Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ide Bisnis Full Cuan Saat Penyelenggaraan Event Internasional

Ide bisnis untuk tambah cuan selama adanya penyelenggaraan event internasional, salah satunya jelang KTT Asean 2023.
Ilustrasi bisnis kuliner/cashlez
Ilustrasi bisnis kuliner/cashlez

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia telah menjadi tuan rumah untuk sejumlah event internasional yang sangat bergengsi, seperti KTT G20 dan jelang KTT Asean 2023.

Hal ini telah membawa banyak keberkahan bagi masyarakat lokal, termasuk dalam bidang bisnis.

Pasalnya, dengan peningkatan kunjungan dari adanya event internasional, membuat sejumlah pendatang membutuhkan akomodasi, makanan, dan jasa transportasi, yang membawa banyak keuntungan bagi masyarakat lokal, 

Tentunya, dalam memaksimalkan peluang bisnis ini, masyarakat lokal perlu memperhatikan faktor-faktor seperti kualitas produk, harga yang kompetitif, serta pelayanan yang baik. 

Dengan memanfaatkan peluang bisnis ini dengan baik, maka dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat lokal serta memperkenalkan potensi daerah di tingkat internasional.

Lantas, apa saja ide bisnis untuk masyarakat lokal jelang kegiatan internasional yang diadakan di wilayahnya? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Jasa Transportasi

Banyak wisatawan yang datang dari luar negeri membutuhkan transportasi yang nyaman dan aman. Anda dapat membuka bisnis sewa mobil, taksi atau layanan transportasi lainnya.

2. Usaha Kuliner

Dengan adanya peningkatan jumlah wisatawan, maka peluang bisnis kuliner akan meningkat. Masyarakat lokal dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha kuliner tradisional atau modern yang sesuai dengan selera wisatawan.

Selain itu, masyarakat lokal juga dapat menjual makanan khas daerah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

3. Jasa Penginapan

Banyak wisatawan yang mencari tempat penginapan yang nyaman dan murah dekat dengan tempat acara. Anda dapat membuka usaha penginapan seperti hotel, homestay, atau hostel.

4. Jasa Tur dan Travel

Dalam rangka menyambut kegiatan internasional, wisatawan akan mencari informasi tentang tempat wisata dan aktivitas yang dapat dilakukan di daerah tersebut. Masyarakat lokal dapat membuka usaha jasa tour guide, transportasi wisata, penyewaan kendaraan, atau menjual tiket wisata.

5. Usaha Souvenir

Wisatawan biasanya ingin membawa oleh-oleh atau souvenir sebagai kenang-kenangan dari tempat yang dikunjungi. Masyarakat lokal dapat membuka usaha souvenir dengan menawarkan produk-produk khas daerah, seperti kerajinan tangan atau makanan khas.

6. Usaha Fesyen

Masyarakat lokal juga dapat memanfaatkan kegiatan internasional sebagai ajang promosi untuk produk fashion lokal. Dalam rangka KTT Asean 2023, masyarakat lokal dapat menjual produk fashion khas daerah atau menjalin kerjasama dengan para desainer untuk menciptakan produk fashion yang dapat dikenakan oleh delegasi negara.

7. Jasa Penerjemah

Banyak wisatawan yang tidak bisa berbahasa lokal dan membutuhkan jasa penerjemah untuk membantu berkomunikasi dengan masyarakat lokal. Anda dapat membuka usaha jasa penerjemah atau penyewaan peralatan penerjemah.

8. Jasa Kebersihan

Biasanya, ketika kedatangan wisatawan asing, banyak tempat-tempat wisata dan penginapan yang membutuhkan jasa kebersihan. Anda dapat membuka usaha jasa kebersihan seperti laundry, jasa kebersihan rumah, atau jasa kebersihan lingkungan sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper