Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Usia Rata-rata Miliarder Mulai Mencetak Sukses

Para miliarder muda mulai mencetak sukses di usianya yang memasuki paruh baya, menurut penelitian.
Silicon Valley/bloomberg
Silicon Valley/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Anda semua pernah mendengar cerita tentang bagaimana Bill Gates dan Paul Allen masing-masing baru berusia 20 dan 22 tahun, ketika mereka mendirikan Microsoft pada tahun 1975.

Atau Jeff Bezos berusia 30 tahun ketika mendirikan Amazon. Steve Jobs baru berusia 21 tahun ketika dia mendirikan Apple.

Kisah sukses para pendiri startup muda seolah memberi kesan bahwa rata-rata miliarder meraih sukses di usianya yang masih muda.

Namun, penelitian baru dari Harvard Business Review yang dilansir dari Entrepreneur menemukan bahwa kesuksesan hampir umum baru diperoleh para milarder ini saat berusaha paruh baya.

Tim peneliti HBR menemukan bahwa usia rata-rata pengusaha pada saat pendirian perusahaan mereka adalah 42 tahun.

Untuk mempersempit data dari bisnis tersebut agar sesuai dengan startup teknologi tinggi yang lebih stereotip seperti Apple, Amazon atau Microsoft, para peneliti menggunakan faktor-faktor seperti jika perusahaan diberikan paten, menerima investasi VC atau beroperasi di industri yang mempekerjakan jumlah pekerja STEM yang tinggi.

Untuk melangkah lebih jauh, para peneliti memusatkan perhatian pada startup paling sukses (0,1% teratas berdasarkan pertumbuhan dalam lima tahun pertama).

HBR menemukan bahwa rata-rata pendiri startup yang sesuai dengan kumpulan data tersebut adalah 45 tahun ketika mereka memulai perusahaan mereka.

Di antara faktor-faktor yang mungkin menjelaskan mengapa wirausahawan yang lebih tua dapat memiliki keunggulan dibandingkan pendiri yang lebih muda adalah pengalaman kerja, yang menurut HBR memainkan peran penting dalam kesuksesan.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman kerja sebelum mendirikan perusahaan mereka 85% lebih mungkin meluncurkan startup yang sukses.

HBR lebih lanjut menyanggah mitos pendiri startup 20-an dengan melihat lebih dekat pada cerita Bezos, Jobs dan Gates.

Meskipun mereka mendirikan perusahaan mereka lebih awal, tidak lama kemudian mereka mengalami kesuksesan yang meledak seperti yang kita lihat sekarang.

Bezos berusia 35 tahun ketika Amazon mulai menjual lebih dari sekadar buku, memperluas bisnisnya secara luar biasa, dan dia berusia 41 tahun ketika Amazon Prime diluncurkan.

Demikian pula, pada saat Apple meluncurkan inovasi yang paling menguntungkan, iPhone, Jobs berusia 52 tahun.

Dan meskipun Bill Gates adalah miliarder termuda pada usia 31 tahun pada tahun 1987, hal itu tidak terjadi hingga lebih dari 10 tahun setelah berdirinya Microsoft.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler