Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Memulai Bisnis Dropship, Ikuti 6 Langkah Berikut

Jika Anda telah memiliki produk dan situs yang hebat, hal ini akan sia-sia jika tidak ada pelanggan yang ingin membeli. Ada beberapa cara untuk menarik pelanggan potensial, tetapi opsi yang paling efektif adalah memulai kampanye iklan Facebook.
Ilustrasi dropshipper
Ilustrasi dropshipper

Bisnis.com, JAKARTA - Dropship merupakan model bisnis yang cukup populer, terutama bagi pengusaha baru dan anak muda.

Model bisnis ini cenderung menjadi pilihan dikarenakan Anda tidak perlu menyimpan barang, atau menangani barang yang Anda jual. Anda juga dapat memulai bisnis dropship dengan dana yang terbatas.

Jika Anda ingin memulai bisnis dropship dan ingin bersaing dengan penjual raksasa lainnya, Anda dapat melakukan 6 hal ini walaupun dengan dana yang terbatas, namun dengan usaha yang keras.

Berikut 6 hal yang dapat Anda lakukan jika ingin memulai bisnis dropship, yang dilansir dari Entrepreneur.

1. Carilah target pasai yang akurat dan sesuai

Pilihlah target pasar pada bidang yang juga benar-benar Anda minati. Rangkaian produk yang tidak fokus maka juga sulit untuk dipasarkan. Jika Anda juga tidak bersemangat dengan target pasar yang Anda pilih, maka Anda bisa saja berkecil hati dikarenakan banyak hal yang perlu Anda lakukan.

2. Melakukan riset

Terkadang banyak kesalahan terjadi, karena memilih produk yang tidak memiliki persaingan atau hanya dimiliki sedikit orang. Hal tersebut bisa saja dikarenakan memang tidak ada permintaan untuk produk tersebut, biaya pengiriman yang tinggi, margin keuntungan yang buruk, dan lain-lainnya. Carilah produk yang memiliki daya saing, karena itu pertanda tingginya permintaan dan model bisnisnya berkelanjutan.

3. Amankan supplier atau pemasok

Bermitra dengan pemasok yang salah dapat merusak bisnis Anda. Jadi penting bagi Anda untuk tidak terburu-buru melakukan langkah ini. Jika Anda tidak sangat yakin dengan kemampuan komunikasi pemasok potensial, lanjutkan pencarian Anda. Jika berkemungkinan, Anda dapat belajar dari pengusaha lain yang telah menempuh jalan ini di masa lalu.

4. Bangun situs Anda

Cara tercepat untuk membangin situs Anda yang dapat mendukung model pengiriman bisnis dropship adalah dengan menggunakan platform e-commerce yang mendukung sistem tersebut. Anda tidak memerlukan latar belakang teknologi untuk memulai dan menjalankannya, dan memiliki beberapa fitur untuk membantu meningkatkan penjualan. Namun jika Anda memiliki anggaran yang lebih besar, Anda bisa saja menyewa perusahaan desain dan pengembang web, untuk membangin situs Anda.

5. Buat rencana akuisisi pelanggan

Jika Anda telah memiliki produk dan situs yang hebat, hal ini akan sia-sia jika tidak ada pelanggan yang ingin membeli. Ada beberapa cara untuk menarik pelanggan potensial, tetapi opsi yang paling efektif adalah memulai kampanye iklan Facebook. Ini memungkinkan Anda menghasilkan penjualan dan pendapatan sejak awal, yang dapat berkontribusi pada penskalaan cepat. Selain itu, Anda juga harus memikirkan dalam skema jangka panjang. optimisasi mesin pencari dan pemasaran email juga harus menjadi fokus.

6. Menganalisis dan mengoptimalkan

Anda perlu melacak semua data dan metrik yang tersedia untuk mengembangkan bisnis Anda, seperti dengan menggunakan Google Analytics. Anda juga perlu terus-menerus menguji peluang baru dan menyempurnakan pemasaran Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper