Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Strategi Jitu Kelola Beragam Bisnis Sekaligus agar Tetap Cuan

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan apabila ingin menjalani dua bisnis atau lebih bersamaan. Simak ulasan Bisnis selengkapnya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 31 Agustus 2022  |  21:19 WIB
Strategi Jitu Kelola Beragam Bisnis Sekaligus agar Tetap Cuan
Ilustrasi pengusaha muda - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalani bisnis itu tidaklah mudah, apalagi jika harus sekaligus menjalankan beberapa bisnis secara bersamaan.

Tidak jarang juga pengusaha melakukan hal tersebut, karena dianggap dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat. Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani bisnis secara bersamaan, coba sadari terlebih dahulu kemampuan diri Anda. Jangan pernah memaksakan apabila memang itu di luar jangkauan Anda.

Sebagai langkah awal, penting bagi Anda untuk membuat daftar "yang harus dilakukan" untuk masing-masing bisnis yang berbeda. Jika Anda memiliki situs web, Anda mungkin memiliki tugas seperti "menulis dan posting blog” Lalu, apabila Anda mengawasi toko e-commerce, maka Anda harus harus menyertakan "periksa tingkat inventaris" dan "pesan dengan pemasok".

Kuncinya di sini adalah untuk memastikan semuanya ditempatkan dalam urutan sesuai kepentingannya.

Anda mungkin akan menemukan bahwa beberapa item dapat didelegasikan kepada orang lain (seperti kontraktor atau karyawan), sementara yang lain memerlukan perhatian Anda. Bila Anda punya waktu, periksa juga tugas yang sudah selesai untuk mengevaluasi apa yang telah dicapai.

Melansir dari Entreprenur, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan apabila ingin menjalani dua bisnis atau lebih bersamaan. Simak ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Sewa seorang ahli

Jika Anda tidak pandai dalam sesuatu, bayar seseorang untuk melakukannya. Misalnya, Anda tidak tahu apa-apa tentang SEO atau desain situs web, jadi Anda bisa mempekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda. Hal yang sama berlaku untuk akuntansi, masalah hukum dan banyak lagi.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa menggunakan asisten virtual yang mengelola akun media sosial dan email, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu saat Anda bekerja di perusahaan Anda.

2. Sempatkan brainstorming

Saat menyulap beberapa bisnis, mudah untuk terjebak dengan tugas sehari-hari menjalankan setiap bisnis. Dalam prosesnya, Anda mungkin lupa apa yang membuat pencapaian tersebut berhasil. Untuk menghindari jebakan ini, lakukanlah brainstorming, sebuah metode yang memanfaatkan teknik kreativitas dalam mencari penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok.

Beri diri Anda di tiap minggunya untuk memeriksa visi Anda dalam setiap investasi. Apa yang ingin Anda capai? Apa tujuan Anda? Apa hal terpenting yang perlu dilakukan? Jangan takut untuk menyesuaikan jika rencana bisnis Anda telah berubah.

3. Manfaatkan data untuk pengambilan keputusan

Data adalah cara terbaik untuk menentukan apa yang berhasil dan apa yang tidak. Ini akan membantu Anda melihat produk mana yang laris manis dan mana yang tidak, serta klien yang membutuhkan perhatian lebih. Jika Anda menjalankan beberapa bisnis, manajemen hubungan pelanggan sangat penting.

Sistem CRM dapat membantu Anda melacak semuanya mulai dari prospek penjualan hingga masalah layanan pelanggan dan kampanye pemasaran , sehingga Anda tidak perlu mengandalkan asumsi saat membuat keputusan bisnis.

4. Rekrut orang-orang terbaik

Pekerjakan karyawan terbaik untuk setiap bisnis, jadi Anda tidak perlu melakukan semuanya sendiri. Artinya, Anda harus siap mempekerjakan anggota tim penuh waktu, tetapi ada pilihan lain. Misalnya, Anda dapat merekrut pekerja lepas atau melakukan outsourcing ke asisten virtual.

Kuncinya adalah menemukan seseorang yang dapat menangani bisnis, saat Anda sibuk Anda bisa mendelegasikan dan memberikan kepercayaan penuh pada mereka, sehingga Anda bisa mengerjakan hal yang lain. Jika salah satu bisnis Anda adalah toko online, maka pekerjakan seseorang yang tahu cara mengoptimalkan tingkat konversi sehingga pelanggan membeli lebih banyak dari situs Anda, sehingga meningkatkan pendapatan untuk bagian bisnis tersebut. Jika bisnis Anda adalah toko offline, maka temukan orang yang tahu cara menjalankan operasi ritel secara efisien sehingga pelanggan selalu datang dengan senang hati.

5. Manajemen bisnis

Saat mengelola banyak usaha, prioritas pertama Anda adalah memastikan bahwa waktu Anda dihabiskan untuk hal-hal yang penting dan buat perencahaan bisnis. Penting juga untuk Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis online tips bisnis peluang bisnis peluang usaha pebisnis kiat bisnis kiat bisnis online
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top