Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Strategi Syaiha Kembangkan Brand Kosmetik Lokal Heekea

Syaiha brand owner Heekea, menceritakan bahwa awalnya dia hanya menggeluti sebagai mitra SCM yang menjual produk herbal.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  06:41 WIB
Strategi Syaiha Kembangkan Brand Kosmetik Lokal Heekea
Syaiha pemilik SCM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pesatnya perekonomian digital hingga terjadinya pergeseran pola beli masyarakat yang sudah mulai nyaman dengan sistem pembelian online, membuat brand-brand baik lokal maupun internasional kian marak dalam memasarkan produknya.

Hal menarik berasal dari Tokopedia yang mencatat usaha mikro, kecil dan menengah, baik dari segi produk hingga transaksi menunjukkan pertumbuhan yang baik selama tahun lalu dan pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal itu terjadi meskipun adanya pandemi Covid-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir.

Di tengah tingginya permintaan dan persaingan industri kosmetik tersebut, Heekea menjadi salah satu brand kosmetik Tanah Air berupaya memenuhi permintaan produk-produk kosmetik untuk perawatan wajah.

Awal Mula Terbentuknya Brand Heekea

Syaiha brand owner Heekea, menceritakan bahwa awalnya dia hanya menggeluti sebagai mitra SCM yang menjual produk herbal.

Meski, dirinya sudah mulai berbisnis online sejak 2017, Syaiha brand owner Mitra SCM mulanya menjual produk orang lain lalu memasarkannya dengan biaya sendiri melalui online. Kuat di strategi pemasaran online, produk tersebut laris di pasaran. Namun, seorang teman justru menantangnya untuk membuat dan membesarkan produk sendiri. Pada awal 2020,dia pun merasa tertantang hingga mencari ide produk selain herbal yang juga berpotensi repeat order ketika pandemi, yaitu produk kecantikan.

Dirilis dengan nama Heekea, Syaiha sangat memperhatikan kualitas produk dengan melakukan brainstorming sejak awal 2020 dan pengujian berkali-kali dengan pabrik. Syaiha sangat memperhatikan keamanan produk sehingga ia harus dapat menjamin bahwa Heekea aman bagi ibu hamil dan menyusui. Ia juga yakin biasanya perempuan enggan berpindah ke produk kecantikan lain jika sudah menemukan produk yang cocok.

Heekea sendiri dibekali oleh dua bahan utama yaitu Chromabright dan Salycid Acid, yang mampu mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, melembabkan kulit, sebagai antibacterial yang membantu melindungi kulit wajah dari faktor-faktor penyebab jerawat serta mengatur produksi minyak pada wajah.

Reseller Jadi Strategi Penjualan Heekea

Adapun, salah satu cara yang dilakukan untuk memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan kapabilitas usaha ialah dengan membangun pasukan reseller.

Syaiha mengakui bahwa 80% income bisnisnya datang dari reseller. Untuk itulah, dirinya makin gencar menghadirkan dan membangun reseller lebih banyak lagi.

Untuk mendapatkan pasukan reseller, biasanya dia menggunakan media sosial seperti akun Youtube pribadi dan Instagram, termasuk dengan menyediakan kelas Facebook ads bagi yang baru memulai berbisnis online.

“Peserta kelas tersebut kebanyakan langsung dapat mengaplikasikan Facebook ads dengan menjual produk dari Heekea,” ujarnya.

Dalam waktu sebulan melalui usaha yang dilakukan Syaiha mendapatkan 50 - 100 reseller. Dirinya pun terus berusaha melakukan inovasi dan memutar otak untuk meluaskan bisnis kami, salah satu caranya dengan mengikuti acara bisnis. Bahkan pernah dalam satu kali momen mereka bisa mendapatkan lebih dari 35 reseller, dengan total penjualan mencapai ribuan dalam satu minggu.

Jasa Pengiriman Jadi Kunci Penting Kelancaran Bisnis

Bagi pebisnis, utamanya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang memasarkan produknya secara online, jasa pengiriman adalah kunci kelancaran bisnis. Meski bukan satu-satunya faktor kesuksesan, jasa tersebut bak perpanjangan tangan bagi mereka untuk membuat produknya sampai ke tangan pelanggan.

Oleh karena itu, wajar kalau pada akhirnya mereka harus mempertimbangkan betul saat memilih jasa pengiriman. Salah langkah sedikit, bisnis yang susah-susah dibangun akan menjadi taruhannya. Apalagi, mengingat konsumen Heekea mayoritas memilih sistem COD.

Menurut Syaiha, setidaknya, ada empat hal yang perlu diketahui pebisnis online untuk menentukan penyedia layanan pengiriman mana yang akan digunakan olehnya, tepat waktu, biaya layanan, mengirimkan barang dengan aman dan sistem tracking real time.

Berdasarkan pengalamannya, sangat penting untuk menanyakan terkait benefit apa yang ditawarkan sebuah penyedia jasa pengiriman, tak hanya itu pebisnis pun perlu menjalin hubungan yang baik agar berdampak pada komunikasi yang lancar dengan sang kurir. Urusan pertanggungjawaban atas pergantian paket yang hilang dengan proses klaim yang mudah juga harus diperhatikan.

“Dua jasa pengiriman yang dapat melakukan COD sebelumnya tidak memberikan cashback dan tingkat RTS yang tinggi. Setelah menggunakan Ninja Xpress tingkat RTS jauh berkurang dan hasil COD juga dapat dicairkan setiap hari. Ninja Xpress bahkan mengganti paket yang hilang dengan proses yang mudah.”

Syaiha juga melanjutkan, baginya dengan menggunakan layanan Ninja Xpress secara otomatis keuntungan berupa pemberian peralatan dan perlengkapan pengemasan di tiap bulannya agar paket yang dikirimkan aman meskipun ke lokasi yang jauh. Kurir Ninja Xpress juga sangat proaktif menanyakan paket yang perlu dipick-up dan akan melakukan penjemputan di hari libur jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tips bisnis online kosmetik kosmetika industri kosmetik
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top