Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Tips Memulai Bisnis Agar Laris dan Untung

Kamu perlu menyiapkan berbagai hal seperti perencanaan bisnis, Unique Selling Point, modal, dan mendapatkan investasi.
Tips bisnis planning/istimewa
Tips bisnis planning/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Ketika memulai sebuah bisnis, kamu harus memperhatikan dan mempelajari banyak hal agar apa yang kamu mulai tidak mengalami kegagalan. 

Memulai sebuah bisnis bukanlah suatu hal yang gampang, sebab kamu perlu menyiapkan berbagai hal seperti perencanaan bisnis, Unique Selling Point, modal, dan mendapatkan investasi.

Semua hal itu harus mampu kerjakan dan siapkan untuk memulai bisnis mu. Kamu harus punya keberanian dan kemampuan dalam memimpin karyawan mu ketika bisnis mu telah berkembang. 

Tips memulai bisnis: 

1. Membangun Bisnis Berdasarkan Kemampuan dan Pengetahuan yang Dimiliki 

Daripada menjelajah ke wilayah yang belum dipetakan, pastikan kamu membangun bisnis berdasarkan keterampilan dan pengetahuan kamu  Semakin sedikit kamu bergantung pada sumber luar, semakin baik. Ketika bisnis dibangun berdasarkan keahlian pribadi, kamu dapat menghilangkan konsultan dan bantuan dari luar.

Selain itu, memiliki pengetahuan tersebut terkadang merupakan satu-satunya hal yang diperlukan agar berhasil terjun ke dunia wirausaha.

2. Yakinkan Semua Orang Tentang Bisnismu

Beri tahu keluarga, teman, kontak bisnis, dan kolega lama tentang bisnis baru kamu. Telepon, kirim email, dan jadikan usaha baru dikenal di profil media sosial. 

Teman dan anggota keluarga kamu dapat membantu menyebarkan berita, dan kontak bisnis sebelumnya juga dapat memperkenalkan merek ke kontak profesional mereka. Jenis pemasaran akar rumput ini dapat membantu memperkenalkan perusahaan kamu ke khalayak yang lebih luas.

3. Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Kamu akan memiliki banyak pengeluaran, dan ada beberapa pengeluaran yang tidak dapat dihindari. Namun yang bisa kamu hindari adalah pengeluaran berlebihan. 

Ambil sesuatu yang sederhana seperti kartu nama. Kamu dapat mengeluarkan Rp1 juta untuk 500 kartu nama logam yang memberikan kesan "keren", atau kamu dapat membelanjakan Rp500.000 untuk 500 kartu nama tradisional. Berhemat di awal dapat menjadi pembeda antara kesuksesan dan kegagalan bisnis.

4. Hindari Penggunaan Kartu Kredit Berlebih 

Ada cara cerdas dan cara bunuh diri dalam menggunakan kredit saat memulai bisnis. Komputer baru, perabot kantor, telepon dan perlengkapan semuanya dapat bertambah dengan cepat. Daripada membeli semuanya sekaligus dan membuang semuanya ke kartu kredit, gunakan pendapatan perusahaan untuk membiayai pengeluaran. 

Menghilangkan stres dan beban hutang akan sangat meningkatkan peluang menciptakan bisnis yang sukses.

5. Bangun Ekuitas Keringat

Ketika kamu pertama kali memulai bisnis kamu harus bekerja sepanjang waktu, menangani setiap aspek bisnis serta pemasaran dan pertumbuhan. 

Semua kerja keras dan hari-hari panjang yang kamu lakukan tidak sia-sia. Kamu sedang membangun merek dan kerja keras pada dasarnya meningkatkan nilai bisnis kamu. Ekuitas keringat kamu akan ikut berperan jika kamu memutuskan untuk menjual sebagian dari perusahaan atau mengambil mitra.

6. Manfaatkan Periklanan dan Pemasaran Gratis

Ada beberapa cara untuk menghasilkan gebrakan bagi bisnis kamu tanpa mengeluarkan banyak uang. Media sosial adalah cara terbaik untuk mendapatkan eksposur dan berinteraksi dengan calon pelanggan. Kamu juga dapat menjangkau media lokal dan menawarkan keahlian.

Jalin kontak media lokal sebanyak mungkin dan tanggapi permintaan mereka. Hal ini dapat menyebabkan mereka menggap kamu sebagai otoritas lokal, sehingga menghasilkan banyak kebebasan pers untuk bisnis kamu. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler