Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu, dan Kisaran Modal yang Diperlukan

Berikut tips dan modal yang diperlukan jika Anda berminat membuka bisnis cuci sepatu.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 08 September 2022  |  20:58 WIB
Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu, dan Kisaran Modal yang Diperlukan
Cuci sepatu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama beberapa tahun terakhir, bisnis cuci sepatu atau jasa laundry sepatu kian populer. Apalagi, kini melihat peminat akan sepatu branded dengan harga jutaan semakin banyak.

Para pemilik sepatu ini pun biasanya akan lebih memilih untuk menggunakan jasa cuci sepatu yang lebih paham dan profesional agar lebih meminimalisasi kerusakan, karena masing-masing sepatu mempunyai karakter tersendiri.

Tentunya, dengan peluang bisnis yang satu ini sangat mungkin untuk Anda manfaatkan.

Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu

Memulai bisnis laundry sepatu tidaklah susah. Tapi, tanpa adanya perencanaan dan persiapan, maka bisnis akan berjalan dengan penuh risiko. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya sukses dalam menjalankan bisnis cuci sepatu. Simak ulasannya.

1. Buatlah Rencana Bisnis

Anda dapat melakukan riset pesaing terlebih dahulu sebelum memutuskan rencana bisnis Anda. Cari tahu kelemahan dan kekuatan yang dimiliki pesaing.

Pastikan, Anda sudah menentukan unique selling point bisnis Anda untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Misalnya dengan layanan laundry sepatu 10 menit, atau laundry berbahan sepatu premium dengan harga terjangkau, dan lain sebagainya. Anda juga harus menentukan berapa harga jasa dan anggaran dana.

2. Pelajari Teknik Perawatan Sepatu

Jika Anda ingin menjalankan bisnis laundry sepatu, langkah pertama yang harus Anda persiapkan adalah mengetahui cara merawat sepatu yang benar. Hal ini menjadi bekal bagi Anda untuk dapat memenangkan persaingan pasar

Bila Anda merasa belum berpengalaman, jangan ragu untuk mencari informasi soal kursus shoe cleaning sebanyak mungkin, Anda juga bisa rekrut karyawan yang punya pengetahuan baik dalam memperlakukan suatu jenis sepatu.

Adanya pengetahuan yang memadai, tentu akan membuat pelanggan akan semakin percaya dengan hasil kerja dan pelayanan usaha laundry sepatu Anda.

3. Tentukan Target Pasar Anda

Berdasarkan 99 Business Ideas, sangat penting untuk memilih siapa target pasar Anda. Secara garis besar Anda mengkategorikan pasar perawatan sepatu menjadi sepatu formal, kasual, sneakers, dan olahraga. Anda juga bisa menargetkan lewat kategori pelajar, pekerja kantoran, dan masyarakat umum.

Dengan target pasar yang jelas akan menentukan jenis promosi yang tepat sesuai dengan kriteria usia dan minat target pasar. Ketika Anda menciptakan kepercayaan pelanggan di salah satu ceruk pasar, maka Anda punya peluang lebih besar untuk terus mengembangkannya.

4. Tentukan Lokasi

Sebagian besar, para pebisnis yang baru memulai usaha ini akan merintisnya dari rumah untuk menjaga biaya tetap rendah. Anda tidak perlu malu selama jasa Anda memberikan layanan terbaik. Tapi jika Anda punya lokasi fisik, tentu ini bisa memperluas jangkauan pasar Anda.

5. Atur Ekspetasi Pelanggan Anda

Menurut Shoe Mo, karena banyaknya variasi bahan dan kondisi sepatu yang disebutkan sebelumnya, maka penting untuk melakukan komunikasi bahwa tidak semua kondisi sepatu dapat dibersihkan dan dikembalikan sepenuhnya dalam keadaan seperti sepatu baru.

Penting untuk melayani pelanggan dengan ramah dan solutif. Tidak lupa juga tanggap dalam menampung segala keluhan yang dihadapi pelanggan. Hal ini tidak lain untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan yang maksimal.

6. Promosikan Bisnis Anda

Media Sosial menjadi tempat yang bagus untuk memulai dengan menggunakan platform seperti Facebook dan Instagram agar pelanggan dapat mengetahui tentang bisnis dan layanan Anda. Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai 'halaman atau profil' untuk bisnis, tapi juga berfungsi sebagai saluran rujukan dan testimonial yang bagus untuk menunjukkan rekam jejak jasa laundry sepatu Anda

Untuk dapat menarik perhatian dan menjaga loyalitas pelanggan, Anda juga bisa memberikan promo seperti 10 gratis 1 laundry, gratis antar jemput dalam kota, diskon 50% untuk pelanggan baru, dan promo menarik lainnya.

7. Siapkan Alat dan Perlengkapan yang Sesuai

Setelah Anda mulai mengiklankan dan mengumpulkan sepatu, bersiaplah untuk menerima sepatu dari semua jenis bahan dan kondisi. Anda harus siap dengan segala jenis sepatu, seperti kanvas, kulit, suede, nubuck dan lain-lain. Kurangnya pengalaman dalam merawat sepatu, tentu bisa merusak bahan.

Sehingga, penting untuk Anda persiapkan pembersih khusus alat-alat pembersih sesuai dengan jenis sepatu. Bahkan, beberapa sepatu membutuhkan perawatan secara manual untuk tetap menjaga kondisi terbaiknya. Bahkan tidak sedikit pula proses laundry untuk sebuah sepatu memakan waktu hingga hitungan pekan.

Kisaran Modal Bisnis Cuci Sepatu

Setelah Anda mengetahui tips yang tepat untuk menjalankannya, berikut ini penjelasan mengenai kisaran modal usaha yang dibutuhkan untuk bisnis cuci sepatu ini:

Modal Awal Bisnis Cuci Sepatu

Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis laundry sepatu berbeda dengan bisnis laundry pakaian. Bisnis laundry membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang lebih sederhana. Sedangkan laundry sepatu membutuhkan alat dan bahan khusus seperti membersihkan sepatu yang menguning, dan lain sebagainya.
- Mesin cuci sepatu Rp3,5 juta
- Mesin pengering sepatu Rp3.5 juta
- Rak sepatu Rp450.000
- Peralatan kebersihan seperti sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, parfum sepatu, spons, kain microfiber, jarum sol, kuas sepatu dan lain-lain) Rp2,5 juta
- Meja dan Kursi Rp600.000
- AC Rp3 juta

Biaya Operasional Bisnis Cuci Sepatu

Sementara itu, ada biaya yang harus rutin dibayarkan per bulan, seperti:
- Biaya listrik dan air Rp800.000
- Biaya karyawan Rp3 juta
- Cairan pembersih sepatu Rp500.000
- Kantong sepatu plastik berbagai ukuran Rp250.000
- Lainnya Rp300.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepatu industri sepatu tips bisnis tips bisnis online
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top