Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Jadi Wirausaha? Coba 15 Ide Bisnis Kecil Ini untuk Pemula

Coba 15 ide bisnis kecil ini apabila Anda ingin beralih menjadi seorang wirausaha.
Ilustrasi seseorang mulai bisnis dengan modal kecil di rumah/Patriot
Ilustrasi seseorang mulai bisnis dengan modal kecil di rumah/Patriot

Bisnis.com, JAKARTA — Adanya bisnis wirausaha kecil yang terus berkembang akhirnya mendorong lebih banyak pengusaha baru.

Wirausaha memang menjadi jalan tengah untuk menghasilkan uang secara bertahap. Namun berbisnis juga membutuhkan berbagai strategi agar dapat dijalankan dengan tepat.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis sebagai pemula, coba kenali 15 ide bisnis kecil di bawah ini.

1. Konsultan Media Sosial

Mengetahui detail dari Facebook, Twitter, dan Instagram dapat mendorong bisnis yang bermanfaat ini. Bertindak sebagai direktur media sosial untuk membantu upaya mengembangkan akun hiburan online dan menjalankan prosedur media sosial.

2. Asisten Virtual

Sebagai Asisten Virtual, Anda akan menjunjung tinggi pengusaha yang terlalu sibuk atau tidak memiliki kesempatan untuk mencoba dan melakukan semuanya sendiri. Anda dapat melakukan berbagai tugas sebagai asisten, misalnya mengawasi perencanaan, memesan tiket perjalanan, dan mencatat pesan.

3. Penitipan anak

Jika Anda senang dengan anak-anak, memulai bisnis penitipan anak merupakan keputusan yang tepat. Dibutuhkan beberapa bukti instruktif atau persiapan dalam peningkatan pendidikan dini.

Anda dapat memulai dengan menawarkan layanan penitipan anak untuk bayi, balita, anak prasekolah, anak usia sekolah dan anak-anak dengan kebutuhan luar biasa.

4. Influencer Instagram

Jika Anda memiliki pengikut yang banyak pada media sosial Instagram, pertimbangkan untuk menjadi Influencer. Anda akan mempromosikan berbagai barang atau layanan dengan imbalan uang, biasanya dibayar per postingan.

5. Bisnis Perencanaan Acara

Pertimbangkan untuk memulai bisnis perencanaan acara Anda sendiri khususnya acara-acara bergaya. Sebagai penyelenggara acara, Anda akan bertanggung jawab untuk semua bagian dari proses perencanaan acara dari awal hingga akhir.

6. Guru Yoga

Jika Anda memiliki ketertarikan dan keterampilan dalam bidang olahraga, terutama yoga, Anda dapat membuat bisnis dengan menjadi instruktur yoga. Memulai studio yoga seringkali mahal, Anda harus menyewa atau membeli ruang. Di tengah pandemi Covid-19, memberikan arahan yoga dapat dilakukan secar daring melalui zoom.

Namun apabila hal tersebut dirasa ribet, Anda dapat tetap mempertimbangkan menyewa studio dengan perhitangan matang agar dapat menghasilkan untung yang cukup.

7. Penata rambut

Jika Anda bisa menata rambut, maka ini tepat untuk Anda. Anda perlu persediaan dasar seperti toko dan juga perlu kursus berbasis web untuk membantu Anda menjalankan semuanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper