Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Kampanye Pemilu 2024, Berikut Sederet Bisnis yang Bakal Cuan

Delapan jenis bisnis yang bisa meraup banyak untung menjelang pemilu.
Ilustrasi sablon
Ilustrasi sablon

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam tiga bulan Indonesia akan merayakan pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) serentak. Hal ini bisa menjadi peluang cuan tersendiri bagi sejumlah bisnis. 

Beberapa bisnis yang bisa meraup banyak keuntungan dari periode pesta demokrasi ini antara lain percetakan dan desain. 

Pasalnya, partai-partai akan memerlukan produk jasa dan barang untuk melakukan kampanye di seluruh Indonesia. 

Berikut ini sederet bisnis yang bisa meraup banyak keuntungan di masa kampanye menjelang pemilu serentak:

1. Bisnis Percetakan

Membuka bisnis percetakan bisa memberikan peluang keuntungan yang besar terutama dengan adanya momentum pemilu. 

Sepanjang masa kampanye, tingkap kebutuhan akan produk cetak seperti baliho, spanduk, brosur, selebaran, banner hingga kartu nama akan semakin meningkat. 

Selain itu, kini partai dan politisi juga rela mengeluarkan uang lebih untuk membuat souvenir yang punya nilai kegunaan bagi para calon pemilih, misalnya mug, kalender, gantungan kunci, dan lainnya.

Tak hanya dari politisi, KPU (Komisi Pemilihan Umum) juga akan mencetak surat suara yang akan dikirimkan ke seluruh Indonesia. Hal ini dapat menjadikan bisnis percetakan meraih omzet lebih banyak dari hari biasa.

Semakin canggih peralatan yang dimiliki bisnis percetakan juga akan membuka pintu keuntungan semakin besar, karena kapasitas dan jenis barang yang bisa dicetak tentunya bisa menjadi lebih banyak.

2. Bisnis Konveksi dan Sablon

Konveksi menjadi juga menjadi salah satu bisnis yang bisa meraup untung besar menjelang pemilu. Pada masa kampanye, usaha konveksi pasti banyak mendapatkan pesanan dari berbagai partai peserta pemilu. 

Saat kampanye, mereka akan berlomba membuat tak hanya kaos, tapi juga topi, tas, maupun bendera, di mana semakin banyak disebarkan, maka nama calon legislatif dan partai mereka akan semakin terkenal. 

Barang-barang itu nantinya digunakan untuk mendukung aktivitas kampanye di berbagai daerah di Indonesia. Potensi pasar dari bisnis ini bisa dijadikan peluang bisnis jelang Pemilu.

3. Bisnis Event Organizer

Di masa kampanye, akan banyak acara yang dilakukan baik oleh partai maupun oleh KPU. Sebagai event organizer memiliki tugas untuk mengelola suatu acara mulai dari konsep acara, perencanaan sistem acara hingga berjalan nya suatu acara. 

Dalam masa pemilu, jasa event organizer akan banyak digunakan oleh partai politik maupun calon presiden, calon wakil presiden, sampai calon legislatif saat berkampanye. 

Para tim sukses dari para partai pasti akan sering menggelar berbagai acara yang akan dihadiri oleh banyak warga dengan tujuan meningkatkan dukungan. Sehingga jasa event organizer akan sangat membantu dalam mensukseskan jalannya kampanye.  

4. Jasa Desain Grafis 

Tak hanya dicetak di mana-mana, para calon presiden, wakil presiden, dan calon legislatif yang tengah berkampanye akan banyak menggunakan jasa desain grafis untuk poster, billboard, baliho, kaos, sampai konten di media sosial. 

Apalagi, saat ini banyak anak muda yang akan menjadi pemilih, oleh karena itu, semakin menarik desain yang ditampilkan akan lebih menarik bagi para pemilih muda. 

Bagi yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis yang dapat dicoba di masa kampanye dan menjelang pemilu.

5. Bisnis Aksesoris

Bisnis penjualan aksesoris juga memiliki potensi besar di masa kampanye menjelang pemilihan umum 2024.

Aksesoris bertema politik yang memiliki nilai guna seperti pin, gantungan kunci, topi, dan lainnya biasanya diminati oleh para pendukung para calon dan partai sebagai bentuk dukungan mereka. 

Berbagai aksesoris politik bisa menjadi tren di masa kampanye, dan jika bisa berhasil menangkap tren tersebut, potensi keuntungan yang didapatkan bisa sangat signifikan.

6. Bisnis Jasa Pengelolaan Konten Media Sosial

Media sosial saat ini sangat berguna, termasuk untuk melakukan kampanye. Oleh karena itu, bisnis jasa konten dan pengelolaan media sosial juga akan mendapat angin segar.

Dengan banyaknya pengguna media sosial saat ini, banyak kandidat dan partai politik juga memanfaatkan media sosial untuk kampanye, sehingga permintaan akan jasa ini meningkat.

Namun, satu yang perlu diperhatikan adalah bahwa keberhasilan bisnis ini bergantung pada pemahaman terhadap tren media sosial, keterampilan merancang strategi konten, dan kemampuan untuk menjangkau dan melibatkan audiens dengan efektif.

7. Jasa Sewa Tenda dan Sound System

Seperti halnya event organizer, jasa ini sangat diperlukan karena partai atau para calon presiden dan legislatif akan sering menggelar acara. 

Dari sekadar pertemuan kecil hingga acara besar, kandidat dan partai politik memerlukan tempat berkumpul lengkap dengan peralatan audio yang berkualitas untuk menyampaikan pesan mereka.

Dengan berinvestasi pada peralatan berkualitas dan menjalin hubungan baik dengan penyedia jasa lainnya, peluang ini juga salah satu usaha yang bisa mendulang banyak pundi-pundi cuan menjelang pemilu 2024.

8. Bisnis Katering

Katering bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di masa kampanye. Pasalnya, makanan selalu dibutuhkan dan wajib hadir dalam tiap pertemuan. 

Usaha katering tidak melulu harus selalu menyediakan makanan berat. Bisa juga menyediakan panganan lainnya, seperti katering khusus makanan ringan atau camilan dan kue. 

Jika baru memulai bisnis ini, bisa memulai dengan menawarkan kerja sama dengan pihak katering lain untuk membantu menggarap order dengan harga bersaing. Bila ada kecocokan, bukan tidak mungkin hubungan bisnis tersebut akan langgeng hingga pelaksanaan Pemilu tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper