Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Guru Biar Tambah Penghasilan

Ada beberapa ide bisnis sampingan guru guna menambah pendapatan,, sekaligus mengasah kemampuan lain di luar profesi mendidik siswa.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  16:55 WIB
Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Guru Biar Tambah Penghasilan
Ilustrasi - Thenewspaperworks
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi guru bukan merupakan penghalang untuk menjalani usaha sampingan guna menambah penghasilan.

Sebab, dengan adanya usaha sampingan guru ini akan sangat membantu seorang tenaga pendidik, apalagi bagi mereka yang statusnya masih honorer.

Ada beberapa ide bisnis sampingan guru guna menambah pendapatan, hal ini juga penting untuk mengasah kemampuan lain di luar profesi mendidik siswa. Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Translator

Berdasarkan Forbes, jika Anda fasih dalam dua bahasa atau lebih, maka Anda punya peluang untuk menghasilkan uang dengan menawarkan layanan terjemahan. Mengingat dunia global yang kita tempati saat ini, kemampuan berbahasa menjadi hal yang penting. Anda bisa mencari organisasi mana yang membutuhkan layanan ini atau Anda juga bisa mencari tawaran tersebut di situs freelance.

2. Mentor dan Pelatih

Setiap hari, guru membimbing siswanya, maka layanan mentoring akan sangat cocok bagi Anda. Sebab, seorang guru sudah cukup mengetahui pendekatan, strategi, dan implementasi dalam hal pembinaan atau pendampingan. Misalnya, dalam urusan konseling atau pembimbingan akademik. Mengingat remaja di usia tersebut sedang mengeksplor banyak hal dan harus ada yang mengawasi. Atau Anda juga bisa melakukan mentoring terhadap seseorang yang ingin mengawali karir sebagai guru. Menurut Small Business Trend, jika Anda ahli dalam mencari dan melamar beasiswa, Anda dapat membagikan keahlian Anda dengan berkonsultasi dengan siswa yang mencari bantuan untuk membayar sekolah.

Bahkan, guru dengan keilmuan khusus seperti guru olahraga, guru seni, atau guru musik bisa menjadi pelatih di luar sekolah juga. Bagi murid yang butuh kelas tambahan atau mereka yang ingin ikut kejuaraan dan acara tertentu, biasanya akan membutuhkan pelatih khusus yang profesional.

3. Tutor

Ketika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya memanfaatkan kemampuan yang dimiliki dengan menjadi pengajar les atau kursus privat. Anda bisa fokus mengajar untuk bidang-bidang tertentu saja atau seluruh mata pelajaran selama Anda menguasainya. Bukan hanya itu saja, Andapun bisa mulai mencobanya dari platform belajar online yang saat ini sudah banyak tersedia di Indonesia. Pekerjaan ini bisa dilakukan di luar jam kerja, seperti di sore atau malam sepulang jam sekolah, atau di akhir pekan saat sekolah sedang libur. Apalagi, usaha sampingan ini pun dapat dilakukan tanpa modal.

4. Pembicara

Guru dapat menjadi pembicara publik yang sangat baik karena mereka berbicara dan berinteraksi dengan kelompok besar orang dari segala usia setiap hari. Setiap pagi, guru memulai hari mereka di depan audiensi langsung. Menjadi pembicara publik dapat meningkatkan keterampilan komunikasi Anda, networking, dan Anda dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain dengan pengetahuan Anda.

Pilih topik yang Anda sukai, daftar ke acara pembicara, dan mulailah menghasilkan uang sambil membantu orang lain melalui kata-kata Anda. Menjadi pembicara publik membutuhkan waktu untuk membangun, tetapi Anda dapat melakukannya.

5. Penulis Lepas

Latar belakang keilmuan yang Anda miliki dan kuasai, menjadi modal penting dalam menuangkan isi tulisan. Usaha sampingan ini bisa menjadi kesempatan Anda menuangkan berbagai gagasan dan opini melalui artikel yang ditulis.
Anda bisa mendapatkan uang lebih dengan menulis artikel untuk blog orang lain atau milik perusahaan-perusahaan yang membutuhkan konten setiap harinya.

6. Bisnis Online

Salah satu bisnis sampingan untuk seorang guru adalah kerja maupun bisnis secara online. Bagaimana tidak, kegiatan bisnis online bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja tanpa mengganggu kegiatan belajar mengajar Anda di sekolah. Para guru bisa mulai bisnis sampingan sebagai reseller atau dropshipper.

Ini adalah jenis bisnis yang memungkinkan Anda bisa jualan tanpa harus punya modal banyak. Cari vendor terpercaya dan produknya berkualitas, lalu bantu mereka menjualkan produknya. Anda akan dapat komisi dari setiap produk yang laku melalui Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ide bisnis guru guru honorer tunjangan guru
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top