Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Biaya dan Syarat Gabung Franchise Wingstop, Restoran Spesialisasi Sajian Sayap Ayam

Untuk memenuhi syarat sebagai mitra franchise Wingstop, maka calon mitra harus memiliki minimum kekayaan bersih sebesar US$1,2 juta, atau sebesar Rp17 miliar, d
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  14:41 WIB
Biaya dan Syarat Gabung Franchise Wingstop, Restoran Spesialisasi Sajian Sayap Ayam
Wingstop - grab
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis franchise ayam goreng makin dilirik oleh para pebisnis. Pasalnya, bisnis kuliner yang satu ini selalu menjadi favorit untuk segala kalangan. Di Indonesia sendiri, ada salah satu restoran franchise terlaris yang menawarkan hidangan sayap ayam, yakni Wingstop.

Wingstop memang franchise yang bermarkas di Texas, Amerika Serikat. Kehadirannya di Indonesia membuat heboh pemburu kuliner. Selain, karena harganya yang terjangkau, restoran ini mampu memberikan kelezatan ayam goreng terbaik serta pengalaman rasa yang beragam melalui 9 varian pilihan.

Tentunya, dengan segala benefit yang ditawarkan seperti manajemen yang sudah teratur, biaya pemasaran yang rendah, dan keuntungan yang lebih besar membuat para pebisnis berbondong bondong menjajal bisnis franchise yang satu ini. Namun sebelum memutuskan menekuni bisnis yang satu ini, Anda wajib tahu seperti apa peluang yang ditawarkan oleh franchise Wingstop kepada calon mitranya.

Profil Wingstop

Melansir dari Vetted Biz, Wingstop adalah gerai makanan cepat saji di Amerika Serikat yang berfokus pada sayap ayam. Didirikan oleh Antonio Swad pada tahun 1994 yang berlokas di Garland Texas, konsep restoran ini memang menggunakan strategi pemasaran nostalgia, lewar tema penerbangan tahun 1930-an dan 1940-an.

Hanya butuh waktu 3 tahun sejak didirikan, brand kuliner ini pun telah mempelihatkan pertumbuhan yang signifikan, Saat itu lah Anthony Swad menawarkan usaha franchise di tahun 1997, dan berkat bisnis franchise-nya itu, dia pun berhasil menjual miliaran sayap ayam di tahun 2002. Sejak itu, jaringan restoran chicken wings tersebut telah berkembang menjadi lebih dari 1.400 restoran yang berkantor pusat di Addison, Texas.

Pada tahun 2003, rantai tersebut diakuisisi oleh Gemini Investors, yang menjualnya ke Roark Capital Group pada tahun 2010. Wingstop go public pada tahun 2015. Wingstop menjadi global pada tahun 2010 dengan pembukaan restoran internasional pertama di Meksiko. Saat ini, franchise Wingstop telah beroperasi di 13 negara.

Mengusung konsep fast casual dining dengan sajian yang dihidangkan secara ‘freshly made to order’, itu artinya makanan akan segera dibuat setelah pelanggan membuat pesanan. Wingstop telah menjadi jaringan restoran franchise sayap ayam terbesar di dunia.

Peluang Franchise Wingstop di Indonesia

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun mengembangkan chicken wings, Wingstop pun mulai berekspansi ke pasar Indonesia guna memperkuat merek Wingstop di dunia. Adapun, di Indonesia sendiri PT Mega Mahadana Hadiya (Mahadya) salah satu unit bisnis PT Marga Trakindo mengakuisisi franchise ini secara eksklusif sejak tahun 2013. Dimulai dengan gerai pertama pada tanggal 16 Juni 2014 di Kota Kasablanka Mall, Jakarta, Wingstop kini per Agustus 2022 telah mengelola 52 gerai yang tersebar di beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Terkait peluang franchise, sayangnya tidak ada informasi apakah PT Mahadya menawarkan peluang franchise kepada masyarakat umum atau tidak. Namun, dengan melihat bahwa PT Mahadya sebagai master franchise Wingstop di Indonesia, di mana PT tersebut telah melakukan kerja sama dan telah diberikan wewenang untuk mengembangkan bisnis milik untuk mitra lokalnya. Maka, artinya bagi Anda yang tertarik untuk membuka franchise Wingstop, harus terlebih dahulu menghubungi pihak manajemen PT Mahadya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, apabila PT Mahadya tidak membuka peluang franchise. Sebab, melansir dari situs resmi Wingstop, disebutkan bahwa restoran ini telah memiliki lebih dari 1.200 lokasi di AS dan di banyak negara. Dari 1.300 lebih restoran yang tersebar di dunia, ada lebih dari 980 adalah franchise. Sehingga, ini menjadi sinyal bahwa peluang Anda tentu masih sangat terbuka lebar untuk membuka bisnis ini di wilayah tertentu, kecuali di Indonesia.

Biaya Franchise Wingstop

Selagi menunggu PT Mahadya merilis informasi seputar franchise Wingstop di Indonesia, Anda tetap bisa mengetahui kisaran harga yang diperlukan untuk membuka restoran franchise ini. Untuk memenuhi syarat sebagai mitra franchise Wingstop, maka calon mitra harus memiliki minimum kekayaan bersih sebesar US$1,2 juta, atau sebesar Rp17 miliar, di mana sebagiannya yaitu US$600.000 atau sekitar Rp8 miliar harus berbentuk aset likuid.

Adapun, besaran investasi awal akan sangat bervariasi berdasarkan lokasi Anda dan jenis restoran yang ingin Anda buka. Total investasi yang harus dikeluarkan mencapai . US$315,310 atau sekitar Rp4,6 miliar hingga yang tertinggi US$948.080 atau sekitar Rp14 miliar. Total biaya ini tidak termasuk pembelian dan sewa real estate.

Menariknya, Wingstop tidak menawarkan pembiayaan secara langsung, tetapi mereka memiliki hubungan dengan pemberi pinjaman pihak ketiga yang dapat membantu Anda membiayai semua atau sebagian dari biaya pembukaan franchise Wingstop Anda. Pembiayaan ini mencakup modal untuk biaya awal, perlengkapan, real estate, dan lainnya.

Apalagi, jika Anda seorang veteran, Anda akan senang mendengar kabar bahwa pihak Wingstop memiliki insentif untuk veteran, yaitu potongan harga sebesar US$5.000 atau sekitar Rp74 juta sehingga Anda hanya perlu membayar US$15.000 atau sebesar Rp222 juta dari biaya normal, yakni US$20.000 yang berkisar Rp296 juta (per toko). Supaya, Anda bisa memenuhi syarat agar mendapatkan diskon, Anda harus memiliki setidaknya 50% dari franchise dan telah diberhentikan dengan hormat.

Syarat Franchise Wingstop

Tidak hanya pesyaratan biaya, Wigstop juga memberlakukan syarat pembukaan gerai, di mana Anda harus membuka minimum 3 toko untuk pengembangan. Bahkan, beberapa pasar memerlukan minimum yang lebih tinggi tergantung pada evaluasi pasar. Tak hanya itu, Wingstop juga akan melakukan seleksi calon mitra, di pengalaman manajemen/ pengembangan restoran multi-unit atau bahkan pengalaman mengelola franchise menjadi hal yang akan dipertimbangkan dalam penerimaan calon mitra. Selain itu, perjanjian waralaba dengan Wingstop berlaku untuk jangka waktu minimal 10 tahun.

Fasilitas Franchise Wingstop

Melansir dari situs resmi perusahaan tersebut, disebutkan apabila sebuah mitra bergabung dengan Wingstop, maka mitra akan mendapat dukungan penuh dari sekelompok profesional berpengalaman. Berikut dukungan yang akan diberikan oleh Wingstop.

1. Pelatihan. Sebagai mitra dari brand Wingstop, Anda dan manajer umum Anda akan berpartisipasi dalam program pelatihan selama empat minggu secara komprehensif di Wingstop Global Support Center (GSC) di Dallas, Texas.

2. Real Estate. Tim real estate Wingstop akan membantu mitra dalam proses pemilihan lokasi.

3. Konstruksi. Tim konstruksi akan membantu memilih kontraktor umum dan membantu mengelola proses konstruksi bangunan dari awal hingga akhir.

4. Operasi. Setelah lokasi mitra dibuka, tim operasi dan pemasaran Wingstop akan memberikan dukungan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

franchise waralaba kuliner
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top