Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Taipan Dubai, Kota Futuristik yang Dilanda Banjir Terparah dalam 75 Tahun

Deretan orang terkaya di Dubai dan Uni Emirat Arab yang tengah dilanda bencana banjir
Majid Al Futtaim, salah satu taipan Dubai yang dilanda banjir parah/gulftoday
Majid Al Futtaim, salah satu taipan Dubai yang dilanda banjir parah/gulftoday

Bisnis.com, JAKARTA - Kota paling maju dan futuristik di Uni emirat Arab, Dubai, baru-baru ini dilanda bencana hujan terberat dalam 75 tahun, yang menjadi penyebab banjir bandang pada Rabu (17/4/2024).

Curah hujan yang membanjiri jalan-jalan, menumbangkan pohon-pohon palem, dan menghancurkan fasad bangunan, belum pernah terjadi di negara Timur Tengah tersebut sejak pencatatan dimulai pada 1949. 

Di tujuan wisata populer Dubai, penerbangan dibatalkan, lalu lintas terhenti dan sekolah-sekolah ditutup. 

Peristiwa curah hujan ekstrem seperti ini menjadi lebih umum terjadi seiring dengan menghangatnya atmosfer akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia.  

Padahal, Dubai merupakan salah satu kota yang futuristik di Uni Emirat Arab dan di dunia, tak menjamin kota ini aman dari bencana. 

Dubai juga berada di peringkat ke-28 dalam daftar kota dengan jumlah miliarder tertinggi di dunia, menurut Hurun Global Rich List 2024, sedangkan UEA berada di peringkat ke-22 di antara negara-negara lainnya.

Menurut laporan tersebut, terdapat 21 miliarder di Dubai, meningkat dua orang dari tahun sebelumnya, dan secara umum, UEA menampung 24 miliarder, meningkat 4 orang dari tahun sebelumnya.

Pemeringkatan tahun ini mencakup 3.279 miliarder di seluruh dunia, naik dari 3.112 tahun lalu, dari 2.435 perusahaan dan 73 negara. Secara keseluruhan, jumlah miliarder meningkat sebesar 5 persen, sementara total kekayaan mereka meningkat sebesar 9 persen.

Majid Al Futtaim adalah orang terkaya di Dubai dan orang terkaya di Uni Emirat Arab saat ini setelah mengalahkan semua pesaingnya dengan kekayaan US$6,1 miliar. 

Konglomerat hiburan dan ritel miliknya, Majid Al Futtaim Holdings (MAF), telah menghasilkan kekayaan miliaran dolar sejak dia mendirikannya pada 1992. Keluarga Al Futtaim juga bisa dikatakan merupakan salah satu keluarga terkaya di Dubai.

Selain itu, salah satu miliarder yang juga ada dalam daftar adalah pria berusia 37 tahun bernama Divyank Turakhia yang memiliki kekayaan bersih sebesar US$1,9 miliar.

Kemudian, ada Khaleefa Butti bin Omair Al Muhairi dari NMC Health adalah miliarder termuda di UEA yang berusia 40 tahun dan memiliki kekayaan sekitar US$1,2 miliar.

Ada pula miliarder tertua di UEA adalah pemilik Mashreq Bank, Saif Al Ghurair, dan keluarganya, dengan aset senilai US$1,2 miliar. Namun,  Al Ghurair meninggal tahun lalu pada usia 95 tahun.

Berikut ini deretan orang terkaya di Dubai dan di Uni Emirat Arab sampai dengan awal 2024:

1. Majid Al Futtaim: US$6,1 miliar

2. Abdulla Bin Ahmad Ghurair: US$4,9 miliar

3. Ravi Pillai: US$4,2 miliar

4. Yussuf Ali: US$3,7 miliar

5. Micky Jagtiani: US$3,1 miliar

6. BR Shetty: US$2,6 miliar

7. Sunny Varkey: US$2,6 miliar

8. Abdulla Futtaim: US$2,5 miliar

9. Hussain Sajwani: US$2,1 miliar

10. Saif Al Ghurair: US$1,7 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper