Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahapan-Tahapan yang Dilalui oleh Pemimpin Sukses

Pemimpin sukses akan mengetahui bahwa badai akan datang. Kemudian, mereka akan memandang kesulitan sebagai peluang pertumbuhan.
Leadership./ilustrasi
Leadership./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi pemimpin yang sukses tidak secara tiba-tiba. Ini perlu dilatih dan harus melalui beberapa tahapan.

Melakukan suatu bisnis tidak mudah. Pasti Anda akan melalui tahapan-tahapan yang mudah, sedang, dan sulit. Seseorang melalui tahapan ini mungkin akan berhasil dan ada juga yang gagal.

Tidak ada seorang pun yang ingin gagal. Dilansir dari Entrepreneur, kewirausahaan mungkin akan jauh lebih sulit dari yang Anda kira. Namun, jika Anda menerima kesulitan yang akan datang dan memahami lima tahapan yang harus dihadapi oleh semua pemimpin, itu akan menghasilkan puncak kesuksesan yang lebih tinggi.

Berikut adalah tahapan-tahapan yang dimaksud:

1. Tahap bulan madu

Tahapan ini seperti berkencan dengan seseorang yang sempurna sebelum Anda menyadari bahwa dia tidak sempurna. Saat Anda mulai berbisnis, Anda mungkin merasakan kelancaran dan kesenangannya hingga akhirnya mendapatkan sebuah masalah. Pada saat itulah tahap bulan madu perlahan memudar dan mungkin Anda sedikit mengalami kesulitan. 

Masalahnya bisa apa saja mulai dari keterbatasan uang tunai, perselisihan dengan mitra bisnis Anda, keterlambatan pengiriman, kesalahan akuntansi, dan lainnya. Untuk menghadapi masalah ini, Anda mungkin menghadapinya secara langsung dan mengatasinya atau mungkin Anda memutuskan untuk berhenti. 

Hal ini adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh semua pengusaha. Jika berhasil melewati tahapan ini, Anda akan lebih berkembang dari sebelumnya.


2. Tahap Kesulitan

Pemimpin sukses akan mengetahui bahwa badai akan datang. Kemudian, mereka akan memandang kesulitan sebagai peluang pertumbuhan. 

Kesulitan pasti akan datang dan itu merupakan syarat untuk sukses. Anda harus melihat kesulitan sebagai sesuatu yang dapat Anda atasi. Saat dipaksa keluar dari zona nyaman, coba untuk bertumbuh dan menjadi lebih baik. 


3. Tahap kemajuan

Kunci nomor satu menuju kebahagiaan adalah kemajuan. Menjadi lebih baik sedikit demi sedikit setiap hari akan memberi Anda semangat, harapan, dan membantu mengingat alasan memulainya.

Jika gagal cukup lama, yakinlah bahwa Anda akan berhasil. Sebagai contoh, Walt Disney telah ditolak lebih dari 300 kali sebelum Mickey Mouse menjadi sukses. Dia gagal cukup lama sampai akhirnya mendapat jawaban ya. Kata "tidak" berarti "belum". Jadi, Anda harus terus berusaha.


4. Tahap metode manajemen

Tahap ini mungkin sulit dan ketika sudah mencapai kemajuan. Anda mungkin akan mudah untuk berhenti bertumbuh dan mulai mengelola. Lebih mudah untuk berhenti memimpin dan mulai memantau. 

Pertumbuhan tidak terjadi ketika Anda mengelola berbagai hal dan hanya memantau. Pertumbuhan membutuhkan kepemimpinan. Ketika Anda memimpin dengan baik, pada akhirnya kita akan mencapai kesuksesan.


5. Tahap kesuksesan

Sukses punya banyak definisi. Bagi beberapa orang, kesuksesan adalah tentang mencapai potensi penuh Anda. Kesuksesan adalah hasil sampingan dari melakukan hal yang benar berulang kali dalam jangka waktu yang lama.

Saat Anda tumbuh, segala sesuatu di sekitar Anda juga tumbuh. Pertumbuhan mengharuskan Anda untuk berhenti mengatur hidup dan memilih untuk menjalani hidup. Anda harus memperluas pemikiran sehingga dapat memperluas tindakan. Tindakan baru ini akan menjadi kebiasaan dan yang akan menghasilkan kesuksesan. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper