Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mengatur Keuangan Agar Aman di Akhir Bulan

Orag yang memiliki perilaku konsumtif tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.
Tips mengajari anak menabung/Hmong Times
Tips mengajari anak menabung/Hmong Times

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap orang pasti pernah mengalami kehabisan uang di akhir bulan. Faktanya hal ini terjadi karena kebiasaan salah yang sering dilakukan di awal bulan.

Ketika memiliki banyak uang atau baru menerima gaji, maka tingkat konsumtif seseorang akan meningkat. Orang tersebut juga akan memiliki pengeluaran yang tidak sesuai kebutuhan. 

Seseorang yang memiliki perilaku konsumtif tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, hingga melakukan pengeluaran secara besar-besaran. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memulai dengan kebiasaan melakukan pengeluaran yang sehat. 

Simak tips mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan mulai sekarang: 

1. Prioritaskan Hal yang Penting Untukmu

Prioritas kamu mungkin tidak sesuai dengan saran pakar keuangan atau apa yang dilakukan teman kamu tetapi jika ada sesuatu yang sangat penting bagi kamu, simpanlah dalam anggaran keuangan kamu. Namun sebelum melakukannya kamu perlu memikirkan apakah cukup penting untuk mengganti uang itu dengan sesuatu yang lebih merupakan kebutuhan. 

Misalnya, jika makan siang bersama teman di akhir pekan penting untuk membuat kamu merasa nyaman, sisihkan sedikit anggaran untuk itu. Hanya saja, jangan berlebihan karena setiap potensi pengeluaran dapat menyebabkan tidak mencapai tujuan keuangan. 

2. Fokus Pada Satu Tujuan Utama Kamu

Mungkin terasa seperti ide yang baik untuk menyisihkan sedikit uang dan sedikit untuk tabungan, tetapi akan lebih efektif jika memfokuskan semua upaya untuk menyelesaikan satu tujuan dan kemudian beralih ke tujuan lain dan selanjutnya dengan rasa pencapaian itu.

Dengan memilih satu prioritas dan mencurahkan seluruh energi ke arah itu, kamu dapat tetap fokus dan mencapai tujuan lebih cepat.

3. Sisihkan Untuk Tujuan Jangka Panjang

Memikirkan masa depan dan membayangkan bagaimana rasanya menjalani kehidupan impian sangat penting untuk meningkatkan kemampuan diri agar mulai memprioritaskan menabung untuk hal tersebut. 

Jika kamu mempunyai impian besar seperti memiliki rumah, masa pensiun, atau liburan yang menarik maka mulailah untuk menyimpan uang untuk mewujudkan hal tersebut. 

Kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membuat papan visi atau menjadikan screensaver sesuatu yang selalu diingat sehingga mata selalu tertuju pada hadiahnya.

4. Memprioritaskan Suku Bunga dan Pengembalian

Prioritaskan berdasarkan jenis utang yang kamu miliki jika kamu memiliki utang dengan suku bunga tinggi, seperti saldo kartu kredit. 

Kamu akan mendapat manfaat dari fokus melunasi utang tersebut sebelum mulai memasukkan uang ke dalam rekening investasi. Jumlah bunga yang dikenakan kepada kamu kemungkinan besar jauh lebih tinggi daripada apa yang diharapkan dari investasi dalam jangka waktu yang sama.

Jika kamu memiliki pinjaman mobil atau pinjaman pelajar dengan suku bunga rendah, kamu dapat merasa nyaman untuk terus melakukan pembayaran bulanan minimum dan menggunakan semua uang ekstra untuk berinvestasi. 

5. Beri Waktu Untuk Jeda Sebentar

Berhenti sejenak sebelum melakukan pembelian, terutama jika kamu berbelanja online. Kamu mungkin tergoda untuk memanfaatkan diskon tetapi berhentilah sebentar dan jauhkan diri dari promo tersebut. 

Mulai membiasakan diri untuk tidak sering berbelanja online atau menahan diri untuk tidak tergoda dengan promo yang ditawarkan e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper