Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pebisnis, Berikut Kiat Menjaga Tim Pemasaran Anda Tetap Produktif

Dengan itu, berikut adalah 21 tips untuk menjaga tim pemasaran Anda untuk tetap produktif, dilansir dari Search Engine Land:
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  15:27 WIB
Pebisnis, Berikut Kiat Menjaga Tim Pemasaran Anda Tetap Produktif
Pebisnis, Berikut Kiat Menjaga Tim Pemasaran Anda Tetap Produktif

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam sebuah perusahaan, tim marketing atau pemasaran merupakan salah satu dari pondasi utama dalam menentukan kesuksesan jalannya sebuah perusahaan.

Ini juga berlaku bagi Anda yang menekuni bidang sebagai pebisnis. Tim marketing akan memastkan produk Anda dikenal dan laku di pasaran.  

Tim pemasaran juga memastikan bahwa pertumbuhan bisnis Anda berkelanjutan, dan mampu bersaing dengan kompetitor. 

Karena itu, penting memiliki tim pemasaran yang bisa diandalkan agar kelangsungan bisnis Anda bisa jangka panjang.

Dengan itu, berikut adalah 21 tips untuk menjaga tim pemasaran Anda untuk tetap produktif, dilansir dari Search Engine Land:

1. Mengetahui peran

Kurangnya pemahaman tentang peran membuat Anda tidak produktif. Peran dan tanggung jawab yang tidak ditentukan dapat mengakibatkan kebocoran di saluran manajemen proyek Anda, di mana hasil tertentu tidak terpenuhi. Penting untuk mendefinisikan proses kerja Anda sebagai perusahaan dan dengan jelas mendelegasikan peran dan tanggung jawab kepada staf.

2. Manfaatkan kekuatan tim Anda

Dengan berbagai peran dan tanggung jawab yang ditentukan, Anda harus menempatkan tim Anda pada posisi terbaik untuk berhasil. Seseorang dengan sedikit pengetahuan tentang SEO atau menulis akan berjuang dalam peran itu, menyeret bisnis Anda. Jika seseorang lebih baik dalam komunikasi klien daripada salah satu rekan SEO Anda, pertimbangkan untuk membuat mereka bertanggung jawab atas hubungan klien.

3. Kepemilikan mitra

Karena tim Anda akan memiliki beragam kekuatan dan kelemahan, biasanya beberapa karyawan setidaknya merasa mereka mengambil lebih banyak tanggung jawab daripada yang lain. Oleh karena itu, untuk mencegah segala bentuk permusuhan dan untuk mendorong produksi yang lebih besar, masuk akal untuk mengaitkan kompensasi dengan produktivitas.

4. Minimalkan rapat

Kurangi rapat yang sia-sia, tetapi manfaatkan rapat yang memang Anda perlukan.  Tetapkan batas waktu yang ketat, buat rencana sebelumnya untuk menjaga agar diskusi tetap terarah, bagikan agenda untuk mempersiapkan pertanyaan dan komentar sebelumnya, dan jelaskan topik penting selengkap mungkin untuk menghindari melakukan hal yang sama nanti.

5. Susun hari Anda secara strategis

Untuk rata-rata orang dewasa dengan jadwal normal, tingkat energi Anda secara alami melonjak tak lama setelah Anda bangun karena ritme sirkadian dan kadar kortisol Anda. Untuk itulah, lakukan pekerjaan paling kreatif seperti menulis dan menyusun strategi, yang membutuhkan banyak fokus, di pagi hari.

6. Prioritaskan tugas setiap hari

Penting untuk merencanakan hari Anda sebelumnya. Dengan menggunakan perangkat lunak manajemen proyek atau Google Spreadsheet, Anda dapat melacak kemajuan sepanjang minggu, menghabiskan waktu ekstra untuk mengerjakan tugas saat Anda tertinggal.

7. Istirahat harian

Tentu saja, jangan lupa untuk untuk istirahat. Sementara istirahat sejenak akan menghentikan produktivitas, istirahat 15 menit di sana-sini sebenarnya akan membuat Anda lebih produktif sepanjang hari secara keseluruhan. Tidak hanya istirahat membuat Anda lebih produktif, tetapi juga membuat Anda lebih waspada dan pembuat keputusan yang lebih baik.

8. Prioritaskan kesejahteraan

Semakin banyak kejernihan mental yang dimiliki tim Anda setiap hari, semakin tajam fokus dan produktivitasnya. Beberapa tips untuk meningkatkan kejernihan mental dan mengurangi stres sepanjang hari meliputi: memberi orang istirahat yang cukup (termasuk makan siang), memberi staf jam kerja yang fleksibel atau opsi jarak jauh, menyediakan snack sehat, dan menciptakan lingkungan yang tenang.

9. Kurangi gangguan

Menciptakan lingkungan yang tenang melibatkan pengurangan gangguan. Ada beberapa cara untuk mengurangi gangguan sepanjang hari, yang akan membantu tim Anda fokus yaitu menjaga musik pada volume yang wajar, menyediakan area rekreasi dan relaksasi yang terpisah dari pekerjaan, serta latih staf untuk menghindari gangguan online, seperti melihat email, pesan, atau media sosial.

10.  Jangan multitasking

Rentang perhatian kita hanya bisa fokus pada banyak hal, dan multi-tasking sering kali menjadi gangguan tersendiri. Latih staf dan diri Anda sendiri untuk fokus pada satu tugas terlebih dahulu, bahkan jika itu berarti menghalangi untuk komunikasi.

11.  Buat lembar manajemen proyek

Salah satu cara untuk membantu staf Anda tetap fokus adalah dengan memberi mereka alat dan pendidikan yang tepat untuk menjadi lebih produktif. Misalnya, perangkat lunak manajemen proyek dan aplikasi kalender yang telah menjadi sumber daya bagi individu untuk merencanakan tugas sebelumnya, menetapkan tanggal jatuh tempo, dan memblokir waktu untuk menyelesaikan tugas.

12.  Jelaskan proyek secara menyeluruh

Tidak ada cara yang lebih baik untuk membuat staf Anda sukses selain dengan menjelaskan tugas secara menyeluruh untuk menghindari kebingungan. Banyak karyawan berjuang untuk mengajukan pertanyaan di tempat kerja ketika mereka bingung tentang suatu tugas.

13.  Sediakan alat yang tepat

Di era AI dan IoT, tidak ada agensi yang masih melakukan penelitian manual tanpa perangkat lunak yang tepat yang benar-benar memiliki peluang. Jadi, untuk meningkatkan produktivitas, Anda perlu berinvestasi pada alat yang tepat.

14.  Faktor kepercayaan

Budaya yang Anda buat di perusahaan Anda akan menjadi penentu kesuksesan dan produktivitas yang sangat besar. Ini menguraikan pentingnya membangun budaya kepercayaan tinggi dan bagaimana hal itu meningkatkan produktivitas. Karyawan di organisasi dengan kepercayaan tinggi akan lebih produktif, memiliki lebih banyak energi di tempat kerja, dan berkolaborasi lebih baik dengan rekan kerja mereka.

15.  Diversifikasi

Lingkungan yang beragam dari orang-orang dengan latar belakang dan pendapat yang berbeda berkontribusi pada berbagi pengetahuan, yang meningkatkan produktivitas dan kemanjuran proyek.

16.  Berterima kasih untuk semuanya

Saling menguatkan membentuk kebiasaan positif dan meningkatkan rasa produktivitas. Sementara disiplin efektif untuk mengekang kebiasaan buruk, memberi penghargaan kepada anggota yang produktif dengan rasa terima kasih adalah cara yang bagus untuk memperkuat kebiasaan positif.

17.  Timbal balik yang membangun

Jika Anda ingin mengekang kebiasaan tidak produktif di tempat kerja, Anda perlu memberikan timbal balik yang konstruktif dengan solusi bagi karyawan untuk memperbaiki kebiasaan mereka sehingga bisa dijadikan proses pembelajaran.

18.  Autentik

Budaya kepercayaan tinggi cenderung lebih produktif. Salah satu cara membangun kepercayaan adalah dengan bersikap autentik, terbuka, dan jujur ​​kepada karyawan. Dengan bersikap tulus dan transparan dengan karyawan, Anda dapat menumbuhkan kepercayaan, membangun kepercayaan diri mereka, dan meningkatkan produktivitas mereka.

19.  Tetapkan visi

Membangun visi bersama untuk pertumbuhan dan branding perusahaan adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan di seluruh organisasi Anda dan juga membuat karyawan merasa seperti mereka adalah bagian dari agensi Anda, bukan hanya bekerja untuk itu.

20.  Tetapkan tujuan yang realistis

Untuk mewujudkan visi Anda dan meningkatkan produktivitas karyawan Anda, Anda perlu menetapkan tujuan. Penetapan tujuan dapat meningkatkan produktivitas karyawan 11 hingga 25 kali lipat. Yang terpenting, penetapan tujuan besar memiliki dampak terbesar.

21.  Tantang karyawan dengan tujuan peregangan

Tujuan peregangan adalah tujuan berisiko tinggi, imbalan tinggi yang membutuhkan banyak usaha dan pemecahan masalah yang kreatif. Pastikan untuk menantang anggota tim terkemuka dari waktu ke waktu dengan tugas-tugas ambisius untuk mendorong mereka keluar dari zona nyaman mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis kiat manajemen tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top