Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Cara Memulai Bisnis Online bagi Pemula, Bisa Tanpa Modal

Berikut ini merupakan cara memulai bisnis online yang bisa kamu lakukan jika kamu belum memiliki modal.
Cara Memulai Bisnis Online/Freepik
Cara Memulai Bisnis Online/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Terdapat banyak cara untuk mencapai kebebasan finansial salah satunya dengan membuka bisnis online shop dari rumah. Namun, ada beberapa cara memulai bisnis online yang wajib dipahami terlebih dahulu agar usaha kamu bisa berjalan dengan lancar. 

Memasarkan produk-produk dagangan secara online memiliki banyak sekali keuntungan. Selain kemudahan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, para pelaku bisnis juga tidak harus repot untuk menyediakan toko fisik yang tentunya akan membutuhkan tambahan biaya untuk membeli atau menyewa. 

Berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis online yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara memulai bisnis online dari nol

  • Cari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar 
    Cara memulai bisnis online yang satu ini adalah hal yang utama. Hal ini dilakukan agar kamu bisa memenangkan pasar. Produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat membuat bisnis akan semakin berkembang. Sebab pasar merasa terbantu dengan adanya bisnis kamu. 
  • Pilih produk yang akan dijual secara online
    Sebelum menentukan produk jualan, ada baiknya kamu menyeimbangkan dulu pilihan tersebut dengan berbagai peluang dan risikonya. 
  • Jalankan riset pasar 
    Riset pasar dilakukan untuk mengetahui permintaan pasar atau data secara obyektif. Dengan demikian, informasi tersebut mampu menjadi pertimbangan kamu dalam mengambil keputusan. Kamu bisa memulai riset pasar dengan mencari produk atau jasa yang sedang tren di masyarakat melalui media sosial. 
  • Tentukan target konsumen 
    Analisa dan perhitungan jenis pasar seperti apa yang cocok dengan produk kamu. Kamu juga bisa mempertimbangkan aspek gender, tingkat ekonomi, wilayah, usia, tempat tinggal dan yang lainnya. 
  • Menerapkan riset kompetitor
    Hal ini diperlukan untuk mempelajari kekuatan dan kelemahan dari pesaing kamu. Sehingga informasi tersebut bisa diterapkan dan diperbaiki lebih baik dalam bisnis kamu. 
  • Pilih model bisnis 
    Jika kamu ingin memulai bisnis online shop tetapi tidak memiliki uang untuk melakukan stok barang, kamu bisa memulai bisnis model dropshipping atau reselling. 
  • Lakukan promosi 
    Banyak metode promosi dalam bisnis yang bisa dilakukan dengan berbayar atau gratis. Mulai dari strategi organic, SEM, SEO hingga social media ads. 
  • Lakukan evaluasi secara rutin 
    Melakukan bisnis pasti ada pasang surutnya. Kamu tetap harus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas bisnis agar usaha usaha terus stabil.  


2. Cara memulai bisnis online tanpa modal

  • Tentukan platform tempat kamu berjualan
    Platform untuk berjualan seperti media sosial dan e-commerce saat ini tersedia banyak sekali untuk memulai bisnis online. Meski begitu, penting untuk menyesuaikan jenis produk dengan tempat berjualan agar memaksimalkan jumlah penjualan. 
  • Mencari supplier atau distributor terpercaya
    Beberapa supplier menerapkan sistem dropship. Artinya, kamu perlu menerima orderan lalu menyampaikannya kepada supplier. kemudian, mereka yang mengurusi semua keperluan pengemasan dan pengiriman barang kepada pembeli. 
  • Atur tema dan desain online shop kamu
    Hal ini bisa menjadi ciri khas toko kamu dan meningkatkan brand awareness untuk para pengunjung. Selain itu, calon pembeli juga mendapatkan visual yang menyenangkan Ketika berkunjung ke halaman toko kamu. 
  • Tambahkan produk pada halaman toko
    Tidak hanya sekedar upload foto produk, namun terdapat aspek-aspek lain yang wajib kamu ketahui agar dagangan kamu semakin terlihat menarik. 
  • Strategi penetapan harga 
    Cara memulai bisnis online tanpa modal yang terakhir adalah menetapkan harga. Dalam menetapkan harga yang cocok untuk produk yang kamu jual, terdapat beberapa pertimbangan. Misalnya target pasar atau karakteristik pelanggan toko kamu. Kamu juga bisa membandingkan dengan harga-harga di toko pesaing untuk jenis produk yang sama. 


Itulah beberapa cara memulai bisnis online yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper