Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Warren Buffett Ternyata Sangat Menghemat Pengeluarannya

Warren Buffett sebagai orang terkaya keenam di dunia ternyata sangat menghemat pengeluarannya.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  22:30 WIB
Warren Buffet mengaku bahwa benda termahal yang dibeli adalah jet. Jet pribadi ini banyak menghemat pengeluarannya ketika melakukan perjalanan - memolition.com
Warren Buffet mengaku bahwa benda termahal yang dibeli adalah jet. Jet pribadi ini banyak menghemat pengeluarannya ketika melakukan perjalanan - memolition.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Meskipun termasuk di antara orang terkaya di Bumi, Oracle dari Omaha, Warren Buffett, menjalani kehidupan yang cukup hemat jika dibandingkan dengan gaya hidup miliarder lainnya.

CEO Berkshire Hathaway dan orang terkaya keenam di dunia itu dapat hidup dengan kekayaan bersih sebesar US$78,4 miliar per 26 Agustus 2020, di Bloomberg Billionaires Index, tetapi dia tidak memiliki rumah mewah besar, supercar, dan yacht.

Dia termasuk di antara sedikit orang super kaya yang tidak percaya pada kehidupan seukuran raja atau terlibat dalam pertunjukan kekayaan yang indah. Misalnya, Buffett selalu sarapan di McDonalds dengan hanya menghabiskan tidak lebih dari US$3,17 setiap kali makan, seperti dikutip melalui Financial Express, Rabu (26/8/2020).

Ponselnya, hingga Februari tahun ini, adalah ponsel flip Samsung SCH-U320 seharga US$20 yang dia gunakan selama bertahun-tahun meski memiliki sekitar 5,9 persen saham di perusahaan seperti Apple. Namun, kini ponselnya telah diupgrade menjadi iPhone 11.

"Anda melihat seorang pria berusia 89 tahun yang baru saja mulai menggunakannya," kata Buffett kepada CNBC pada Februari lalu, mengakui bahwa menggunakan ponselnya hanya untuk panggilan telepon, bukan fasilitasnya seperti kebanyakan orang.

Untuk rumah yang dia tinggali, dia membelinya dengan harga sebesar US$31.500 pada tahun 1958, yang sekarang menurut laporan Wealth-X bernilai sekitar US$1 juta.

Rumah itu memiliki lima kamar tidur dan 2,5 kamar mandi. Pada tahun 2012, Buffett pernah mengatakan bahwa dia tidak pernah memiliki keinginan besar untuk memiliki banyak rumah dan segala macam barang dan banyak mobil.

Namun, dia membeli rumah dengan enam kamar tidur, tujuh kamar mandi, dan banyak balkon seharga US$150.000 pada tahun 1971 yang ia jual seharga US$7,5 juta pada tahun 2018.

Dulu, Buffet mengendarai mobilnya Cadillac DTS 2006 dan dia menggantinya dengan sedan mewah Cadillac XTS pada tahun 2014, seharga US$46.000. Itu juga dia lakukan setelah putrinya, Susie, meyakinkannya bahwa mengendarai mobil tua itu memalukan.

Pilihan Buffett untuk mobil Cadillac kemungkinan besar berasal dari 5,2 persen saham Berkshire Hathaway di perusahaan induk merek tersebut, General Motors.

Selain mobil, Buffett sebelumnya mengatakan bahwa salah satu barang mewah yang dimilikinya adalah jet pribadi yang membantunya menghemat banyak waktu perjalanan.

"Pesawat jet adalah satu-satunya hal yang saya beli yang menghabiskan banyak uang," katanya pada tahun 2012 lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang kaya warren buffett
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top