Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuasai 5 Bank di Indonesia, Intip Kekayaan Chairul Tanjung Salip Pendiri Mayapada

Simak posisi konglomerat atau crazy rich Indonesia yang menguasai 5 bank di Tanah Air.
Ultimate Shareholder PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) Chairul Tanjung memberikan keterangan pers usai rights issue Allo Bank di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Ultimate Shareholder PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) Chairul Tanjung memberikan keterangan pers usai rights issue Allo Bank di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu crazy rich Indonesia, Chairul Tanjung, melalui PT Mega Corpora secara langsung maupun tidak langsung menguasai lima bank di Tanah Air. Lantas, seberapa besar kekayaannya?

Melansir dari Forbes The Real Time Billionairs List per 16 Maret 2024, dirinya berada di posisi ke-6 orang terkaya RI dengan harta US$5,4 miliar atau setara dengan Rp84,49 triliun (kurs Rp15.646)

Posisinya menyalip keluarga Dato Sri Tahir, pemilik PT Bank Mayapada Internasional Tbk. (MAYA) yang berada di posisi ke-7 orang terkaya RI. Tercatat, harta kekayaannya sebesar US$5 miliar atau setara dengan Rp78,23 triliun.

Sementara itu, Hartono bersaudara pemilik PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) masih terus unggul dan masuk dalam daftar lima besar orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan Budi Hartono dan Michael Hartono masing-masing sebesar US$26,5 miliar atau Rp414,63 triliun dan US$25,5 miliar atau Rp398,99 triliun.

Adapun, Chairul Tanjung menjadi konglomerat yang menguasai bank terbanyak. Perinciannya, tiga bank berstatus anak usaha yakni PT Bank Mega Tbk. (MEGA), PT Bank Mega Syariah, serta PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI). 

Tak hanya itu, Chairul Tanjung melalui Mega Corpora juga terpantau menggenggam kepemilikan saham di beberapa bank daerah, seperti di Bank Sulteng yang memiliki 24,9% saham dan menggenggam sebanyak 24,82% di Bank Sulutgo.

Berdasarkan laporan keuangan, rata-rata bank besutan konglomerat terkaya ke-6 di Tanah Air versi Forbes ini mencatatkan peningkatan dari sisi rasio profitabilitasnya yang beragam. 

Tingkat pengembalian ekuitas (return on equity/ROE) Bank Mega misalnya berada di level 17,62%, susut 553 basis poin (bps) dari 23,15% pada 2022. 

Nasib sama juga terjadi pada kedua bank daerahnya, di mana Bank Sulteng mencatatkan ROE 19,9%, susut 27 bps dari sebelumnya 20,17% dan Bank Sulutgo dengan capaian ROE 15,07% dari sebelumnya 16,5%. 

Selanjutnya Bank Mega Syariah mencatatkan penyusutan ROE ke level 10,47% pada kuartal III/2023, dari sebelumnya 13,44% pada kuartal III/2022. 

Menariknya, apabila ROE MEGA hingga Mega Syariah harus terkoreksi, justru hanya si anak bungsu, Allo Bank yang mencatatkan rasio imbal balik ekuitas yang membaik. Tercatat, ROE BBHI naik 234 bps menjadi 6,7% pada 2023  

Sebagaimana diketahui, makin tinggi nilai ROE, maka semakin baik kinerja bank dalam menghasilkan laba bersih. Rasio ini menunjukkan tingginya keuntungan yang dihasilkan oleh bank dari setiap nilai yang diinvestasikan pemegang sahamnya. 

Lebih lanjut, sederet bank yang sahamnya dimiliki Mega Corpora pun nyatanya memiliki arah kinerja yang berbeda. Ambil contoh, penyusutan laba dialami Bank Mega, lagi-lagi laba bank digital Allo Bank yang tumbuh perkasa. 

Bukan hanya bank, Chairul Tanjung juga memiliki berbagai bisnis lain termasuk bisnis media. Pendiri CT Corp tersebut dikenal dengan bisnis keuangan, mengoperasikan hypermarket, dan menjalankan stasiun TV. 

Selain itu, Chairul Tanjung juga dikenal memiliki Mega Insurance, PFI Mega Life, Mega Asset dan Mega Capital Sekuritas. Dalam bisnis ritel, Chairul Tanjung memiliki pusat perbelanjaan, yakni Transmart.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper