Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Peluang yang Muncul di Masa Pandemi

Sebut saja wabah pes pada tahun 1300-an yang setelahnya menyebabkan kehidupan yang lebih modern. Epidemi kolera pada pertengahan 1800-an telah meningkatkan taman kota dan infrastruktur secara besar-besaran
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  13:13 WIB
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA --Selalu ada hikmah di balik semua masalah. Itu pula yang sepertinya terjadi di masa pandemi Covid-19. Sejarah membuktikan bahwa setelah peristiwa yang mengerikan akan terjadi transformasi besar.

Sebut saja wabah pes pada tahun 1300-an yang setelahnya menyebabkan kehidupan yang lebih modern. Epidemi kolera pada pertengahan 1800-an telah meningkatkan taman kota dan infrastruktur secara besar-besaran. Begitu pula dengan Flu Spanyol pada 1918 yang berhasil merevolusi layanan kesehatan.

Dari sejarah tersebut kita bisa memahami bahwa di balik Pandemi Covid-19 ini juga ada hal baik yang akan segera datang.

1. Memunculkan Ide-Ide Baru

Michele Moody-Adam, seorang professor Filsafat, Politik, dan Teori Hukum di Universitas Columbia mengatakan bahwa momen krisis ini akan menunjukkan kepada kita bahwa cara kita melakukan sesuatu sebenarnya telah menghambat keberadaan kita.

Pada masa sebelum virus corona ini muncul banyak orang yang berpikir bahwa segala sesuatu terjadi karena memang selalu begitu, sebab tidak banyak orang yang menyukai perubahan. “Mereka tidak ingin berpikir terlalu keras tentang apa yang dilakukan. Hari ini, semua harus dipertimbangkan, tidak ada yang diterima begitu saja. Artinya kita dapat menemukan kemauan untuk membuat perubahan besar,” ujarnya, seperti dikutip dari entrepreneur.com.

Brian Berkey, asisten profesor studi hukum dan etika bisnis di sekolah bisnis Wharton University of Pennsylvania mengatakan krisis seperti ini akan memberi kesempatan kepada kita untuk menuangkan ide-ide hebat yang sebelumnya sempat tidak bisa diwujudkan.

“Menemukan kembali bisnis Anda? Tampaknya mungkin sekarang waktunya. Menciptakan solusi baru untuk masalah sosial yang sulit diatasi, yang tidak ditanggapi dengan serius oleh siapa pun hingga COVID-19 mengungkapkannya,” tegasnya.

2. Krisis menciptakan kebutuhan baru

Pandemi Covid-19 ini telah menciptakan kebutuhan baru yang perlu Anda pecahkan. Sebagai seorang pengusaha, kita harus dapat melihat ada peluang baru di balik ini semua. Sebab, bisnis yang baik itu adalah sebuah inovasi yang dibuat sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.

Ingatkah, beberapa bulan lalu, ketika sebagian besar perusahaan menentang kerja jarak jauh, pada saat itu ada pasar terbatas untuk alat yang mendukung pekerja jarak jauh, itulah sebabnya ada begitu sedikit pilihan seperti Zoom.

Namun sekarang, semuanya telah berubah. Virus ini mengacak cara kita hidup dan bekerja, dan menciptakan semua jenis pasar baru. Semakin banyak pekerja jarak jauh berarti ada kebutuhan untuk variasi yang lebih luas dari sistem konferensi video dan alur kerja - dan gelombang baru startup dapat bangkit untuk menawarkan solusi.

3. Membuat Aturan Jadi Lebih Mudah

Sebelum COVID-19, Anda tidak bisa berjalan ke restoran lokal dan menikmati koktail. Sekarang kamu bisa. Mengapa? Karena hukum diubah. Sebelum COVID-19, Anda tidak dapat berbicara dengan dokter Anda tentang Zoom atau FaceTime. Sekarang kamu bisa. Mengapa? Karena semua aturan telah berubah.

Ada banyak contoh seperti ini - perubahan aturan cepat yang membuat hidup lebih mudah bagi semua orang. Akibatnya, bisnis telah mampu melayani pelanggan dengan cara baru, dan perusahaan telah mampu berinovasi solusi baru.

“Saya benar-benar optimis bahwa jika kita secara permanen mengabaikan peraturan ini, Anda akan melihat manfaat besar,” ujar Alec Stapp, direktur kebijakan teknologi di Progressive Policy Institute.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top