Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Usaha yang Menjanjikan Sepuluh Tahun Kedepan

Berikut adalah usaha menjanjikan ini bisa kamu coba di tahun 2023.
Usaha yang menjanjikan/ Freepik
Usaha yang menjanjikan/ Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Usaha yang menjanjikan di tahun 2023 tentu saja banyak jenisnya dan berbagai macam. Ide-ide usaha ini bisa kamu gunakan sebagai inspirasi maupun referensi untuk bisa merencanakan ide usaha kamu menjadi rencana usaha yang lebih matang. 

Sebelum memulai usaha, kamu wajib memahami terlebih dahulu mengenai jenis produk ataupun jasa yang memang diperlukan oleh target pasar.

Selain itu, kamu juga wajib untuk memastikan bahwa kamu memiliki pengalaman dan kemampuan agar bisa mengembangkan usaha produk maupun jasa tersebut secara detail dan terstruktur. 

Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

1. Usaha Food and Beverage 

Usaha Food and Beverage atau FnB bisa dibilang usaha yang tidak akan pernah mati dimakan waktu, justru akan terus berkembang dengan berbagai macam ide dan inovasi. Peminatnya juga akan terus bertambah sepanjang waktu. Usaha makanan dan minuman ini juga bisa kamu coba dengan sistem Franchise. 

2. Usaha Photography 

Saat ini sudah banyak bermunculan tren self photo, dimana tidak adanya fotografer di dalam studio. Kelebihan bisnis self photo studio yaitu pengunjung bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya dan bebas berekspresi karena foto diambil menggunakan remote, tanpa adanya fotografer yang membantu. 

3. Usaha Tour and Travel

Selama pandemic Covid-19 banyak orang yang terpaksa harus membatasi mobilitas dan tetap di dalam rumah. Setelah pandemic covid-19 berlalu dan berbagai tujuan wisata mulai dibuka, antusias masyarakat mulai bepergian keluar maupun ke dalam negeri. Usaha Tour and Travel ini mulai hidup kembali dan dibutuhkan masyarakat. Hal ini bisa menjadi peluang untuk kamu yang ingin memulai usaha di bidang perjalanan wisata. 

4. Bisnis Penyewaan perlengkapan Bayi 

Selain karena harganya yang lumayan mahal, peralatan bayi seperti pumping, stroller, box atau tempat tidur bayi ini hanya digunakan beberapa bulan saja dan tidak dalam jangka waktu yang lama. Usaha penyewaan perlengkapan bayi ini bisa jadi usaha yang menjanjikan di tahun 2023 karena peminatnya sepanjang tahun akan selalu ada dan dibutuhkan oleh orang tua. 

5. Usaha Pakaian

Usaha pakaian bisa dibilang tidak ada hentinya untuk diminati karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang akan selalu dibutuhkan setiap saat. Ditambah lagi meningkatnya peminat fashion dari merk lokal. Tentu saja hal ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. 

6. Usaha Design 

Jika kamu memiliki kemampuan desain yang mumpuni, kamu bisa menjadikan peluang usaha di tahun 2023 ini. kamu bisa menjual jasa design karya kamu yang banyak dibutuhkan oleh pengusaha. 

7. Usaha Reseller 

Usaha reseller bisa coba dengan menjual produk yang berasal dari supplier lain dan menjualnya kepada konsumen. Bisnis reseller akan lebih menguntungkan untuk kamu yang baru mencoba memulai bisnis, karena risiko kerugian yang bisa diminimalisir dan bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu banyak. 

8. Usaha Kosmetik dan Perawatan Wajah

Usaha kosmetik dan perawatan wajah bisa menjadi Usaha yang menjanjikan di tahun 2023, karena usaha di dunia kecantikan ini semakin memiliki banyak peminatnya. Ditambah lagi masyarakat sudah mulai tertarik dengan merek-merek lokal yang tidak kalah bagus dengan merek luar yang lebih ekonomis. 

9. Usaha Jasa Titip

Jeberadaan jastip atau jasa titip sebagai salah satu usaha yang langka tapi menguntungkan memang baru terdengar belakangan ini, akibat meluasnya penggunaan sosial media. Namun, meskipun termasuk usaha yang baru booming, ternyata bisnis jastip bisa memberikan keuntungan yang lumayan. 

10. Usaha Katering Rumahan 

Katering bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil, sehingga potensi kerugiannya juga tidak terlalu besar apalagi usaha bisnis ini ternyata tidak berjalan seperti yang diinginkan. Promosi usaha katering rumahan juga relatif mudah pada saat sekarang ini karena bisa memanfaatkan sosial media. 

Yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini adalah kualitas produk yang ingin kamu sajikan. Dengan kualitas yang baik dan cita rasa yang enak, maka usaha kamu akan mampu bertahan dari gempuran para kompetitor dan menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan.

Tips Memulai Usaha dan Bisnis

1. Pilih ide bisnis sesuai passion atau minat

Kamu pastinya memiliki pengetahuan yang banyak terhadap dunia maupun lainnya menyangkut ide usaha tersebut. Sehingga bisa memudahkan proses selanjutnya untuk memulai dan mengembangkan usaha. 

2. Mempelajari bisnis plan 

Bisnis plan menjadi salah satu elemen penting yang diperlukan Ketika mencari modal dan faktor  penilaian apakah sebuah usaha atau bisnis layak dimulai. Kamu harus bisa meyakinkan investor agar mereka mau berinvestasi dalam bisnis ini. 

3. Mempelajari strategi bisnis

Mulai cari tahu dan rancang strategi seperti apa yang dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan akhir di bisnis plan kamu. Kamu bisa memanfaatkan hasil riset sebelumnya yang bisa diubah menjadi strategi. Usahakan strategi yang kamu gunakan efektif sehingga tidak menghabiskan banyak sumber daya di awal. 

4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia 

Meskipun kualitas produk kamu sangat mumpuni, kualitas SDM yang tidak memadai bisa mencederai bisnis. Untuk membangu bisnis dari nol hingga sukses, kamu membutuhkan keduanya. 

Itulah beberapa usaha yang menjanjikan yang mungkin ingin kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper