Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Punya Drone, Ini 10 Ide Agar Bisa Menghasilkan Uang!

Berikut 10 ide yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari drone.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  13:49 WIB
Sebuah drone fixed wing sedang mengudara. Terra Drone
Sebuah drone fixed wing sedang mengudara. Terra Drone

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda memiliki drone, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan untuk memeroleh pendapatan tambahan.

Drone sendiri dapat dioperasikan untuk berbagai hal, seperti pemantauan cuaca, telekomunikasi, dan pencitraan udara. Pada akhir tahun 2021, ada lebih dari 526.000 drone rekreasi dan sekitar 334.000 drone komersial terdaftar di Federal Aviation Administration.

Drone juga menghadirkan sejumlah peluang bisnis, dimana Anda dapat menjadi bos Anda sendiri dan dapat mengatur waktu Anda sendiri. Jika Anda dapat menjalankan dengan komitmen, maka bisnis ini dapat semakin berkembang.

Berikut 10 ide yang dapat Anda terapkan, yang dilansir dari Financebuzz.com.

1. Foto dan video real estat

Fotografi standar cukup terbatas dalam hal menjual properti. Dengan drone, Anda bisa mendapatkan pemandangan luas eksterior bangunan komersial atau perumahan, menyoroti langit-langit, atau merekam video flyover yang mulus dari seluruh properti.

Menurut statistik database real estate multiple listing service (MLS), listing dengan foto udara biasanya terjual 68% lebih cepat.

2. Iklan hotel dan resort

Fotografi standar tidak selalu sesuai dengan lokasi atau pemandangan di hotel ataupun resort. Tim pemasaran di industri perhotelan sering melihat ke foto udara untuk memamerkan properti. Kecuali jika mereka memiliki fotografer internal, mereka perlu mengalihdayakan foto ke operator drone seperti Anda.

3. Foto dan video pernikahan

Fotografi drone menjadi lebih populer di pesta pernikahan, dengan permintaan yang semakin umum untuk video udara. Drone dapat menekankan keindahan lokasi di pernikahan, yang tidak biasa dilakukan oleh videografer.

4. Inspeksi struktural atau bangunan

Drone menyediakan cara yang lebih aman dan hemat biaya, untuk memeriksa aset dan mengidentifikasi perbaikan yang perlu dilakukan. Beberapa industri memerlukan inspeksi dan dapat mengambil manfaat dari penggunaan drone. Hal ini mencakup lokasi konstruksi, menara utilitas, dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

5. Menjual stok foto atau video

Perusahaan sering membayar untuk akses ke stok foto untuk digunakan dalam pemasaran, instruksional, atau materi online atau cetak lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, ada berbagai situs web yang membeli stok foto dan video dari masing-masing fotografer. Sebagian besar membayar komisi kepada fotografer saat foto atau video terjual.

6. Pengiriman drone

Banyak bisnis perlu mengirimkan paket dengan cepat dan efisien. Drone dapat mengirimkan lebih cepat, lebih murah, dan dengan polusi lebih sedikit daripada kendaraan komersial. Amazon sendiri telah meluncurkan sistem Prime Air untuk mengirimkan paket di bawah 2,7 kg kepada pelanggan hanya dalam 30 menit.

7. Pembuatan film

Jika Anda memiliki sesuatu untuk diceritakan, Anda juga dapat memanfaatkan melalui drone Anda. Hal ini mungkin tidak mengenai mendapatkan uang ekstra, namun untuk melakukan hal yang istimewa. Anda dapat memasukkannya ke dalam festival drone dan berpotensi memenangkan hadiah besar, misalnya seperti Festival Film Drone Boston.

8. Pelatihan pencarian dan penyelamatan

Jika Anda ingin terlibat dalam pencarian dan penyelamatan, Anda dapat mengemudikan drone Anda setelah penyelidikan selesai.

Untuk memulainya, Anda dapat melihat dan mempelajari asosiasi pencarian dan penyelamatan lokal di daerah Anda. Selain keterampilan instruksional, Anda mungkin memerlukan peralatan khusus, seperti kamera thermal.

9. Pertanian presisi

Pertanian presisi adalah proses yang digunakan petani untuk memantau dan bereaksi terhadap perubahan tanaman mereka. Drone digunakan untuk menilai area lahan pertanian untuk menentukan di mana menanam benih, membantu petani memutuskan di mana akan menanam kembali dan memangkas, dan di mana harus menerapkan pupuk.

10. Pemetaan udara

Drone dapat digunakan untuk mensurvei area yang luas untuk tujuan konstruksi dan perencanaan infrastruktur. Anda dapat membuat peta 3D, peta termal, dan lainnya dengan gambar yang diambil selama survei drone.

Namun perlu diketahui, pemetaan udara adalah pekerjaan yang sulit secara teknis, sehingga Anda mungkin perlu melakukan pelatihan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Drone ide bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top