Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Calon Pengusaha, Ini 5 Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Simak beragam tips penting yang harus diperhatikan ketika memulai usaha baru
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 08 Oktober 2022  |  10:35 WIB
Calon Pengusaha, Ini 5 Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada awal karir seorang pebisnis pemula, tentu akan banyak pertanyaan soal bagaimana memulai dan langkah apa yang harus diambil untuk memulai sebuah bisnis.

Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa Mendirikan bisnis bisa jauh lebih rumit dari yang biasa kita pikirkan.

Sebenarnya, hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun banyak juga orang yang sukses dalam merintis bisnis. Asalkan seorang individu punya tujuan yang jelas dan konsistensi maka membangun bisnis bisa membuahkan hasil manis. Untuk itu seseorang calon pebisnis tak perlu berpikir rumit saat memulai bisnis.

Justru, bagian rumit dari proses ini membuatnya lebih menarik dan sepadan dengan waktu dan energi yang Anda keluarkan.

Selain itu, seorang calon pebisnis juga harus membuang kekhawatiran tentang kegagalan yang dihadapi. Anggap saja kegagalan sebagai tangga untuk kita makin naik. Karena dari kegagalan itu pula orang belajar dalam berbisnis.
Adapun, ungkapan bahwa bisnis kecil lebih mudah dipertahankan daripada bisnis besar adalah suatu hal yang salah.

Bisnis adalah bisnis, terlepas dari jumlah karyawan atau subdivisinya. Anda masih memiliki klien, wawancara, proyek, kebutuhan untuk menemukan gaya kepemimpinan yang sempurna , rapat, lokakarya, distribusi beban kerja, dll. Sehingga, penting bagi seorang calon pebisnis untuk tidak termakan gagasan bahwa perusahaan kecil tidak memerlukan banyak pekerjaan —karena, bisa jadi perusahaan skala kecil membutuhkan lebih banyak elemen tersebut.

Melansir dari Entrepreneur pada Jumat (07/10/2022) berikut beberapa tips berguna untuk memulai usaha kecil-menengah agar para calon pebisnis dapat menjalankan bisnis lebih lancar tanpa harus banyak mengalami hambatan.

1. Rancang nama, tujuan, dan misi Anda terlebih dahulu

Langkah pertama dalam memulai bisnis adalah denngan membuat identitas bisni. Anda pasti ingin mulai mengerjakan kredibilitas merek Anda sejak awal — itu penting agar klien segera menghubungkan perusahaan Anda secara langsung dengan profesionalisme dan kesuksesan.

Tetapi untuk melakukannya, Anda harus sangat jelas tentang apa yang diwakili oleh perusahaan Anda. Jadi pikirkan dengan matang dan buatlah visi terperinci tentang perusahaan masa depan Anda. Penting untuk pertimbangkan sebuah nama secara singkat, mudah diingat dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Terkait logo, pikirkan bagaimana sebuah gambar tersebut hisa mencirikan identitas merek Anda kepada calon pelanggan. Itu semua adalah pertanyaan yang benar-benar perlu Anda temukan jawabannya sebelum memulai bisnis Anda. Ini disebut strategi bisnis.

2. Terapkan pemasaran digital

Saat ini, hampir setiap bisnis menetapkan produknya secara online. Jadi, jangan lewatkan kesempatan tersebut. Selain itu, sebagian besar klien akhir-akhir ini mencari bisnis online. Sehingga, penting untuk Anda mulai membeli domain dan temukan ahli untuk membangun situs web Anda, hingga sisihkan dana untuk mempekerjakan seorang profesional pemasaran untuk membuat rencana media sosial yang hebat .

3. Perhatikan investasi awal Anda

Jangan lupa bahwa bisnis selalu membutuhkan investasi, berupa uang, tenaga, dan energi. Ketika kita mengacu pada aspek keuangan ini, penting bagi Anda untuk mempersiapkan terlebih dahulu sesuai dengan anggaran yang telah Anda rancang sebelumnya.

4. Hindari mempekerjakan sembarang orang

Banyak calon pebisnis jatuh ke karena mempekerjakan orang yang salah. Penting untuk diketahui, bahwa sejak awal sebuah bisnis haruslah menggunakan seorang profesional Pastikan Anda memulainya dengan tim karyawan yang luar biasa, agar tahu apa yang mereka lakukan.

5. Kenali pesaing Anda dan konsistenlah

Jika ide bisnis Anda sudah ada di pasar, maka Anda harus bekerja keras dalam memperkenalkan dan menawarkan keunikan kepada calon pelanggan. Adapun, cara untuk mengetahui keunikan produk adalah dengan menyelidiki dan meneliti para pesaing .

Temukan sesuatu yang membuat bisnis Anda menonjol. Selain itu, jangan sering mengubah nama merek produk, logo, visi misi , dan keberadaan online secara keseluruhan atas bisnis Anda.

Kesimpulan

Artinya, memulai bisnis adalah usaha yang menantang namun mengasyikkan. Tapi jangan sampai membuat Anda takut untuk memulai bisnis. Sebab, dengan perencanaan yang tepat dan pola pikir kewirausahaan yang sangat baik , siapa pun dapat membuat keberhasilan pada sebuah bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tips bisnis online pengusaha pengusaha muda
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top