Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Sosok Pengusaha Kopi Tersukses di Indonesia, Terkaya Punya Rp67 Miliar

Sederet pengusaha kopi sukses di Indonesia hingga jadi orang terkaya atau bawa usahanya mendunia.
Edward Tirtanata/instagram
Edward Tirtanata/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis kopi merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan di Indonesia. 

Dengan peminatnya yang tinggi, sejumlah pengusaha kopi di Indonesia dapat meraih kesuksesan bahkan membawa usahanya mendunia. 

Menurut data Badan Pusat Statistik, komoditas kopi menyumbang penerimaan devisa negara hingga US$1,15 miliar pada 2022 lewat volume ekspor yang mencapai 437.560 ton. 

Adapun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kopi di Indonesia mencapai 789.609 ton pada 2023. 

Sementara itu, konsumsinya di dalam negeri mencapai 372.600 ton pada 2023.

Sejalan dengan tingginya tingkat produksi dan konsumsi kopi, toko kopi juga semakin menjamur di Indonesia. Tak jarang para pengusaha kopi tersebut bisa membuka hingga ratusan cabang di Indonesia bahkan membawanya ke luar negeri. 

Berikut ini lima pengusaha yang sukses di Indonesi berkat usaha kopi:

1. James Prananto dan Edward Tirtanata

James Prananto adalah sosok di belakang berdirinya Kopi Kenangan, yang dia dirikan bersama rekannya, Edward Tirtanata. 

James dan Edward merupakan teman semasa kuliah. Mereka meraih gelar lulusan bisnis (MBA) di salah satu universtas di Amerika. 

Sebelumnya, James dan Edward sempat terjun dalam industry Food and Baverage dan membuka rumah teh premium di Jakarta yang bernama Lewis & Carroll (L&C), namun antusiasme masyarakat dinilai tidak sesuai harapan.

Melihat peluang di pasar kopi Indonesia, dia mengembangkan idenya membangun Kopi Kenangan. Hal ini untuk menangkap potensi dari Indonesia sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia serta budaya minum kopnya yang kuat. 

Duo ini melihat adanya kesenjangan dalam pilihan antara kedai kopi pinggir jalan dan kafe kelas atas, dan telah mengambil alih pasar dengan alternatif berkualitas tinggi namun terjangkau.  

Kopi Kenangan telah menjadi jaringan kopi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Pada 2021, mereka juga berhasil mengantongi pendanaan seri C dan menyandang status sebagai perusahaan New Reatil F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara. 

2. Billy Kurniawan

Turut bersaing di kancah kopi kekinian, ada nama Billy Kurniawan di belakang Kopi Janji Jiwa. Selain bisnis kopi, bisnis ini juga membawahi Jiwa Toast dan Jiwa Tea. 

Jiwa Group berhasil menjadi salah satu merek kopi ternama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan bergengsi Brand of The Yeaar dari World Branding Awards pada 2022-2023.

Di balik keberhasilan Jiwa Group, ada peran pendirinya, Billy Kurniawan yang merupakan lulusan Seattle University pada 2017. 

Sebelum sukses dengan Jiwa Group, Billy sudah beberapa kali mencoba berbisnis di berbagai bidang usaha, di antaranya minuman bubble tea dengan merek Calais pada 2017. Kala itu, merek bubble tea tersebut bisa membuka sampai dengan 40 cabang. 

Namun, karena melihat peluang di bisnis kopi, pada 2018 dia mendirikan kopi Janji Jiwa tanpa bantuan investor. Billy merogoh modal Rp70 juta dari kantongnya sendiri, yang merupakan hasil dari usahanya sebelumnya. 

Gerai pertama Janji Jiwa dibuka di ITC Kuningan, kini Janji Jiwa telah membuka lebih dari 700 gerai di seluruh Indonesia

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper