Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Syarat, Biaya dan Cara Gabung Franchise Excelso, Gerai yang Tawarkan Kopi Premium

Biaya membeli franchise Excelso, kopi premium yang bisa jadi peluang bisnis pilihan.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 20 September 2022  |  16:02 WIB
Syarat, Biaya dan Cara Gabung Franchise Excelso, Gerai yang Tawarkan Kopi Premium
Kedai Excelso - centralpark
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tren bisnis franchise kopi masih terus berkembang hingga tahun 2022 ini.

Berbagai brand juga masih terus membuka kerjasama franchise minuman kopi, pilihan kerjasama kemitraan ini banyak dipilih oleh brand minuman untuk melebarkan sayap bisnisnya, selain lebih cepat, pengelolaan cabang pun menjadi lebih mudah dengan adanya franchise kopi.

Berdasarkan Majalah Franchise, salah satu, brand yang menggunakan skema bisnis untuk melakukan akselerasi pengembangan adalah Excelso Kafe, di mana bisnis ini membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis kopi kelas premium.

Lantas berapa modal yang harus dipersiapkan, syarat dan cara bergabung dengan Excelso? Simak ulasan Bisnis selengkapnya.

Peluang Bisnis Franchise Excelso

Melansir dari situs resminya, Excelso sendiri merupakan merek kopi dan kafe asli dari Indonesia yang merupakan bagian dari Kapal Api Grup, produsen kopi terbesar di Indonesia dengan merk andalan seperti Kapal Api, ABC, dan Good Day.

Saat ini, franchise Excelso dimiliki dan dikendalikan oleh PT. Excelso Multirasa yang merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh PT. Kapal Api Global.

Kedai Excelso yang pertama kali dibuka berlokasi di mal Plaza Indonesia, Jakarta, dan mulai beroperasi sejak September 1991.

Seiring perkembangannya, Kopi Excelso yang awalnya hanya punya 1 varian Kalosi Toraja, kini telah menghadirkan berbagai single origin terbaik Indonesia dan dunia. Berbagai pilihan format produk seperti biji kopi, kopi bubuk, drip coffee, maupun sistem kopi kapsul telah tersedia.

Hingga kini Excelso tetap merupakan salah pemain utama dalam kategori bisnis gerai kopi modern di tanah air dan memiliki reputasi di Indonesia. Perkembangan jaringan waralaba telah menembus lebih dari 100 gerai di lebih dari 30 kota besar di Indonesia dan berdampingan dengan chainstore coffeeshop asing yang hadir di pusat-pusat belanja di Indonesia.

Syarat dan Biaya Franchise Excelso

Pemilihan lokasi dan kota menjadi persyaratan utama dalam membuka kafe Excelso ini. Apalagi pangsa pasar EXCELSO yang membidik kelas B dan B pluss. Tapi, tak menutup kemungkinan, apabila ada kota yang belum berkembang, tapi sudah ada investor yang berminat membuka kafé di sana. Artinya, itu bisa dilakukan.

Terdapat tiga model yang ditawarkan oleh Kafe Excelso, yaitu de'Excelso, Kafe Excelso, dan Excelso Express. Model de'Excelso dibangun dengan konsep kafe resto dengan desain yang lebih mewah dan berbeda di setiap gerainya, pelayanan yang lebih personal, penyajian yang lebih baik serta pilihan makanan dan minuman yang lebih banyak. Kafe Excelso merupakan gerai dengan konsep kafe sedangkan Excelso Express merupakan mini kafe atau gerai kecil.

Sehingga, dengan konsep yang berbeda, tentu luas minimalnya akan berbeda pula. Berdasarkan Sasame Coffee, untuk konsep gerai, minimal Anda harus memiliki area sebesar 100 meter persegi dengan tampilan desain yang cozy, dan menawarkan konsep layanan table-centric. Sementara untuk konsep Mini Excelso, yang merupakan pilihan konsep yang memberikan layanan cepat saji. Maka, Anda perlu menyediakan luas area sebesar 30 m2, dengan pembagian 20 m2 untuk customer area dan 10 m2 untuk kitchen.

Terkait biaya, untuk saat ini belum ada informasi soal berapa modal yang harus dipersiapkan. Tapi, hasil penelusuran Bisnis menemukan bahwa perkiraan nilai investasi minimumnya adalah Rp1 miliar untuk Mini Excelso dan Rp2 miliar untuk gerai Excelso.

Lalu, dengan besaran biaya tersebut, Excelso telah menjamin sepenuhnya apabila ada masalah yang dihadapi oleh mitra, maka pihak manajemen pusat akan terus memberikan bantuan. Tiap paket memiliki fasilitas yang sama, pelatihan karyawan (classroom training & on-the-job traning), layout desain gerai & outlet budgeting (bill of quantity ), penyediaan stock bahan baku, pengembangan produk baru dan pengontrolan sistem operasional secara berkala, serta dukungan, promosi nasional untuk menaikkan jumlah penjualan. Jadi Anda masih perlu menanggung biaya sewa lokasi dan gaji karyawan. Lisensi ini memiliki durasi waktu lima tahun.

Tak hanya itu, bagi Anda yang memang tertarik dengan brand kopi ini, melansir dari Instagram resmi @excelsocoffee, ternyata Excelso masih memberikan alternatif bagi pebisnis yang ingin berjualan produknya, lewat Excelso Catering, di mana Anda tidak membeli franchise usaha tersebut, namun Anda dapat menghadirkan produk tersebut, untuk beragam acara spesial.

Cara Gabung Franchise Excelso

Pihak manajemen Excelso terbilang sangat selektif dalam memilih mitra, terutama dalam hal pemilihan lokasinya. Oleh karena itu, dengan investasi milyaran rupiah, mitra franchise Excelso akan mendapat pendampingan sejak pra opening, opening hingga proses pengelolaan berjalan. Apabila Anda tertarik, Anda bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di situs Kapal Api Global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

franchise franchisee bisnis franchise kopi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top