah menjadi hal yang wajar bahwa circle pertemanan akan tetap memengaruhi penilaian orang lain terhadap diri Anda.

Jessie Medina seorang kontributor Entrepreneur menyebutkan, dari segi bisnis pun, untuk menjadi seorang pemimpin yang kuat, maka mulailah dengan memilih orang-orang yang positif dalam organisasi terhadap visi perusahaan. Mempercayakan kepada mereka yang positif bagian kepemimpinan pada kelompok-kelompok dalam organisasi.

Sayangnya, proses memilih mereka yang menjadi inner circle tidaklah mudah, sebab persamaan visi dan nilai adalah underwater iceberg matters. Para pemimpin memerlukan waktu untuk menemukan inner circle mereka, seringkali seseorang yang positif pada awalnya namun di pertengahan bisa menjadi negatif, atau sebaliknya.

Berikut ulasan Bisnis melansir dari Entrepreneur pada Kamis (18/8/2022), terkait daftar inner circle yang punya peran penting untuk Anda. Simak ulasannya.

1. Dewan Penasihat Pribadi

Persaingan ketat di dunia bisnis membuat kita harus terus berkembang dan mengoptimalkan bisnis. Kalau tidak, tentu saja kita bisa kalah dari kompetitor-kompetitor kita. Adanya dewan penasihat pribadi akan membantu agar bisnis bisa lebih optimal dari segala aspek. Mereka akan menganalisis bisnis lalu memberi masukan yang terbaik.

Pengalaman penasihat bisnis tentu lebih banyak. Selain itu, mereka pasti sudah terbiasa melakukan bisnis tersebut sehingga tahu celah mana yang bisa dimanfaatkan potensinya. Pengalaman mereka menjadi bekal untuk tumbuhnya ide-ide hebat yang baru. Selain ide, dewan penasihat pribadi tentu akan membantu eksekusinya juga.

Buat daftar penasihat berbeda yang Anda inginkan di jajaran bisnis Anda. Pastikan untuk memulai dengan orang-orang yang akan melengkapi keterampilan dan keahlian Anda. Hindari menemukan orang yang punya pola pikir seperti Anda. Hal ini dimaksudkan, agar Anda bisa menemukan kekuatan baru lewat pengalaman yang berbeda.

2. Inspirasi Model

Penting bagi Anda untuk memiliki sosok yang menjadi inspirasi Anda. Misalnya, Anda menginginkan tumbuh sebagai seorang wirausaha sukses atau bahkan orang-orang dibalik organisasi yang berkembang pesat dengan memanfaatkan teknologi. Anda tidak ingin meniru kehidupan mereka, tetapi dengan punya sosok inspirasi, ini dapat membantu mengingatkan Anda bahwa segala sesuatu mungkin terjadi.

3. Teman Dekat

Inner circle ini harus Anda miliki sebagai bentuk penyegaran pikiran, di mana Anda benar-benar rileks tanpa harus membicarakan terkait risiko bisnis.

4. Mitra Bisnis

Jessie Medina menyebut sebuah komunitas dapat menjadi sahabat bisnis. Di mana, selain menjadi teman, anggota komunitas juga bisa menjadi mitra bisnis. Sehingga, pebisnis dapat berbicara tentang bisnis, uang, dan strategi, tetapi juga kadang-kadang terbuka tentang masalah pribadi.

5. Jaringan Koneksi

Ini adalah jaringan Anda yang diperluas. Anda tidak menelepon mereka di ponsel mereka, tetapi mereka akan mengirim email kepada Anda untuk memberi tahu Anda tentang peluang atau akan membicarakan bisnis Anda dalam rapat. Inner circle ini dapat berupa orang-orang di komunitas lokal Anda atau bahkan di media sosial yang Anda pikirkan ketika seseorang meminta seorang ahli di bidangnya dan yang akan merekomendasikan Anda untuk kesempatan pers itu.

6. Komunitas

Jessie Medina menyebut orang-orang yang tergabung dalam komunitas yang dibuatnya adalah sebagai sosok "pemimpi." Bahkan, dia menganggap anggotanya ini sebagai "pelanggan ideal", di mana mereka adalah orang-orang yang dapat menjadi target pasar dan bisa membeli dari merek Anda ataupun membaca buku Anda. Tak hanya sebagai pelanggan, mereka pun cocok untuk Anda jadikan sebagai teman.

7. Tim Investasi

Ini adalah orang-orang yang Anda bayar untuk membantu Anda atau bisnis Anda naik ke tingkat berikutnya. Tak hanya, soal investasi keuangan, namun juga tim investasi ini meliputi Kesehatan fisik dan mental. Jessie Medina menyebut mereka kru investasi karena, begitu Anda menemukan yang tepat, selalu ada laba atas investasi, dan manfaatnya lebih dari sekadar uang.

Jadi, bagaimana Anda menemukan orang-orang yang tepat untuk masuk ke dalam grup ini?

Jessie Medina menjelaskan bahwa inner circle-nya sangat luar biasa. Mereka mendapatkan saya, dan saya mendapatkan mereka. Hubungan ini sangat saling menguntungkan dan tampak organic. Sehingga, penting bagi Anda untuk mendefinisikan diri dan bisnis Anda sebenarnya. Nantinya, seiring berjalan waktu, Anda akan mengerti persis siapa yang tepat untuk Anda. Jauhi orang-orang yang menjatuhkan Anda dan menahan Anda.

Mulailah dengan membuat daftar karakteristik spesifik yang Anda inginkan. Karakteristik harus mencakup topik termasuk keuangan, pribadi, emosional dan lain-lain. Apabila diri Anda telah secara spesifik menemukan apa yang Anda cari dan mulai mewujudkan apa yang Anda cari pada orang lain, maka orang-orang yang Anda inginkan secara tidak langsung akan tertarik dan ikut bergabung. Hingga akhirnya, setelah perjalanan panjang, Anda pun akan menemukan kesenangan dan bisa membuat pengaruh di inner circle Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha pengusaha muda perempuan pengusaha wanita pengusaha pengusaha wanita Pengusaha Pribumi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top