Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Inovasi, Jangan Ditawar

Bisnis.com, JAKARTA - Peran inovasi untuk mendongrak asset perusahaan atau menciptakan sukses benar-benar menjadi hal yang tidak bisa disepelekan. Jika Ciputra mengatakan  tiga hal rahasia tersebut yakni wisdom, integrity, innovation ternyata benar

Bisnis.com, JAKARTA - Peran inovasi untuk mendongrak asset perusahaan atau menciptakan sukses benar-benar menjadi hal yang tidak bisa disepelekan. Jika Ciputra mengatakan  tiga hal rahasia tersebut yakni wisdom, integrity, innovation ternyata benar adanya.

Dalam kisah Belajar dari Ciputra, tokoh entrepreneur yang lahir di kota kecil Parigi, Sulawesi Tengah pada  24 Agustus 1931, menggambarkan kebenaran itu secar gamblang. Inovasi yang menjadikan reputasi Ciputra di sektor properti tak ayal lagi kian sulit ditandingi juga justru menggiring para pelaku di sektor itu [property]  juga mengedepankan arti kata inovasi dalam berbisnis.

Dalam membangun properti, Ciputra tidak asal-asalan. Dengan inovasi yang melahirkan konsep  prinsip bangunan hijau (green property) di setiap proyeknya, mampu membuat proyek property Ciputra terlihat berbeda. Apalagi konsep –yang selama ini tidak dijamah-- green property diarahkan pada upaya penghematan energi, sehingga biaya perawatan bangunan serta emisi buang karbon berkurang. 

Konsep tersebut direalisasikan dengan penggunaan double glass pada gedung bertingkat untuk mengurangi efek negatif panas matahari. Penggunaan double glass diperkirakan bisa menekan energi hingga 35%. Tidak hanya itu, Ciputra Group juga melakukan inovasi di sektor lainnya yang tentu saja masih terkait. Yakni menerapkan pengelolaan air buangan untuk dimanfaatkan kembali.

Ciputra Group juga mengadopsi fitur bangunan hijau pada sejumlah rumah tapak dengan mendesain rumah banyak jendela. Realisasinya lainnya adalah pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi lampu jalan dan taman. Salah satu proyek Ciputra yang mendapatkan setifikasi bangunan hijau adalah Ciputra World Jakarta.

Penerapan konsep green property sebenarnya menciptakan keunggulan baru atau diferensiasi bagi proyek-proyek Ciputra. Green property menjadi kekhasan produk Ciputra dalam menuai sukses.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia, Setyo Maharso komitmen green property belum banyak diikuti para pengembang karena belum tersedianya insentif. Karenanya ia mengapresiasi Ciputra yang berkomitmen tinggi untuk menjalankan konsep green property.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper