Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menilik Kekayaan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Punya Mobil Mewah Terbanyak di Dunia

Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, jadi pemilik mobil mewah terbanyak di dunia mencapai 7.000 unit.
Sultan Brunnei Hassanal Bolkiah/reuters
Sultan Brunnei Hassanal Bolkiah/reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Memiliki sederet mobil mewah bisa jadi simbol kekayaan seseorang. Tapi yang satu ini benar-benar definisi Sultan, dengan koleksi 7.000 mobil mewah

Mengutip Fox News, koleksi mobil pribadi terbesar di dunia dimiliki oleh Hassanal Bolkiah ibni Omar Ali Saifuddien III. Garasinya dipenuhi dengan kendaraan mewah dengan harga yang mahal.

Sultan ini adalah raja yang memerintah paling lama kedua di dunia, setelah mendiang Ratu Elizabeth II. Hassanal Bolkiah lahir pada 15 Juli 1946, dia berada di urutan kedua pewaris tahta. Dia lulus dari Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, dan pada 1967 dan langsung menjadi Sultan Brunei.

Koleksi mobil raja yang kaya raya ini dipenuhi dengan lebih dari 7.000 kendaraan dan diperkirakan bernilai US$5 miliar.

Dengan ribuan koleksi mobilnya, dia juga memegang Rekor Dunia Guinness resmi untuk mobil Rolls-Royce miliknya, khususnya, dengan 500 mobil mewah sebagai bagian dari keseluruhan koleksinya. 

Mengutip sejumlah sumber, sekarang ada 600 mobil dalam koleksinya. Sejak 1990-an, keluarga tersebut diyakini telah membeli hampir setengah dari semua kendaraan mewah yang terjual.

GQ melansir, salah satu koleksinya adalah Rolls-Royce yang dirancang khusus yang disajikan dengan atap terbuka, payung di atasnya, dan banyak emas yang menutupi bagian luarnya.

Merek mobil mewah lain yang menjadi koleksi sultan adalah Porsche, Lamborghini, Maybach, Jaguar, BMW, Ferrari, McLaren, Jaguar, dan Bentley.

Hassanal Bolkiah diperkirakan memiliki kekayaan bersih US$30 miliar, dengan sebagian besar uangnya berasal dari cadangan minyak dan gas alam.

Tak sampai di situ, koleksi mobil sultan bukanlah satu-satunya simbol kekayaannya, dan bukan satu-satunya hal yang membuatnya menjadi pemegang rekor. 

Istana Nurul Iman, tempat tinggal sultan, memegang rekor sebagai istana hunian terbesar di dunia, menurut Guinness World Records. Istana ini berukuran lebih dari 2 juta kaki persegi dan dihiasi emas 22 karat. Istana ini memiliki lima kolam renang, lebih dari 1.700 kamar tidur, dan 257 kamar mandi.

Istana yang sangat besar ini juga dilengkapi dengan aula yang siap menampung 5.000 tamu, kandang ber-AC untuk 200 kuda polo, sebuah masjid dan, tentu saja, 110 garasi.

Istana ini rampung dibangun pada 1984, dengan konstruksi yang dilakukan oleh Ayala Corp. dan desain interior yang dilakukan oleh Khuan Chew, menurut Guinness World Records. Total biaya pembangunan istana ini sekitar US$1,4 miliar.

Miliarder ini juga merupakan pemilik kebun binatang pribadinya, yang memiliki 30 harimau Bengal serta berbagai jenis burung, seperti flamingo dan kakatua, menurut Insider.

Sultan ini memiliki banyak pilihan mobil untuk dikendarai di jalan dan juga merupakan pemilik Boeing 747.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper