Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hati-hati Elon Musk, Gautam Adani Siap Salip jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Miliarder India Gautam Adani yang saat ini menjadi orang terkaya ketiga di dunia akan menyusul Elon Musk.
Gautam Adani, miliarder energi asal India, yang memiliki Adani Group/ Bloomberg
Gautam Adani, miliarder energi asal India, yang memiliki Adani Group/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Gautam Adani mungkin akan menjadi orang terkaya kedua dalam beberapa minggu ke depan. 

Miliarder India Gautam Adani, yang saat ini menjadi orang terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan bersih $123,6 miliar atau setara denganRp1.930 triliun diprediksi akan menggeser Elon Musk dan menjadi orang terkaya kedua di dunia dalam beberapa minggu ke depan. 

Pasalnya, Gautam yang dijuluki 'Asia's Busiest Dealmaker' oleh Bloomberg pada 2022, adalah satu-satunya individu yang masuk dalam 10 besar Indeks Miliarder Bloomberg dengan peningkatan kekayaan bersih yang sangat signifikan.

Melansir dari Forbes, kekayaan Elon Musk, CEO Tesla mengalami penurunan yang tajam dari $340 miliar atau setara dengan Rp5.311 triliun pada November 2021 menjadi $140,5 miliar atau setara dengan Rp2.194 triliun hari ini.

Sebaliknya, kekayaan bersih Gautam Adani meningkat tajam hanya dalam kurun waktu satu tahun yang tercatat senilai US$44 miliar atau setara dengan Rp687 triliun sepanjang tahun 2022. 

Bahkan, menurut Indeks Kekayaan Bloomberg, saham Tesla tidak lagi menjadi aset terbesar Musk, setelah saham tersebut anjlok 65 persen pada tahun 2022, dan Musk menjual begitu banyak saham untuk membayar pembelian Twitter-nya.

Dengan penurunan kekayaan Musk, tak heran jika Bernard Arnault, pemilik LMVH yang menaungi brand Louis Vuitton, Christian Dior Couture, Tiffany & Co., serta Dom Pérignon , naik ke posisi sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sebesar $192 miliar atau setara dengan Rp2.999 triliun.

Sumber Kekayaan Gautam Adani

Pada tahun 2022, sumber utama kekayaan bersih miliarder yang meroket itu adalah lonjakan saham Grup Adani. Adani Enterprises melipatgandakan kekayaan investornya tahun lalu karena naik sekitar 116 persen. Sedangkan saham Adani Power melonjak 185 persen, Adani Wilmar lebih dari 105 persen, dan Adani Total Gas melonjak 91 persen.

Dalam tiga tahun terakhir, kapitalisasi pasar grup Adani tumbuh sembilan kali lipat pada 23 Desember 2022. Dengan demikian, tak heran jika perusahaan ini bisa mengalahkan bisnis milik Mukesh Ambani dan melesat masuk ke dalam daftar perusahaan paling berharga di India setelah Tata Group. 

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan Gautam untuk melampaui kekayaan Elon Musk?

Melansir dari Lifestyle Asia, jika di tahun 2023 bisnis Gautam terus tumbuh dan melaporkan peningkatan kekayaannya sebesar $0,12 miliar setiap harinya seperti tahun 2022, sementara kekayaan Elon Musk terus mengalami penurunan dengan rata-rata $0,36 miliar setiap hari. 

Maka taipan bisnis India itu akan segera melengserkan Musk sebagai orang terkaya di dunia dalam waktu sekitar 35 hari, atau lima minggu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper