Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Wanita Terkaya di Dunia, Bos BMW Susanne Klatten Tergeser

Berikut daftar terbaru pengusaha wanita terkaya di dunia per 27 April 2023 
Francoise Bettencourt Meyers pemilik Loral, salah satu perempuan terkaya di dunia/bloomberg
Francoise Bettencourt Meyers pemilik Loral, salah satu perempuan terkaya di dunia/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes Real-Time Billionaires kembali memperbarui daftar sejumlah wanita terkaya di dunia per 27 April 2023. 

Dalam daftar ini, terlihat peristiwa-peristiwa global seperti perang dagang, gejolak politik, krisis ekonomi, dan pandemi yang terjadi selama beberapa tahun terakhir mempengaruhi kinerja perusahaan yang pada gilirannya berdampak pada kekayaan mereka. 

Perubahan posisi kekayaan sejumlah pengusaha wanita terkaya di dunia ini pun terlihat jelas.

Meskipun ada 10 wanita yang berhasil mempertahankan atau bahkan meningkatkan kekayaannya secara signifikan. Adapula sosok yang posisinya terpaksa harus tergeser. 

Lantas, siapa saja pengusaha wanita terkaya di dunia saat ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Francoise Bettencourt Meyers, US$93,6 miliar atau Rp1,381 Triliun

Menurut Forbes, Françoise Bettencourt Meyers adalah pewaris miliarder Perancis dan wanita terkaya di dunia. 

Perempuan yang lahir pada 10 Juli 1953 ini merupakan putri tunggal dari Liliane Bettencourt, mendiang pengusaha Prancis dan pewaris L'Oréal, perusahaan kosmetik dan kecantikan terbesar di dunia. 

Setelah kematian ibunya pada tahun 2017, Bettencourt Meyers mewarisi 33 persen saham ibunya di L'Oréal, yang bernilai sekitar US$70 miliar.  

2. Alice Walton, US$61,1 miliar atau Rp902,4 triliun 

Alice Walton adalah ahli waris Amerika dan putri pendiri Walmart Sam Walton. Dia juga menjadi seorang kolektor seni besar dan mendirikan Crystal Bridges Museum of American Art di Bentonville, Arkansas, yang dibuka pada 2011. 

Jika pada Februari 2023, angka kekayaannya mencapai US$58,9 miliar atau setara dengan Rp870,6 miliar. Kini, harta kekayaannya melesat menjadi US$61,1 miliar atau setara dengan Rp902,4 triliun. 

3. Julia Koch, US$59 miliar atau Rp872,1 triliun

Posisi Julia Koch tergeser oleh Alice Walton. Julia Koch sendiri mewarisi sebagian besar kekayaan sang mendiang suami, yaitu Koch Industries, perusahaan multinasional yang bergerak di bidang pabrik, pengilangan, pendistribusian minyak tanah, kimia hingga investasi. 

4. Jacqueline Mars, US$38,3 miliar atau Rp565,6 triliun 

Jacqueline Mars adalah pewaris dan pengusaha wanita Amerika yang merupakan cucu dari Frank C. Mars, pendiri perusahaan permen Mars. 

Jacqueline menjabat sebagai dewan direksi Mars, Inc. selama bertahun-tahun dan terlibat dalam berbagai aspek operasi perusahaan, termasuk pemasaran dan pengembangan produk.

Tak heran, apabila kekayaannya mencapai US$38,3 miliar atau setara dengan Rp566,1 triliun

5. Miriam Adelson, US$37,5 miliar atau Rp553,9 triliun

Miriam Adelson adalah seorang dokter dan dermawan Amerika. Dia lahir pada 10 Oktober 1945, di Tel Aviv, Israel, dan dibesarkan di Haifa. 

Miriam Adelson menikah dengan Sheldon Adelson, seorang pengusaha miliarder dari perusahaan kasino di Las Vegas Sands yang meninggal pada 2021. 

6. Rafaela Aponte-Diamant, US$31,3 miliar atau Rp462,5 triliun 

Rafaela Aponte-Diamant menjadi pendatang baru yang masuk ke dalam jajaran wanita terkaya di dunia. 

Dirinya memiliki 50 persen saham di MSC, perusahaan pelayaran terbesar di dunia. 

Rafaela bertanggung jawab dalam dekorasi kapal MSC Cruises, sedangkan sang suami Gianluigi menjabat sebagai chairman eksekutif MSC dan putra mereka, Diego, menjabat sebagai presiden MSC.

7. Mackenzie Scott, US$28,2 miliar atau Rp416,7 triliun

Mackenzie Scott (sebelumnya Bezos) adalah seorang penulis Amerika, dermawan, dan mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos. 

Pada 2020, dia menyumbangkan miliaran dolar ke berbagai organisasi amal, termasuk perguruan tinggi dan universitas kulit hitam historis, bank makanan, dan organisasi yang mendukung hak-hak perempuan.

8. Gina Rinehart, US$27 miliar atau Rp398,9 triliun

Posisi kekayaan Gina Rinehart sebagai pemilik bisnis sektor pertambangan Hancock Prospecting harus tergeser. Di mana, sebelumnya harta kekayaannya mencapai US$29,4 miliar atau setara dengan Rp434,4 triliun

Selain kepentingan pertambangannya, Rinehart juga terlibat dalam pertanian dan media, memiliki saham besar di kedua sektor tersebut di Australia.  

9. Susanne Klatten, US$24,5 miliar atau Rp362 triliun

Susanne Klatten adalah pewaris dan pengusaha wanita miliarder Jerman. Klatten mewarisi saham di BMW, pembuat mobil Jerman dari mendiang Ayahnya. 

Maka, sejak itu mendiversifikasi investasinya di berbagai industri, termasuk obat-obatan, bahan kimia, dan energi terbarukan. 

Sebelumnya, per Februari 2023 dia memiliki harta kekayaan mencapai US$27 miliar atau setara dengan Rp398,9 triliun dan menempati peringkat ketujuh wanita terkaya di dunia. 

10. Iris Fontbona, US$23,1 miliar atau Rp341,3 triliun 

Dia adalah pengusaha miliarder Chili dan janda Andrónico Luksic Abaroa. Fontbona mewarisi saham di Antofagasta plc, sebuah perusahaan tambang Chili, yang memiliki tambang tembaga di Chili dan berdagang di Bursa Efek London.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper