Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Business Owner, Ini Pentingnya Digital Marketing bagi Kesuksesan Bisnis

Berikut ringkasan pentingnya Penerapan Digital Marketing dalam Bisnis yang bisa Anda pelajari dan terapkan.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  22:46 WIB
Business Owner, Ini Pentingnya Digital Marketing bagi Kesuksesan Bisnis
Ilustrasi digital marketing - CC0
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis apa pun pastinya butuh sebuah pemasaran atau marketing demi menjangkau pasar dan meningkatkan konversi yang diinginkan.

Bahkan, menurut Smart Insights, kini business owner (pemilik bisnis) banyak yang sepakat bahwa digital marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis dan perusahaan mereka. Hal ini tentu sangat relevan, mengingat saat ini pengguna internet kian meningkat di Indonesia.

Tak ayal, adanya, digital marketing dirasa dapat membantu business owner menjangkau pelanggan lebih mudah, meningkatkan penjualan, dan mempermudah branding untuk seluruh jenis usaha (baik berskala kecil maupun besar). Berikut ulasan Bisnis terkait alasan mengapa digital marketing sangat penting untuk business owner terapkan.

Berikut ringkasan pentingnya Penerapan Digital Marketing dalam Bisnis yang bisa Anda pelajari dan terapkan.

1. Mampu Mengenal Target Pelanggan Lewat Online

Bagi Anda, seorang businss owner yang tidak ingin target pasar atau target pelanggan diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita.

Dalam hal ini, penggunakan kata kunci atau keywords oleh aplikasi Google sangat disarankan untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis. Menurut Denny Santoso, CEO dan Founder Tribelio.com, cara yang paling tepat apabila kita ingin berjualan online, bukan lagi hanya tentang menjual produk, tapi bagaimana kita bisa membuat konten.

“Tentunya berjualan secara online sangat berbeda dengan offline. Ketika kita berjualan secara online, kita membuat akun media sosial atau website dan kita harus tahu bagaimana caranya agar toko online kita bisa ramai dan mendatangkan potential leads. Karena ada gula, ada semut, ada konten, ada audiens,” ujarnya pada kegiatan Brand Marketing Con 2022 by Niagahoster.

Dirinya melanjutkan, jika salah satu keyword yang digunakan telah berhasil membawa calon pelanggan mengunjungi situs bisnis kita, maka kita tahu hal tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang target pelanggan inginkan.

2. Membantu Menumbuhkan “Branding Online” yang Kuat

“Eh tahu situs web atau akun Instagram itu, enggak? Banyak banget followersnya dan lumayan sering posting konten, sepertinya produknya bagus, jadi banyak yang beli,” Apakah Anda familiar dengan ucapan tersebut? Atau malah, itu merupakan bagian tindakan Anda ketika merekomendasikan suatu produk?

Artinya, dari percakapan singkat di atas kita bisa melihat bagaimana digital marketing akan membantu bisnis memiliki “branding online” yang kuat. Penerapan strategi digital marketing yang tepat akan membuat pelanggan lama semakin setia dengan produk kita, dan pelanggan produk lain akan beralih ke produk kita.

3. Menghemat Biaya Promosi

Hadirnya digital marketing juga membuat budget bisnis semakin aman dan tidak boros. Bahkan, Denny menyarankan untuk seorang business owner tidak perlu mengeluarkan uang, terlebih jika bisnisnya tersebut baru ada di tahap permulaan. Kini, sudah banyak platform media sosial, seperti Instagram, Facebook bahkan Youtube, di mana dengan modal memproduksi konten secara rutin dan konsisten kepada target pelanggan itu juga bisa menjadi cara mengenalkan produk.

Dengan begitu, business owner bisa beralih pada digital marketing yang dapat memaksimalkan pencapaian tujuan bisnis, dengan cara membuat konten yang disebarluaskan ke platform media sosial, sehingga lebih hemat biaya.

4. Mampu Memberikan Data Pelanggan

Hal yang paling memberi untung kepada seorang business owner, terkait penerapan digital marketing yaitu kemampuan dalam memberikan data yang dibutuhkan. Dalam dunia usaha, data sangat dibutuhkan untuk berbagai tujuan dan menjadi bagian penting bagi perjalanan bisnis.

Menerapkan pemasaran secara digital tentu saja akan sangat membantu Anda mendapatkan data pelanggan. Informasi yang didapatkan tentu sangat cepat, tepat dan dijamin lebih akurat daripada cara manual. Informasi ini jelas akan sangat membantu dalam melakukan analisis sesuai dengan kebutuhan para pelanggan tersebut.

Bahkan, bagi Denny, dengan Anda bisa membuat konten yang menjaring audiens, maka Anda bisa mengukur secara pasti dan Anda bisa mengumpulkan detail kontak siapa saja yang mengunduh. Alhasil, Anda tidak hanya dapat mengukur berapa banyak orang yang terlibat di konten Anda, tapi Anda juga bisa mengumpulkan data prospek customer yang berkualitas.

Kesalahan Umum yang Sering Terjadi dalam Digital Marketing

Menjalankan strategi digital marketing terkesan mudah. Dengan modal internet, konten menarik, dan media sosial saja bisnis digital Anda dapat melakukan promosi. Meski terkesan mudah, tidak sedikit business owner atau bahkan pelaku usaha lainnya melakukan kesalahan. Belum lagi waktu yang diinvestasikan dalam membuat konten malah tidak membuahkan hasil.

Denny menyebutkan, salah satu penyebab business owner tidak maksimal dalam menerapkan digital marketing, karena langkah awal berupa penyusunan rencana dan strategi terkadang dilewatkan. Padahal, rencana tersebut pun perlu disusun secara spesifik, dari mulai produk apa yang akan dipasarkan, platform yang digunakan, hingga demografi target pasar.

“Jenis konten yang akan dibuat perlu direncanakan dengan matang. Sebagai permulaan, tentukan konten berdasarkan platform yang dipilih untuk melakukan promosi bisnis digital. Ingat ya setiap platform memiliki karakteristik tersendiri, jadi kenali dulu ciri khas masing-masing platform sebelum memilih,” jelasnya.

Tak hanya itu, Denny turut menambahkan, penting untuk memahami target pasar agar bisa memenuhi kebutuhan mereka. Memahami calon konsumen bukan berarti perlu mengubah produk yang sudah ada. Solusinya yaitu dengan menyesuaikan kemasan serta membuat konten yang menarik.

Brand Marketing Con 2022 by Niagahoster merupakan gelaran ketiga sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 2020, yang merupakan awal pandemi ketika semua kegiatan harus beralih ke online. Saat itu, Niagahoster menyadari pentingnya mengadakan event ini untuk memberi pencerahan bagi pemilik bisnis yang ingin mempertahankan bisnisnya dengan go online.

Ayunda Zikrina, selaku Head of Brand and Communication Team Niagahoster menambahkan, dia berharap pelaku UMKM dan pebisnis semakin memahami pentingnya branding dan digital marketing.

“Branding dan digital marketing memainkan peran sangat penting untuk bisnis saat ini. Sehingga harapannya, Brand Marketing Con 2022 by Niagahoster bisa membantu meningkatkan wawasan yang lebih luas lagi bagi pebisnis dan UMKM agar mendapat insight dari para ahlinya,” katanya pada kesempatan Press Conference Brand Marketing Con 2022 by Niagahoster, Kamis (18/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis online tips bisnis digital marketing
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top