Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Berbisnis atau Memperkerjakan Anggota Keluarga di Perusahaan Ands

Tapi sebaliknya, bisa menjadi situasi yang membuat frustrasi dan bermasalah
Ilustrasi bisnis keluarga
Ilustrasi bisnis keluarga

Bisnis.com, JAKARTA - Bekerja dengan anggota keluarga atau memperkerjakan mereka di perusahaan Anda, bisa menjadi cara yang bagus untuk tumbuh lebih dekat dan menguntungkan bisnis Anda.

Tapi sebaliknya, bisa menjadi situasi yang membuat frustrasi dan bermasalah.

Jika Anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan anggota keluarga, ketahuilah bahwa itu akan membutuhkan banyak persiapan, dedikasi, dan komunikasi untuk membuatnya berhasil.

Sebelum memutuskan apakah akan mempekerjakan anggota keluarga, Anda harus memahami pro dan kontra melakukannya dan cara mempekerjakan mereka dengan cara yang benar.

Haruskah Anda mempekerjakan keluarga?

Karena keluarga itu sepribadi, apakah Anda harus mempekerjakan anggota keluarga tergantung pada berbagai faktor. Langkah pertama adalah memikirkan dengan cermat alasan Anda bekerja dengan keluarga. Apakah karena Anda benar-benar yakin bahwa mereka akan memberi nilai pada bisnis Anda, atau apakah karena mereka membutuhkan pekerjaan dan Anda merasa berkewajiban untuk membantu mereka? Anda juga harus mempertimbangkan hubungan Anda dengan anggota keluarga dan apakah Anda merasa dapat mempertahankan hubungan profesional di tempat kerja.

"Anda telah bekerja sangat keras untuk membuat bisnis Anda seperti sekarang ini," kata Meaghan Thomas, salah satu pemilik Pinch Spice Market, dalam wawancara dengan Business News Daily.

"Anda harus dapat mempercayai bahwa anggota keluarga Anda menanggapinya seserius Anda. Jika Anda mempekerjakan anggota keluarga yang akhirnya menjadi sedikit pemalas atau pemalas - atau, di sisi lain, Anda akhirnya menjadi bos yang jahat dan tidak mendukung mereka - Anda akan menghadapi masalah yang bisa sangat merusak hubungan Anda. "

Anda ingin memikirkan tentang tujuan Anda sendiri untuk bisnis Anda serta tujuan anggota keluarga Anda. Apakah mereka berbagi tujuan Anda? Apakah mereka memiliki visi untuk bisnis Anda? Memiliki tujuan dan kesamaan visi dapat membantu meningkatkan hubungan kerja yang baik dan memudahkan untuk bekerja secara profesional dengan keluarga.

Cara mempekerjakan dan bekerja dengan anggota keluarga dengan benar

Mempekerjakan anggota keluarga bukanlah keputusan yang bisa dianggap enteng. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda berhasil merekrut dan bekerja dengan anggota keluarga Anda.

1. Tetapkan ekspektasi yang jelas.

Cara terbaik untuk memulai hubungan kerja Anda dengan anggota keluarga dengan benar adalah dengan mengkomunikasikan dengan jelas apa yang Anda harapkan dari mereka. Berikan deskripsi pekerjaan yang menguraikan tugas, tanggung jawab, dan fungsi mereka dan jelaskan kepada siapa mereka melapor, jika bukan kepada Anda.

2. Perlakukan mereka seperti karyawan lainnya.

Ini adalah kuncinya - jika karyawan Anda yang lain merasa bahwa anggota keluarga tersebut mendapatkan perlakuan istimewa, hal itu dapat menyebabkan kebencian dan perselisihan, yang membuat budaya perusahaan tidak menyenangkan. Di sisi lain, Anda tidak ingin menyalahgunakan hubungan Anda dengan anggota keluarga dan menganiaya mereka. Pastikan bahwa semua karyawan Anda, anggota keluarga atau tidak, menerima tunjangan, gaji, dan perlakuan yang sama.

3. Pastikan mereka memenuhi syarat untuk pekerjaan itu.

Banyak pemilik usaha kecil jatuh ke dalam perangkap mempekerjakan anggota keluarga hanya karena mereka adalah keluarga, bukan karena mereka orang terbaik untuk pekerjaan itu. Meskipun saat ini sepertinya hal yang tepat untuk dilakukan, hal ini dapat merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang. Jika Anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan anggota keluarga, pastikan mereka memiliki kualifikasi dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu - dan melakukannya dengan baik.

4. Miliki rencana jika tidak berhasil.

Penting untuk mempersiapkan kemungkinan pemutusan hubungan kerja Anda dengan anggota keluarga, apakah itu melepaskan mereka karena Anda tidak lagi membutuhkan layanan mereka atau memecat mereka. Karena ada lapisan kerumitan ekstra dengan anggota keluarga, buatlah rencana tentang cara mengomunikasikan perubahan ini kepada mereka sambil mempertahankan hubungan pribadi Anda.

5. Komunikasikan harapan Anda untuk hubungan Anda di tempat kerja.

Jika Anda ingin mempertahankan hubungan profesional di tempat kerja, komunikasikan dengan jelas hal itu kepada anggota keluarga Anda sebelum mereka mampir ke kantor Anda dan duduk di meja Anda saat istirahat. Menetapkan batasan saat Anda berada di tempat kerja dapat mempermudah pemisahan hubungan pribadi Anda dari hubungan profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper