Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar 10 Orang Terkaya di China 2023, Ada Pemilik TikTok

China memiliki total 495 miliarder yang masuk dalam susunan orang terkaya versi Forbe pada 2023. Ini daftar 10 orang terkaya di China.
Zhang Yiming, founder CEO dan Bytedance/bloomberg
Zhang Yiming, founder CEO dan Bytedance/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Daftar orang terkaya di China dipenuhi orang-orang penting dengan hasil kerja yang tidak asing di telinga masyarakat. Dari seluruh daftar tersebut, di antaranya ada pemilik platform media sosial TikTok dan pendiri e-commerce terkenal PDD Holdings.

Pada 2023, China memiliki total 495 miliarder yang masuk dalam susunan orang terkaya versi Forbes, menjadikannya yang terbanyak kedua setelah AS dengan total 735 miliarder.

Jumlah tahun ini merupakan penurunan kedua dari total 626 miliarder di 2021 dan 539 di 2022. Penurunan dipengaruhi dampak dari pandemi dan ketegangan geopolitik yang menurunkan harga saham sejumlah perusahaan dan merusak pertumbuhan ekonomi di China.

Berikut daftar 10 orang terkaya di China 2023 versi Forbes:

1. Zhong Shanshan - Rp912,2 triliun

Zhong menjadi orang kaya nomor 1 di China dengan kekayaan yang diperoleh dari perusahaan produsen air kemasan dan teh Nongfu Spring. Sumber utama kekayaannya yang lain yaitu Beijing Wantai Biological Pharmacy, perusahaan pembuat alat uji Covid-19 yang dia pimpin.

2. Zhang Yiming - Rp683,9 triliun

Zhang merupakan pendiri ByteDance, yang mengoperasikan aplikasi media sosial TikTok yang saat ini sangat populer. Zhang mengundurkan diri sebagai ketua ByteDance pada November 2021, setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada Mei tahun yang sama. Namun, Zhang memiliki 20 persen kepemilikan di ByteDance.

3. Ma Huateng - Rp536,5 triliun

Ma, yang juga dikenal dengan julukan Pony Ma, merupakan CEO raksasa media web Tencent dengan kepemilikan saham di perusahaan sebesar 7,4 persen. Salah satu investasi Tencent yang paling sukses adalah di perusahaan Epic Games AS, pembuat game Fortnite yang sangat populer.

Tencent diketahui mengakuisisi 40 persen perusahaan pada tahun 2013 seharga US$300 juta atau sekitar Rp4,5 triliun dan kini sahamnya bernilai lebih dari US$6,8 miliar atau sekitar Rp103,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Kekayaan Jack Ma
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper