Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peter Thiel Pendiri Paypal Curhat Duit 'Nyangkut' Rp770 Miliar di Silicon Valley Bank

Duitnya nyangkut US$50 juta di Silicon Valley Bank, begini curhatan miliarder Peter Thiel
Peter Thiel/Reuters
Peter Thiel/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Miliarder Peter Thiel yang juga pendiri Paypal mengaku uangnya tersimpan senilai US$ 50 juta atau Rp770 miliar di Silicon Valley Bank ketika dinyatakan bangkrut.

Dilansir melalui Insider, pria kelahiran jerman berusia 55 tahun itu, merupakan lulusan Stanford dengan jurusan Filsafat dan Hukum.

Peter Thiel juga pendiri surat kabar The Stanford Review yang fokus pada politik dan universitas.

Karies Peter Thiel dimulai sebagai juru tulis hakim banding di kantor Hakim Agung AS Anthony Kennedy dan Hakim Antonin Scalia.

Setelah bekerja sebagai pengacara sekuritas selama tujuh bulan, dia mulai menjadi pedagang derivatif di Credit Suisse dan menghasilkan uang besar yang digunakannya meluncurkan PayPal bersama Max Levchin pada tahun 2002.

Peter Thiel juga ikut menulis buku kontroversial dengan David Sach berjudul “The Diversity Myth” yang menentang kebenaran politik dalam pendidikan.

Kemudian, dia bersama Keith Rabois, Elon Musk, David Sacks, dan Reid Hoffman menjadi investor terkaya dengan sebutan “Mafia PayPal”

Saham Thiel di PayPal mencapai sekitar US$55 juta atau setara dengan Rp839 miliar yang digunakan untuk meluncurkan hedge fund Clarium Capital.

Pada tahun 2004 Thiel bersama dengan Alexander Karp mendirikan Palantir yang menyaring video dan data lain untuk mendeteksi kriminalitas.

Pada tahun itu juga Peter Thiel menjadi investor luar pertama di Facebook dengan nilai saham sebesar USS$ 500.000 untuk 10% saham.

Peter Thiel memulai firma VC-nya, Founders Fund yang untuk mengatasi “masalah ilmiah atau teknik yang sering kali sulit”.

Pada tahun 2016 Peter Thiel menjadi salah satu pendukung Donald Trump dalam pemilihan.

Pada tahun 2018, Peter Thiel berbicara di Stanford tentang bagaimana cara-cara Silicon Valley yang berhaluan kiri menghambat kemajuan, menyebutnya sebagai “negara satu partai”.

Pendiri Paypal sekaligus miliarder ini mengatakan kepada perusahaan portofolionya untuk menarik dana mereka dari Silicon Valley Bank sebelum bangkrut pada bulan Maret.

Peter Thiel kemudian mengatakan bahwa memiliki uang US$50 juta atau Rp741 miliar dari uangnya di rekening pribadinya sendiri.

Peter Thiel menyerukan kepada para pemilik startup untuk menarik dana dari Silicon Valley Bank, namun ditolak oleh beberapa orang karena akan menambah kericuhan baru.

Peter Thiel mengatakan akun Silicon Valley Bank miliknya dibekukan ketika regulator mengambil alih bank pada tanggal 10 Maret. Dia mendapatkan kembali akses ke dananya setelah regulator menjamin semua simpanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper