Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Sosok Crazy Rich India Penguasa Industri Kecantikan

Nayar mengakhiri karirnya di perusahaan keuangan setelah mendedikasikan diri selama 25 tahun dan mengejar mimpinya membangun ritel online di bidang kecantikan dan kesehatan di India.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 29 November 2021  |  04:29 WIB
Intip Sosok Crazy Rich India Penguasa Industri Kecantikan
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Falguni Nayar merupakan segelintir dari wanita asal India yang berhasil mencapai puncak karirnya di industri keuangan hingga mendirikan bisnis e-commerce di bidang kecantikan India.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis Minggu (28/11/2021), Nayar lahir pada 1963 dan menyelesaikan pendidikan bisnis Sydenham College of Commerce and Economic dan mendapatkan gelar MBA dari Indian Institute of Management Ahmedabad.

Karirnya diawali sebagai manajer di perusahaan akuntan India-British, AF Ferguson & Co pada 1985, sebelum bergabung ke Kotak Securities di London sebagai kepala bisnis internasional pada 1994.

Dia pindah ke cabang New York pada 1997 dan berhasil menduduki jabatan Direktur dan Kepala Ekuitas Institusional Kotak pada 2001.

Nayar mengakhiri karirnya di perusahaan keuangan setelah mendedikasikan diri selama 25 tahun dan mengejar mimpinya membangun ritel online di bidang kecantikan dan kesehatan di India.

Saat ini, Nayar tercatat menjadi wanita terkaya di India dan masuk jajaran Bloomaberg Billionaire Index ke-404. Kekayaannya paling banyak didukung oleh kepemilikan saham di Nykaa, unicorn India pertama yang dipimpin oleh kaum hawa.

Dengan modal senilai US$2 juta, Nykaa.com berdiri pada Desember 2012 di bawah payung FSN E-Commerce Ventures Ltd. Perusahaannya hadir ketika orang-orang masih membeli produk kecantikan di toko dekat tempat tinggalnya.

Nykaa berhasil membetot perhatian 1,4 miliar populasi di India. Alhasil, Nykaa menjadi e-commerce kecantikan terlaris yang telah menghadirkan lebih dari 2.400 merek lokal dan internasional, beserta produk aslinya. Nykaa juga memiliki 80 gerai di 40 kota. Namun, sebanyak 97 persen gross merchandise value (GMV) berasal dari penjualan online.

Masing-masing bisnis offline dan online dipegang oleh kedua anak kembarnya, Anchit (Nykaa.com) dan Adwaita (Nykaa Fashion). Nykaa berhasil melantai di bursa Mumbai pada 10 November 2021, menjadikan total kekayaannya senilai US$7,03 miliar.

Falguni Nayar otomatis masuk ke dalam jajaran taipan India setelah private placement pada Juni dengan nilai valuasi US$2,3 miliar.

"Wanita perlu membiarkan sorotan hidup mereka berada pada diri mereka sendiri. Saya berharap lebih banyak wanita seperti saya berani bermimpi untuk diri mereka sendiri," kata Nayar dalam sebuah wawancara setelah debut di bursa saham.

Dia menguasai 54 persen saham perusahaan sesuai dengan prospektus saat IPO. Saham tersebut dipegang oleh Sanjay Nayar Family Trust, Falguni Nayar Family Trust dan perusahaan induk terkait.

Nykaa menjadi salah satu dari sedikit perusahaan rintisan yang berhasil mencetak profit. Ebitda perusahaan sudah positif sejak 3 tahun belakangan dan berubah menjadi cuan mulai tahun fiskal 2021.

Namun, keuntungan sempat tergerus dalam hingga 96 persen menjadi 12 juta rupee atau US$161.000 per 30 September 2021 lantaran biaya pemasaran yang mebengkak sebelum IPO perdananya.

Selain perusahaan yang didirikannya, Falguni juga memegang sejumlah jabatan sebagai anggota komisaris di perusahaan bluechip India seperti Tata Motors, Aviva Insurance, dan Dabur India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konglomerat india daftar miliarder
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top