Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA - Layaknya kain-kain tradisional yang ada di Indonesia, ulos memiliki ragam motif nan unik. Corak ulos biasanya dipenuhi dengan aksen kotak, bulat, dan segitiga. Perajin ulos juga menyisipkan gambar rumah tradisional dan binatang ke dalam kain kebanggan masyarakat Sumatra Utara ini.

Meski demikian, Christine mengaku tidak semua ulos bisa diadaptasi menjadi motif batik. “Ada ulos khusus yang dipakai saat upacara kematian, kami tentu saja tidak menerapkannya untuk kain batik,” ungkapnya.

Tim desain Oelinai Batik mengambil inspirasi dari kain ulos yang berasal dari daerah Tarutung dan Toba. Selain coraknya unik, ulos dari dua daerah ini memiliki warna-warni nan cerah. Tak heran, kain ini memiliki tampilan cantik dan menarik.

Proses pembuatan tekstil batik motif ulos terbilang rumit. Mulanya, Christine dan David mencari motif ulos yang unik. Setelah itu, dia memberikan kain ulos tersebut ke perajin batik langganan untuk dituangkan ke atas permukaan kain katun, sutra, dan viscose.

Christine mengakui proses membatik motif ulos ini memakan waktu cukup lama. “Butuh waktu sekitar 3—6 bulan untuk  menghasilkan selembar kain batik Batak. Proses pembuatan terbilang lama karena motif ulos itu cukup rumit. Detail gambar dan presisinya harus benar-benar pas,” ujar perempuan tinggal di Jakarta ini.

Setelah kain tersebut jadi, Christine dan David menggambar desain pakaian jadi untuk pria dan wanita yang trendi. Kombinasi antara corak ulos nan tradisional dan model baju modern membuat batik khas Batak ini digemari oleh berbagai kalangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler