Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaleidoskop 2021 : Bisnis yang Paling Laris Manis

Berikut beberapa tren bisnis dalam 2021, yang dapat menjadi catatan Anda atau untuk ide bisnis Anda di tahun 2022.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  14:15 WIB
Ilustrasi jasa kurir
Ilustrasi jasa kurir

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai bisnis mulai bertumbuh dan berkembang di masa pandemi. Pandemi memberikan dampak yang luas bagi sektor bisnis sehingga berbagai peluang atau model baru mulai muncul.

Terdapat beberapa bisnis yang menjadi tren di tahun 2021 ini. Bisnis ini dapat meliputi bisnis yang ramai di masa pandemi, ataupun menjadi gerakan baru yang dapat terus berkembang untuk di tahun 2022.

Untuk itu, berikut beberapa tren bisnis dalam 2021, yang dapat menjadi catatan Anda atau untuk ide bisnis Anda di tahun 2022.

1. Dropship

Bisnis ini menjadi bisnis yang menguntungkan dan populer dikarenakan tidak memerlukan modal. Anda dapat mencari produk yang laku di pasaran sehingga tidak sulit untuk menjualnya.

2. Tanaman Hias

Tanaman hias menjadi salah satu bisnis yang tren di masa pandemi. Bisnis ini menjadi naik lantaran banyaknya orang yang memulai aktivitas di rumah sehingga mendorong untuk mengoleksi tanaman hias. Selain itu, tanaman hias juga memiliki harga yang beragam

3. Marketing

Media sosial menjadi tren dan menjadi target yang berkembang bagi para pemasar. Perkiraan dari perusahaan asuransi Finaria menunjukkan bahwa pengeluaran iklan media sosial akan meningkat sebesar 15 persen pada tahun 2021, meningkatkan total pengeluaran untuk iklan media sosial menjadi US$105 miliar.

4. Makanan

Usaha makanan menjadi usaha yang populer dikarenakan memenuhi kebutuhan primer manusia. Tren makanan di masa pandemi yang ramai contohnya adalah katering sehat, katering untuk diet, frozen food, kue dan lain-lainnya.

Sementara iklan media sosial yang terus kompetitif, para pelaku usaha mulai berfokus pada pendekatan organik multisaluran untuk membangun audiens dan kesadaran merek.

5. Alternatif sumber permodalan

Alternatif sumber permodalan juga akan mengisi kebutuhan dana yang masih belum terpenuhi. Jika kemudian pinjaman bukan menjadi pilihan bagi pihak yang mengalami kerugian finansial, maka pendanaan seperti pinjaman atau investor alternatif dapat menjadi pilihan.

Dalam hal ini, maka sumber modal alternatif yang memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan bisnis adalah fintech, modal ventura, angel investor, pinjaman peer-to-peer dan crowdfunding.

6. Augmented reality dan virtual reality

Virtual dan augmented reality memungkinkan untuk mengalami dunia yang berbeda terutama di masa pandemi. Namun di tahun 2021 menjadi tahun baru dalam hal adopsi bisnis.

7. AI dan big data

Kecerdasan buatan dan big data sendiri akan mendorong personalisasi. Bisnis teknologi lain yang tidak bisa lepas dari adalah kecerdasan buatan (AI) dan analitik data. Kedua teknologi ini bukan hanya akan membantu mengumpulkan banyak data, namun dapat menjadi pembelajaran mesin untuk memahami data tersebut.

8. Delivery

Jasa antar barang atau makanan menjadi bisnis yang tren dan paling banyak dicari. Bisnis ini menjadi meningkat terutama ketika di masa pandemi. Jasa antar barang atau makanan yang mengedepankan protokol juga menjadi pilihan yang sering dicari oleh masyarakat.

9. Kesehatan mental para pekerja

Para pekerja telah melewati berbagai masa sulit di masa pandemi. Hal ini seperti dampak secara keuangan ataupun dari keluarga. Selain itu, dengan bekerja dari rumah, membuat para pekerja menjadi lebih sibuk ataupun lebih sedikit untuk memiliki waktu beristirahat. Hal ini dikarenakan para pekerja memiliki beban yang bertambah seperti mengurus rumah.

Untuk itu, maka kesehatan mental menjadi hal yang paling dibutuhkan oleh para pekerja. Hal ini dapat berdampak bagi produktivitas dan hasil yang optimal.

10. Bisnis Sustainable

Dikarenakan pandemi memberikan dampak yang luas bagi masyarakat, maka semakin banyak masyarakat yang mulai memperhatikan lingkungannya. Untuk itu, Bisnis yang menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan menjadi tren. Bisnis ini juga mendapat nilai lebih dari konsumen dan dapat bertahan lama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top