Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Sumber Dividen ke Kantong Bill Gates, Hampir Rp7 Triliun per Tahun

Bill Gates mengantongi pendapatan hampir US$500 juta per tahun dari dividen saham yang dimilikinya.
Telegraph.co.uk
Telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Bill Gates, orang terkaya ketujuh di dunia, memiliki ketertarikan terhadap pendapatan pasif dari dividen saham. 

Preferensi investasi ini jelas tercermin dalam dividen hingga hampir US$500 juta atau tepatnya US$464,5 juta yang dia peroleh setiap tahun dari portofolio sahamnya.

Strategi investasi Gates, yang berakar pada pemilihan perusahaan dengan imbal hasil dividen yang kuat, menunjukkan komitmennya terhadap aliran pendapatan jangka panjang yang stabil.  

Berdasarkan pengajuan 13F terbaru dari Bill & Melinda Gates Foundation Trust mengungkapkan bahwa sebagian besar pendapatan untuk yayasan ini dihasilkan dari lima saham utama dalam portofolio Bill Gates.

Berikut 5 sumber portofolio penghasil dividen Bill Gates

1. Canadian National Railway (CNI)

Canadian National Railway adalah perusahaan transportasi dan logistik terkemuka di Amerika Utara, dan adalah bagian penting dari portofolio Gates. Dia memegang 54.826.786 saham, senilai sekitar US$6,33 miliar. 

Dividen kuartalan perusahaan ini sebesar US$0,57 per saham dan menghasilkan pendapatan tahunan untuk Gates sebesar US$125 juta dari investasi ini.

2. Microsoft Corp (MSFT)

Sebagai pendiri Microsoft, investasi Gates pada raksasa teknologi tersebut tetap menjadi bagian penting dari portofolionya. Dengan 39.286.170 lembar saham di tangan, dan menyusul peningkatan dividen kuartalannya baru-baru ini dari US$0,68 menjadi US$0,75 per saham. 

Dari dividen tersebut, pendapatan dividen tahunan Gates dari Microsoft berjumlah US$117,85 juta. Investasi ini tidak hanya menandakan pengakuan atas warisannya namun juga keyakinannya terhadap inovasi berkelanjutan dan dominasi pasar perusahaan.

3. Waste Management Inc. (WM)

Waste Management Inc., perusahaan pengelolaan limbah terbesar di Amerika Utara, sejalan dengan prinsip investasi berkelanjutan Gates. Gates memiliki 35.234.344 saham, bernilai sekitar US$6,06 miliar.  

Dengan dividen kuartalan per saham sebesar US$0,70, pendapatan tahunannya adalah US$98,65 juta. 

4. Caterpillar Inc (CAT)

Caterpillar Inc., yang terkenal dengan peralatan konstruksi dan pertambangannya, adalah bagian penting lainnya dari portofolio Gates. Dia memiliki 7.353.614 saham, senilai sekitar US$1,82 miliar.  

Dividen kuartalannya sebesar US$1,30 per saham menjadikan pendapatan tahunannya dari Caterpillar menjadi US$38,23 juta. 

5. Deere & Co (DE)

Deere & Co, pemimpin di bidang mesin pertanian dan konstruksi, merupakan investasi yang signifikan bagi Gates. Dia memegang 3.917.693 saham, bernilai sekitar US$1,45 miliar. 

Dengan dividen US$1,35 per saham, pendapatan tahunan Gates dari Deere adalah US$21,15 juta.

Kelima investasi ini menyumbang hampir US$401 juta terhadap pendapatan dividen tahunan Gates. 

Meskipun strategi investasi Gates sangat sukses, penting bagi investor individu untuk mengingat bahwa meniru strategi investor terkemuka seperti Gates mungkin tidak selalu sejalan dengan tujuan keuangan pribadi atau toleransi risiko mereka. 

Setiap investor tetap harus menyesuaikan pendekatan mereka dengan situasi keuangan unik dan tujuan investasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper