Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dhony Pratama, Sosok Pendiri Bisnis Minuman Susu Mbok Darmi

Dhony Pratama merintis usaha ini sejak 2013, dimana ia masih berstatus sebagai mahasiswa di Fakultas Peternakan IPB. 
Pemilik Susu Mbok Darmi Dhony Pratama/situs IPB
Pemilik Susu Mbok Darmi Dhony Pratama/situs IPB

Bisnis.com, JAKARTA – Belakangan ini, bisnis minuman yang kerap digandrungi sebagian besar masyarakat adalah minuman berbahan dasar kopi. 

Namun, berbeda dengan Dhony Pratama. Lelaki kelahiran Pontianak, 3 Oktober 1993 ini justru memulai bisnis minumannya dengan minuman berbahan dasar susu. 

Susu Mbok Darmi, nama yang terdengar sederhana dan bernuansa Indonesia. Tampil dengan slogan yang nyeleneh, “Sehatkan Tubuhmu dengan Susuku,” saat ini Susu Mbok Darmi sudah memiliki lebih dari 30 outlet di beberapa kota di Indonesia. 

Kombinasi dua hal tersebutlah yang memulai popularitas Susu Mbok Darmi ini melejit sejak awal kemunculannya. Dhony merintis usaha ini sejak 2013, dimana ia masih berstatus sebagai mahasiswa di Fakultas Peternakan IPB. 

Memulai bisnis dari pemikiran sederhana untuk sekadar menambah uang jajan, berkat ilmu peternakan yang dipelajarinya, ia sendiri bahkan tak menyangka jika bisnis ini kemudian dapat melejit dan dikenal masyarakat hingga saat ini. 

Kantin Fakultas Peternakan IPB menjadi outlet pertama Susu Mbok Darmi ini dibuka. Dhony merintis usaha ini bersama dengan rekan sesama angkatannya, Saeful Ansor. Dhony kemudian meluaskan usahanya melalui PT Sumoda Tama Berkah. 

Setelah melihat potensi usaha yang dapat berkembang, sekitar tahun 2017-2018 Dhony memutuskan untuk mengepakan sayap bisnisnya dengan membuka outlet di salah satu mall di Bogor. 

Adapun keunggulan Susu Mbok Darmi adalah pada bahan utama susu yang berasal dari pasteurisasi yang diolah sendiri dari hulu. Bukan membeli susu yang beredar di pasaran seperti susu UHT, melainkan membuatnya sendiri dari susu mentah.

Saat ini Susu Mbok Darmi memiliki 19 varian rasa dalam 3 kategori yaitu, special, fresh, dan premium yang dibanderol mulai dari Rp6.000 hingga Rp20.000 per cup. 

Tak sampai di situ, hingga kini Dhony masih mempersiapkan untuk memperluas usahanya dengan menambah jumlah outlet di Jabodetabek dan siap untuk ekspansi ke Bandung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper