Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah dan Profil Pemilik KFC Indonesia

Berikut ini profil pemilik KFC Indonesia lengkap dengan sejarah dan kekayaannya.
Muhammad Rizky Nurawan, Rendi Mahendra
Kamis, 4 Januari 2024 | 15:05
Pemilik KFC Indonesia, Dick Gelael/Dok KFC
Pemilik KFC Indonesia, Dick Gelael/Dok KFC

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak pertama kali berdiri pada Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, KFC (Kentucky Fried Chicken) Indonesia telah menemani masyarakat Indonesia dengan menu ikoniknya, ayam krispi. Lantas siapa pemilik KFC Indonesia? Berikut ini profil dan penjelasannya.

Gerai pertama KFC Indonesia pertama kali berdiri pada Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta. Gerai ini pun sukses hingga dibuka cabang baru seperti di Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar hingga Manado.

Kini, KFC Indonesia memiliki lebih dari 714 gerai yang tersebar di berbagai kota dan wilayah di Indonesia, termasuk Papua.

Profil Pemilik KFC Indonesia

Adapun kisah sukses KFC di Indonesia tak bisa lepas dari nama Dick Gelael. Dia adalah orang Indonesia yang memperoleh hak lisensi waralaba KFC dari Amerika Serikat.

Ilustrasi KFC Pertama di Indonesia, letaknya di Melawai Jakarta/Dok KFC
Ilustrasi KFC Pertama di Indonesia, letaknya di Melawai Jakarta/Dok KFC

Seiring berjalannya waktu, Dick Gelael berhasil membangun empat perusahaan besar, termasuk PT Gelael Supermarket, PT Fast Food Indonesia Tbk, PT Finindo Foods Indonesia, dan PT Aneka Satwitra Sari Food. 

Namun, titik puncak kesuksesannya terwujud ketika dia memperkenalkan merek KFC ke Indonesia melalui PT Fast Food Indonesia.

Bersama dengan istrinya, Elizabeth, dan anak-anak mereka, Dick Gelael memimpin perusahaan ini. Anthony Salim kemudian bergabung sebagai Presiden Komisaris, sementara Dick sendiri menjabat sebagai Presiden Direktur.

PT Gelael Pratama dikenal  sebagai pemilik KFC Indonesia karena menguasai 39,84% saham di PT Fast Food Indonesia yang mengelola KFC Indonesia.

Bahkan pada 31 Maret 2021, kepemilikan PT Gelael Pratama dalam perusahaan tersebut naik menjadi 40,00%, menunjukkan komitmen mereka dalam perusahaan ini.

Dilansir dari data per 28 Februari 2021, pemegang saham mayoritas dari PT Gelael Pratama adalah Elisabeth Gelael, istri dari pendiri PT Fast Food Indonesia, Dick Gelael.

Elisabeth Gelael memiliki 67,5% saham di PT Gelael Pratama, menunjukkan peran yang signifikan dalam kepemilikan saham perusahaan.

Ricardo Gelael, anak dari Dick dan Elisabeth Gelael, juga memiliki andil dalam perusahaan ini. Dengan kepemilikan saham sebesar 10,25%, Ricardo Gelael adalah bagian penting dari pemegang saham di PT Gelael Pratama.

Selain anggota keluarga Gelael, sejumlah nama juga tercatat sebagai pemegang saham PT Fast Food Indonesia.

Sepert Rudy Tanudjaja Saputra, Martin Tanudjaja, dan Salim Group juga terdaftar sebagai pemegang saham dalam perusahaan tersebut.

Dukungan dari keluarga Gelael serta pemegang saham lainnya telah menjadi faktor penting dalam kesuksesan KFC Indonesia, menjadikannya sebagai salah satu restoran cepat saji yang paling dikenal dan diminati di negeri ini.

Kekayaan Pemilik KFC Indonesia

Di balik kesuksesan bisnis KFC di Indonesia, terdapat kisah sukses seorang pria muda yang berhasil meraih pencapaian gemilang. Ricardo Gelael, anak dari pendiri KFC Indonesia, Dick Gelael, telah menorehkan namanya dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Ricardo Gelael, Anak Pendiri KFC Indonesia sekaligus Direktur Utama KFC Indonesia
Ricardo Gelael, Anak Pendiri KFC Indonesia sekaligus Direktur Utama KFC Indonesia

Pada tahun 2016, Ricardo Gelael mencapai peringkat ke-135 orang terkaya di Indonesia. Total kekayaannya pada saat itu diperkirakan mencapai US$185 juta atau setara dengan Rp2,6 triliun. Kesuksesannya pada saat itu sudah memperlihatkan jejak yang mengesankan dalam mengelola bisnis dan kekayaan keluarga.

Namun, pencapaian itu tidak berhenti di situ. Tiga tahun kemudian, pada tahun 2019, Ricardo Gelael mengalami peningkatan kekayaan yang signifikan. Kekayaan bersihnya melonjak menjadi US$225 juta atau sekitar Rp3,3 triliun. Peningkatan yang luar biasa ini menunjukkan kemampuan dan komitmen Ricardo dalam mengelola bisnis dan aset keluarga dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper