Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi 5 Franchise Minuman Kekinian yang Viral 2023

Lima rekomendasi franchise minuman viral di Indonesia tahun 2023 yang bisa jadi peluang bisnis
Mixue/unair
Mixue/unair

Bisnis.com, JAKARTA - Membuka bisnis dari nol bukan hal yang mudah, mulai dari menyiapkan modal sampai mencari target pasar yang tepat harus dipersiapkan dengan matang.

Untuk menjawab tantangan tersebut, bisnis menggunakan franchise atau waralaba bisa menjadi pilihan. 

Franchise atau waralaba adalah bentuk kerja sama antara pemilik merek dagang dan pemodal. Franchise memberikan hak kepada pemilik modal untuk menggunakan nama dan produknya guna dijual ke khalayak umum.

Dengan menggunakan sistem franchise, umumnya pemilik modal tidak perlu lagi kesulitan mencari target pasar, karena merek yang dijual sudah cukup dikenal khalayak luas. 

Salah satu franchise yang menguntungkan sepanjang 2023 adalah minuman kekinian. Apalagi, jumlah franchise yang menawarkan minuman kekinian ini makin banyak.

Berikut beberapa usaha franchise minuman kekinian yang banyak diminati tahun ini:

1. Mixue

Franchise minuman kekinian Mixue belakangan sempat viral di media sosial karena memiliki banyak cabang di mana-mana. Kalimat "di mana ada ruko kosong di situ ada Mixue" membuat nama merek asal China ini makin viral. 

Menyediakan berbagai pilihan minuman manis dan segar menjadi daya tarik Mixue, ditambah lagi dengan harganya yang terjangkau membuat produknya makin digemari masyarakat.

Untuk membuka franchise Mixue modal yang diperlukan sekitar Rp700 juta - Rp800 juta. Pemodal hanya tinggal menyediakan modal dan memilih tempat usaha, sisanya dari sisi produk hingga peralatan akan disediakan dari pihak Mixue. 

2. Janji Jiwa

Tingginya jumlah penggemar kopi di Indonesia membuat franchise minuman kekinian ini makin digemari dan menjanjikan untuk pemilik modal. 

Kini, Janji Jiwa sudah memiliki lebih dari 800 franchise di Indonesia, dan menyediakan berbagai jenis minuman yang tak hanya dari seri kopi tapi juga varian susu dan minuman segar lainnya. 

Untuk membuka franchise ini, modal yang perlu disiapkan yaitu sekitar Rp150 jutaan, biaya ini sudah termasuk lisensi dan peralatannya.

3. Menantea

Franchise Menantea sempat viral karena merek usaha ini merupakan milik Youtuber Jerome Polin yang berdiri apda 2021. 

Jerome yang kala itu masih berkuliah di Jepang membuat video mencoba mencampur berbagai jenis minuman, salah satunya teh dan buah-buahan, yang ternyata nikmat. 

Dari sana, menu teh dengan buah-buahan menjadi menu utama Menantea, disertai dengan berbagai variasi minuman lainnya yang menggunakan susu dan krim keju. 

Untuk membuka franchise Menantea, pemilik modal bisa menyiapkan Rp125 juta-Rp175 juta, tergantung paket yang diambil.

4. Xi Boba

Kepopuleran minuman boba juga masih terus berlangsung hingga sekarang. Cita rasanya yang manis, kenyal, dan gurih membuat penggemarnya semakin banyak. 

Salah satu franchise yang fokus menyediakan minuman boba adalah Xi Boba, yang sudah meluncur sejak 2019 lalu.

Daya tarik dari Xi Boba adalah minumannya yang mengandung bola-bola tapioka atau boba dengan menyajikan cita rasa khas Taiwan, meski merek ini asli Indonesia.

Untuk bisa membuka franchise Xi Boba, pemilik modal bisa memulai bisnis boba mulai dengan budget Rp9,9 jutaan saja.

5. Es Teh Indonesia

Terakhir, Es Teh Indonesia, yang juga salah satu franchise minuman terlaris di Indonesia. Branding "es teh" yang sangat melekat sebagai minuman sehari-hari di Indonesia membuat namanya mudah diingat dan semakin terkenal. 

Tak hanya menyediakan minuman es teh, Es Teh Indonesia juga menyajikan berbagai varian menu minuman seperti Matcha, Chizu Redvelvet, dan lain sebagainya.

Jika ingin membuka franchise ini, estimasi modal yang perlu disiapkan sekitar Rp120 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper